Comscore Tracker

Hari Pertama, Job Market Fair di Balikpapan Sepi Peminat 

Didominasi lowongan marketing

Balikpapan, IDN Times - Pelaksanaan Job Market Fair hari pertama, Rabu (13/11) di Kota Balikpapan belum banyak menarik minat pencari kerja.

Sejumlah loket penyedia kerja di lokasi pelaksanaan Job Market Fair terlihat lengang hanya ada beberapa loket yang terisi oleh pencari kerja.

1. Lebih sepi dibandingkan tahun sebelumnya

Hari Pertama, Job Market Fair di Balikpapan Sepi Peminat IDN Times/Maulana

Pada pelaksanaan Job Market Fair di Gedung Parkir Klandasan Kota Balikpapan tidak terlibat kepadatan jumlah pencari kerja. Kursi-kursi dan loket yang disediakan oleh panitia banyak yang kosong.

Melisa dari PT Samekarindo mengaku jumlah pendaftar di loketnya cukup sepi dibandingkan tahun sebelumnya.Pada Job Market Fair tahun ini, PT Samekarindo yang bergerak di bidang penjualan kendaraan membuka berbagai posisi peluang kerja yang semuanya untuk bidang marketing atau penjualan.

"Kalau tahun lalu, bisa sampai 10 orang, itu pun diterima semua. Sekarang belum ada," katanya.

Pernyataan serupa juga disampaikan oleh Wulan dari Asuransi Bhineka Life. Menurutnya, jumlah pencari kerja yang mendaftar melalui loket Job Market Fair pada tahun ini cukup menurun.

"Kami tahun ini, dua kali ikut job market fair. Yang sekarang ini jauh lebih sepi," ujarnya.

 

Baca Juga: UMK Balikpapan 2020 akan Naik jadi Rp3,069 Juta, Sudah Sesuaikah?

2. Kepadatan pencaker diperkirakan besok

Hari Pertama, Job Market Fair di Balikpapan Sepi Peminat IDN Times/Maulana

Berdasarkan jadwal yang dibuat oleh Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan Job Market Fair dilaksanakan tanggal 13 dan 14 November 2019. Berdasarkan pengalaman dari sejumlah penyedia lowongan pekerjaan,  pencari kerja biasanya akan meningkat pada hari terakhir menjelang penutupan Job Market Fair.

Menurut Ajmain dari PT Infomedia Solusi menjelaskan di hari pertama biasanya jumlah pendaftar memang minim dan akan meningkat ketika hari terakhir pelaksanaan. "Saat ini memang belum banyak hanya ada 13 (pelamar), biasanya akan meningkat pada hari terakhir," ujarnya.

Menurutnya, pada Job Market Fair kali ini, perusahaannya membuka 4 posisi kesempatan kerja yang terdiri dari bidang teknis dan administrasi.

3. Lowongan kerja didominasi bidang marketing

Hari Pertama, Job Market Fair di Balikpapan Sepi Peminat IDN Times/Maulana

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan Tirta Dewi mengatakan pada Job Market Fair ini adalah yang ketiga di tahun 2019. Disediakan sedikitnya 755 lowongan kerja.

Sejumlah lowongan ini terdiri dari 72 jabatan yang disediakan oleh 61 perusahaan di Kota Balikpapan yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Terpantau sebagian besar jabatan yang disediakan didominasi bidang marketing.

Perusahaan yang berpartisipasi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan, asuransi, investasi, penjualan unit kendaraan atau dealer, hotel dan perbankan.

Tirta berharap kegiatan Job Market Fair ini dapat membantu mengurangi jumlah pencari kerja di Kota Balikpapan yang tercatat mencapai 29 ribu orang atau 9,52 persen dari total jumlah penduduk.

"Kami berharap para pencari kerja dapat memanfaatkan kesempatan ini dan dapat terserap di perusahaan sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki," terangnya.

Baca Juga: Pemkot Balikpapan Buka Lowongan untuk 250 CPNS Daerah

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya