Ini 7 Fakta Keindahan Pegunungan Karst di Kalimantan Timur

Pesona keindahan alam Indonesia

Karst ialah sebuah bentuk permukaan bumi yang berupa cekungan-cekungan, bukit-bukit kecil, sungai-sungai di bawah permukaan tanah, dan keberadaan goa. Keberadaan kawasan ini menunjukkan bahwa pulau-pulau Indonesia banyak yang pernah menjadi dasar laut, namun kemudian terangkat dan mengalami pengerasan. Pegunungan karst memiliki keunikan, baik secara fisik, maupun keragaman hayati.

Pegunungan karst yang ada di Indonesia dapat ditemukan di Kalimantan Timur, merupakan situs sejarah dan masuk dalam Anugerah Pesona Indonesia 2017. 

Yuk, simak fakta-fakta keindahan dari pegunungan karst di Kalimantan Timur.

1. Ukiran alam dengan keindahan yang sungguh paripurna

Ini 7 Fakta Keindahan Pegunungan Karst di Kalimantan Timurinstagram.com/zefanya_suryawan

Karst terletak di Kalimantan Timur, tepatnya di Kecamatan Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur. Kawasan ini punya luas mencapai 1,8 juta hektar. Membentang dari Kabupaten Kutai Timur hingga Kabuaten Berau. Seperti halnya kawasan karst, lokasinya di Sangkulirang ini pun dikelilingi oleh dinding-dinding terjal, gua bawah tanah dengan ukiran alam eksotis, serta perbukitan hijau yang membuat para pelancong terkagum-kagum.

2. Perlu perjuangan ekstra untuk mencapai kawasan karst

Ini 7 Fakta Keindahan Pegunungan Karst di Kalimantan Timurinstagram.com/padelapantiga

Bagaimana untuk bisa mencapai pegunungan karst Sangkulirang? Setidaknya butuh dua hari untuk sampai di desa terakhir wilayah karst setelah menempuh perjalanan darat dari Balikpapan. Jika memulai perjalanan dari kota Samarinda, waktu tempuh dengan bus atau mobil carteran sekitar 8-9 jam dengan melewati jalan bekas perusahaan kayu, tepatnya melewati Sangatta dan Bengalon.

3. Suku Dayak Basap mendiami wilayah sekitar karst

Ini 7 Fakta Keindahan Pegunungan Karst di Kalimantan Timurinstagram.com/zefanya_suryawan

Hal yang menarik di kawasan karst di pedalaman Kalimantan Timur adalah kenyataan bahwa lokasi ini juga merupakan wilayah kehidupan masyarakat Dayak Basap. Masyarakat Dayak Basap ini menempati desa atau dusun-dusun kecil yang ada di sekitar kawasan karst Sangkulirang,Tanjung Mangkalihat, dan Merabu Mapulu.

Baca Juga: Ragam Budaya Indonesia, Ini 10 Potret Pesona Suku Dayak di Kalimantan

4. Bisa ditemukan gambar cadas prasejarah bukti kehidupan masa lampau

Ini 7 Fakta Keindahan Pegunungan Karst di Kalimantan Timurinstagram.com/disparkutim

Ditemukan banyak bukti-bukti kehidupan masa lampau yang tertinggal. Kawasan karst ini dapat memberi informasi jejak manusia purba yang bisa dilihat dari gambar tangan, gambar perahu, dan gambar berbagai jenis binatang yang terlihat jelas pada dinding-dinding goa yang konon telah ada sekitar 10.000 tahun sebelum masehi.

5. Hiasan alami dari goa yang menakjubkan

Ini 7 Fakta Keindahan Pegunungan Karst di Kalimantan Timurinstagram.com/stybugs

Kawasan karst Sangkulirang memiliki beberapa bagian pada puluhan goa berlorong panjang dengan hiasan ornamen alami beserta stalaktit dan stalakmit mengagumkan. Sedangkan flowstone yang terjajar indah memancarkan kristal kalsit yang memukau mata. 

6. Menyimpan potensi alam yang sungguh luar biasa

Ini 7 Fakta Keindahan Pegunungan Karst di Kalimantan Timurinstagram.com/yovi.latul

Potensi alam lain yang bisa ditemukan di kawasan karst Sangkulirang begitu besar. Seperti hutan kayu, batuan mineral, potensi wisata alam, serta sarang burung walet yang cukup menjanjikan. Tidak hanya itu, keanekaragaman hayati begitu berlimpah yang ditawarkan kawasan karst ini juga sangat kaya karena tempat ini dihuni oleh hewan endemik seperti orangutan.

7. Ditetapkan sebagai kawasan lindung untuk mencegak kerusakan

Ini 7 Fakta Keindahan Pegunungan Karst di Kalimantan Timurinstagram.com/aidilputra17

Karena dunia menyatakan kalau kawasan karst dunia seluruh terancam punah, pemerintah daerah setempat pun menetapkan area ini sebagai kawasan lindung sehingga kelestariannya senantiasa terjaga. Dengan dilakukan perlindungan secara terorganisir, mungkin suatu saat nanti kawasan karst Sangkulirang menjadi kawasan warisan dunia yang ada di Kalimantan Timur.

Nah, itulah keindahan yang dapat kita temukan di pegunungan karst di Kalimantan Timur. Semoga lestari selalu alam Indonesia. Tertarik berkunjung?

Baca Juga: 8 Kerajinan Rotan Kalimantan Tengah Ini Bisa Jadi Dekorasi Rustic Lho!

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya