Comscore Tracker

Jokowi dan Ma'ruf Amin Dilantik, Ini Harapan "Manusia Gerobak"

Pemerintah diminta hentikan impor sampah

Kota Tangerang, IDN Times - Samsudin "Si Manusia Gerobak", tiba di kolong fly over Cikokol, Tangerang, Banten sekitar pukul 19.00 WIB. Inilah tempatnya memarkir gerobak berisi rongsokan hasil memulung, beristirahat, dan tidur di dalamnya.

Sebelum beristirahat seutuhnya, Sam panggilan akrab pria asal Pasar Kemis, Tangerang ini menyempatkan diri untuk duduk merokok sambil memilah dan menata hasil memulungnya seharian ini. Karena kesehariannya itulah, Sam dan manusia-manusia gerobak lain mendapat julukan unik ini.

Kepada IDN Times, Sam mengaku hasil memulungnya hari ini lumayan banyak. Dia menafsir, sekitar Rp150 ribu ia peroleh hari ini. Dia mengaku, hasil penjualan hasil pulungannya sehari rentang harga Rp75 hingga Rp200 ribu per hari.

"Hari ini lumayan ya walau harga limbah pada turun tapi dapatnya banyak, agak sepi ada pelantikan soalnya tadi jadi lebih leluasa carinya," kata Sam sambil menghirup kretek yang menempel di bibirnya.

Sam mengaku, dirinya juga sempat ikut menonton pelantikan Presiden dan Wakil Presiden tadi sore. Namun itu dilakukannya hanya sebentar sebelum ia langsung keliling kembali mencari rongsokan. 

"Saya nonton tadi (pelantikan) tapi gak ngaruh sama saya, lah, sama saja, mesti kerja keras sendiri, jangan bergantung sama pemerintah," kata Sam.

Sam yang terlihat apatis terhadap pemerintah ini ternyata tetap menaruh harapan tinggi tentang adanya pemberhentian impor sampah dari luar negeri ke Indonesia yang mengakibatkan omzetnya yang terus merosot.

"Cuma sekarang lebih murah ini barang yang saya kumpulin buat dijual, kardus dulu Rp2.000 sekarang Rp1.200. Plastik sekarang Rp1.500, dulu Rp2.500. Kalau besi Rp3.500 dulu sampai Rp5.000," ujar Sam.

"Yang saya tahu karena sampah impor itu banyak, jadi murah harganya sekarang limbah-limbah yang saya kumpulin. Atuh saya mah gak mau terlalu berharap sama pemerintah, sudah cari duit sendiri. Tapi ya kalau bisa sih jangan ada sampah impor," harap Sam.

Baca Juga: PDIP Gelar Syukuran Pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin di Tugu Proklamasi

Topic:

  • Mela Hapsari

Just For You