Silaturahmi, Keluarga Yudhoyono Datangi Istana Negara

Sebelumnya, sempat ziarah ke makam Ani Yudhoyono

Jakarta, IDN Times - Keluarga Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), tiba di Istana Negara, Jakarta Pusat untuk bersilaturahmi dan halalbihalal dengan keluarga Presiden Republik Indonesia, Joko "Jokowi" Widodo pada Rabu (5/6).

Bersilaturahmi di lebaran hari pertama, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebutkan silaturahmi dengan keluarga Jokowi merupakan salah satu tradisi keluarga SBY. Sebelum ke Istana Negara, keluarga Yudhoyono menyempatkan diri berziarah ke makam sang bunda, Ani Yudhoyono yang wafat pada Sabtu (1/6) silam.

Baca Juga: Open House di Istana, Jokowi Hampiri Warga

1. Bersilaturahmi dan berterima kasih pada Jokowi

Silaturahmi, Keluarga Yudhoyono Datangi Istana NegaraIDN Times/Margith Juita Damanik

Melakukan silaturahmi dengan keluarga Jokowi, AHY datang bersama adiknya, Edhie Baskoro Yudhoyono atau yang akrab disapa Ibas, istri AHY, Annisa Pohan Yudhoyono, dan istri Ibas, Aliya Rajasa Yudhoyono.

Dalam kesempatan silaturahmi tersebut, AHY menyampaikan ucapan selamat hari raya dan juga ucapan terima kasih kepada Jokowi yang didampingi ibu negara, Iriana Widodo, dan putra bungsu mereka, Kaesang Pangarep.

"Saya menyampaikan idul fitri dan ucapan terima kasih atas kesediaan beliau menjadi inspektur upacara dalam sebuah prosesi pemakaman militer yang begitu terhormat bagi ibunda kami tercinta, almarhumah ibu Ani Yudhoyono," kata AHY.

"Dan tentu pidato beliau juga yang sangat mengharukan menyentuh hati kami bahkan menggunakan istilah Flamboyan," lanjut dia. Pidato Jokowi menurut AHY membuat dia dan keluarga menitikkan air mata.

2. Menjadi budaya keluarga Yudhoyono

Silaturahmi, Keluarga Yudhoyono Datangi Istana NegaraIDN Times/Margith Juita Damanik

Melakukan silaturahmi di hari raya lebaran ke Istana Negara menurut AHY merupakan salah satu tradisi keluarga Yudhoyono.

"Ini merupakan tradisi yang kami lakukan," kata AHY. "Tahun lalu datang ke Istana Bogor, dua tahun sebelumnya juga datang ke sini juga," lanjut dia.

Datang kisaran pukul 12.00 WIB, keluarga Yudhoyono terbilang datang terlambat. "Dan tahun ini juga meski sedikit terlambat, karena tadi harus ziarah dulu. Tapi, saya berterima kasih pak presiden dan ibu negara menerima kami dengan sangat baik, dengan suasananya sangat kekeluargaan, saya tahu beliau persiapan menuju Solo," jelas AHY.

3. Sempat ziarah ke makam Ani

Silaturahmi, Keluarga Yudhoyono Datangi Istana NegaraIDN Times/Margith Juita Damanik

AHY menjelaskan, keluarga Yudhoyono menjalankan salat Id di kawasan Cikeas, Bogor, Jawa Barat yang merupakan kawasan tempat tinggal keluarga Yudhoyono.

Usai menjalankan salat, rombongan Yudhoyono segera bertolak untuk berziarah ke makam Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Setelahnya, baru rombongan AHY bertolak menuju Istana Negara.

4. Hadir tanpa SBY

Silaturahmi, Keluarga Yudhoyono Datangi Istana NegaraIDN Times/Margith Juita Damanik

AHY, Ibas, Annisa, dan Aliya datang bersilaturahmi ke keluarga Jokowi tanpa SBY turut serta. Keluarga Yudhoyono tampak kompak mengenakan batik yang serupa dengan batik yang menutupi jenazah Ani Yudhoyono.

Menurut AHY, selama bersilaturahmi, tidak ada pembahasan politik yang terjadi. Pertemuan yang ada murni pertemuan antara dua keluarga, keluarga Yudhoyono dan keluarga Jokowi.

Baca Juga: Lebaran Perdana Keluarga Yudhoyono Tanpa Bu Ani yang Terasa Berbeda

Topik:

  • Elfida

Berita Terkini Lainnya