Imbas Pandemik COVID-19, KPU Balikpapan Turunkan Target Jumlah Pemilih

Target sulit dicapai di masa pandemik COVID-19

Balikpapan, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, memprediksi terjadi penurunan target partisipasi pemilih pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 di daerahnya.

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha mengatakan penurunan target pemilih itu dilakukan berdasarkan pengalaman dari sejumlah negara yang telah melakukan pemilihan umum di masa pandemik COVID-19.

"Di masa pandemik ini, hampir seluruh negara yang melaksanakan pemilihan umum rata-rata drop. Maka target dikoreksi menjadi 77,5 persen," katanya kepada wartawan di kantor KPU Kota Balikpapan, Rabu (17/6).

1. Target sulit dicapai di masa pandemik COVID-19

Imbas Pandemik COVID-19, KPU Balikpapan Turunkan Target Jumlah PemilihIlustrasi virus corona. IDN Times/Arief Rahmat

Menurut Thoha, sebelum masa pandemik COVID-19, KPU Kota Balikpapan memasang target partisipasi pemilih dalam Pilkada serentak sebesar 80 persen, mengikuti pencapaian secara nasional dalam pelaksanaan Pileg dan Pilpres lalu.

"Tentu saja target ini berat. Dalam sejarahnya, KPU Balikpapan ini kalau melaksanakan pilkada itu partisipasi tidak pernah di atas 70 persen," jelasnya.

2. Maksimalkan sosialisasi lewat media

Imbas Pandemik COVID-19, KPU Balikpapan Turunkan Target Jumlah Pemilihpixabay.com/Free-Photos

Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada, KPU Balikpapan, kata Thoha, akan mengajak sejumlah instansi terkait untuk melakukan sosialisasi terkait pelaksanaan Pilkada serentak yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 mendatang.

Termasuk, memaksimalkan kegiatan sosialisasi dengan melibatkan media cetak atau elektronik untuk menyampaikan informasi terkait jadwal pelaksanaan Pilkada serentak.

"Maka kami mengajak semua pihak termasuk media sebagai mitra kami dalam menjalankan tahapan untuk mensosialisasikan ini. Karena sudah tidak boleh sosialisasi dengan mengumpulkan massa," jelas Thoha.

Baca Juga: Dana Pilkada untuk COVID-19, KPU Balikpapan Tunggu Instruksi Pusat 

3. Minta partai politik ikut melakukan sosialisasi

Imbas Pandemik COVID-19, KPU Balikpapan Turunkan Target Jumlah PemilihMural Pilkada Serentak 2020 ( ANTARA FOTO/Fauzan)

Tidak hanya itu, KPU Balikpapan juga akan melibatkan sejumlah partai politik untuk melakukan sosialisasi tentang jadwal pelaksanaan Pilkada serentak.

"Sosialisasi itu leading sector, terdepan dalam penyelenggaraan pilkada. Tentu saja ketika kami berharap kepada pihak lain, ya kami nomor wahid. Dalam waktu dekat PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang lanjutan Tahapan Pilkada akan kami serahkan kepada seluruh stakeholder. Kemudian nanti kami akan kumpulkan seluruh partai politik. Mungkin malam atau ketika cuaca bagus, di depan kami pasang tenda atau payung, bentuknya santai  sambil sosialisasi," jelasnya.

Ia menambahkan dalam melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat terkait pelaksanaan Pilkada di Kota Balikpapan, pihaknya menerapkan standar protokol kesehatan.

"Pengumpulan massa tetap dalam artian stakeholder terkait, tetapi dengan protokol kesehatan yang ketat. Itu harus," tambahnya.

Baca Juga: Anggaran Pilkada Balikpapan Membengkak, Perlu Rp16 Miliar untuk APD 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya