20 Warga Binaan Lapas Kelas III Batulicin Kalsel Dapat Pendidikan D3

100 binaan memenuhi syarat untuk melanjutkan pendidikan

Batulicin, IDN Times - Sebanyak 20 warga binaan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas III Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, mengikuti perkuliahan hingga jenjang Diploma III (D3). Pihak Lapas bekerja sama dengan salah satu kampus di Batulicin.

"Kami bekerja sama dengan institusi Politeknik Batulicin (Polibali) dan sistem perkuliahan nanti, para dosen akan datang ke Lapas untuk mengajar," kata Kepala Lapas Kelas III Batulicin Bambang Hari Widodo seperti diberitakan ANTARA pada Sabtu (11/3/2023).

1. Jadwal kuliah

20 Warga Binaan Lapas Kelas III Batulicin Kalsel Dapat Pendidikan D3ilustrasi menulis topik tulisan (pexels.com/fauxels)

Dia mengatakan, jadwal pembelajaran yang diterapkan sama dengan jadwal perkuliahan reguler yakni dari Senin-Kamis setiap pukul 15.00-17.00 WITA.

Untuk biaya program ini telah di tanggung oleh pemerintah daerah setempat. Lapas Batulisin dan Polibali Batulicin hanya sebagai fasilitator pelaksana.

Baca Juga: BWS Kalimantan IV Survei Dua Pantai di Balikpapan Terkait IKN 

2. Tidak semua napi penuhi syarat

20 Warga Binaan Lapas Kelas III Batulicin Kalsel Dapat Pendidikan D3Ilustrasi napi di penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

Bambang menjelaskan, tidak semua napi yang ada di situ dapat mengikuti program ini, ada beberapa persyaratan yang di tetapkan salah satunya yang bersangkutan memiliki ijazah SMA dan hukuman pidana di atas tiga tahun.

"Untuk usia kami tidak menentukan batasan, dan kuota untuk tahun ini sebanyak 20 orang," ujar Bambang.

3. 100 warga binaan memenuhi syarat

20 Warga Binaan Lapas Kelas III Batulicin Kalsel Dapat Pendidikan D3Dok. KBR.id

Warga Binaan di Lapas Batulicin saat ini sebanyak 312 orang, dan yang memenuhi syarat untuk menjadi calon mahasiswa Polibali sebanyak 100 orang.

"Untuk tahun ini kuota menjadi mahasiswa sebanyak 20 orang dan sisanya akan diikutkan di tahun berikutnya pada ajaran baru," jelas Bambang.

Baca Juga: Pemkot Samarinda Menutup THM, Spa, dan Tempat Hiburan selama Ramadan 

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya