Malam Tahun Baru, Tidak Ada Pesta Kembang Api di Balikpapan

Berkerumun dan main kembang api langsung ditindak

Balikpapan, IDN Times – Pemerintah Kota Balikpapan menutup Lapangan Merdeka yang setiap tahunnya selalu ramai pada malam perayaan tahun baru. Penutupan dilakukan sesuai Surat Edaran Wali Kota Balikpapan.

“Kita mulai pengalihan arus lalu lintas pukul 21.15 WITA, sedangkan satu jam sebelumnya puku 20.00 WITA arah lapangan Merdeka, baik arah Klandasan ataupun dari arah Pelabuhan Semayang juga sudah kita lakukan,” ujar Kasat Lantas Polresta Balikpapan Kompol Irawan Setiyono, Kamis (31/12/2020) malam.

1. Sempat terjadi kemacetan

Malam Tahun Baru,  Tidak Ada Pesta Kembang Api di Balikpapan(IDN Times/Hilmansyah)

Irawan mengakui, saat diterapkan pengalihan arus lalu lintas, sempat terjadi kemacetan di sekitar Jalan Jenderal Sudirman pada pukul 20.00 WITA, karena bertepatan dengan penutupan pusat perbelanjaan. Namun setelah dilakukan pengaturan oleh petugas, semuanya kembali lancar.

“Pada saat 20.00 WITA terpantau terjadi kepadatan lalu lintas karena bersamaan dengan pembubaran di mall-mall. Selain itu pengguna jalan terlihat juga memadati beberapa titik seperti di BSB atau di BC maupun di tempat-tempat lainnya,” jelasnya.

2. Lapangan Merdeka sepi dari aktivitas warga

Malam Tahun Baru,  Tidak Ada Pesta Kembang Api di Balikpapan(IDN Times/Hilmansyah)

Saat dilakukan penutupan jalan, kata Irawan, khususnya di Jalan Sudirman yang mengarah ke lapangan Merdeka, lapangan yang biasanya ramai warga terlihat sepi..

“Efek Atas penutupan dan pengalihan arus lalu lintas ini di lapangan Merdeka terpantau tidak ada kegiatan masyarakat. Jadi pada saat ini sesuai dengan perencanaan. Sementara kita antisipasi di wilayah Sudirman karena memang dari tahun ke tahun di lapangan merdeka,” jelasnya.

Baca Juga: Sejumlah Jalan di Kota Balikpapan Ditutup pada Malam Tahun Baru

3. Berkerumun dan main kembang api langsung ditindak

Malam Tahun Baru,  Tidak Ada Pesta Kembang Api di Balikpapan(IDN Times/Hilmansyah)

TNI dan Polri, kata Irawan, juga terus memantau sejumlah titik jalan, termasuk melakukan patroli yang dilakukan Satgas Penanganan COVID-19 untuk memastikan tidak ada kerumunan. Bagi yang menyalakan kembang api akan langsung ditindak.

“Dilakukan patroli dari Satgas maupun tim gabungan, ada Polda juga melakukan patroli kalau ada kerumunan- kerumunan langsung dibubarkan. Ada masyarakat yang menyalakan kembang api akan langsung ditindak,” tutupnya.

Baca Juga: Tak Ada Pesta Tahun Baru, Penjual Trompet di Balikpapan Rugi Rp17 Juta

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya