Pesan Ahok bagi Publik: Berhenti Spekulasi Soal Kehidupan Pribadi Saya

"Hentikan menuduh PND (calon isteri) macam-macam," kata Ahok

Jakarta, IDN Times - Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama membuat video berisi klarifikasi mengenai kehidupan pribadinya, terutama soal pilihannya untuk segera menikah dengan Puput Nastiti Devi. Puput diketahui merupakan ajudan mantan istri Ahok dan sempat bertugas di Polri. 

Dalam video berdurasi hampir dua menit dan diberi judul "Klarifikasi Saya Terhadap Isu-Isu yang Beredar", mantan Gubernur DKI Jakarta meminta agar berhenti berspekulasi mengenai kehidupan pribadinya. 

"Tuduhan-tuduhan negatif dari saudara itu, saya harap jangan berspekulasi dengan kehidupan pribadi saya," ujar Ahok yang di dalam video mengenakan jaket dengan hoodie berwarna abu-abu. 

Ia menegaskan sebelum mengambil keputusan apa pun, semua sudah dipertimbangkan secara matang. Ahok mengaku bahkan sudah berkonsultasi lebih dulu ke orang-orang di sekitarnya. 

"Setiap tindakan saya, saya akan konfirmasi dengan Tuhan, ibu saya dan tante-tante saya," kata Ahok di dalam video yang diunggah pada Selasa (26/2). 

Ahok pun merasa tidak perlu memberikan bukti apa pun menyangkut kehidupan pribadinya ke publik. Lalu, apa tanggapan Ahok soal rumor yang sempat menyebut hubungannya dengan anak keduanya menjadi renggang gara-gara ia hendak menikah lagi?

1. Usai bercerai dari istri pertama Veronica Tan, komunikasi dengan ketiga anaknya tetap baik

Pesan Ahok bagi Publik: Berhenti Spekulasi Soal Kehidupan Pribadi Saya(Basuki "Ahok" Tjajaha Purnama bersama putra sulungnya) www.instagram.com/@basukibtp

Ahok menegaskan hubungannya dengan ketiga anaknya dalam keadaan baik. Khususnya setelah ia bercerai dari Veronica Tan yang sudah dinikahi selama 20 tahun. Ahok pun mengaku masih berkomunikasi dengan Nicolas Sean, Nathania Purnama dan Daud Albeener. 

"Semua tuduhan-tuduhan negatif tersebut sama sekali tidak benar. Komunikasi saya dengan anak-anak berjalan dengan baik," ujar Ahok. 

Bahkan, di video blog pertama yang diunggah ke akun di media sosial, terlihat Nicolas menjemput Ahok dari rutan Makobrimob, Depok. Nicolas dan Daud pun bahkan terlihat ikut Ahok serta keluarga pulang kampung ke Bangka Belitung.

"Saya juga rutin berkomunikasi melalui WhatsApp dan video call," kata pria yang juga sempat menjadi Bupati Bangka Belitung itu. 

Ahok pun membantah kehidupannya saat ini terkait dengan proses perceraiannya pada April 2018 lalu. 

Baca Juga: TKN Pastikan Ahok dan Muchdi Pr Tak Masuk Tim Pemenangan Jokowi

2. Mantan isteri Ahok tetap tinggal bersama ketiga anaknya

Pesan Ahok bagi Publik: Berhenti Spekulasi Soal Kehidupan Pribadi Sayainstagram.com/christinajakarta

Ahok turut menjelaskan pasca bercerai seluruh harta gono-gini yang diperoleh selama menikah diserahkan ke ketiga anaknya. Salah satu harta yang diserahkan adalah rumah di daerah Pluit. 

Ahok pun tidak mempermasalahkan apabila ketiga anaknya lebih memilih tinggal bersama Veronica di daerah Pluit. Sementara, ia tinggal di rumah baru yang berada di area Menteng, Jakarta Pusat.

"Karena walaupun saya memiliki hak asuh, tentu saya memberikan kebebasan (kepada anak-anak)," kata Ahok lagi. 

3. Ahok meminta publik berhenti untuk menuduh calon isterinya macam-macam

Pesan Ahok bagi Publik: Berhenti Spekulasi Soal Kehidupan Pribadi SayaANTARA/Tim BTP

Salah satu hal yang diminta Ahok secara tegas yakni soal tuduhan negatif terhadap calon istrinya, Puput Nastiti Devi. Ada dua hal yang disoroti oleh publik dari hubungan pribadi Ahok dengan Puput. Pertama, perbedaan usia mereka yang terlampau jauh. Usia Puput yang baru 22 tahun dan tidak terlalu jauh dengan putra pertama Ahok, menyebabkan publik bingung. 

Kedua, soal Puput yang diketahui berpindah keyakinan. Walau keyakinan merupakan urusan pribadi seseorang, namun Ahok gencar dikritik publik sengaja melakukan upaya Kristenisasi. Padahal, setiap tindakannya itu sudah ia pertimbangkan dengan matang. Ia mengajak orang terdekatnya untuk berkonsultasi. Doa pun tidak putus dipanjatkan sebagai salah satu pertimbangan. 

"Hentikan menuduh PND (Puput) yang macam-macam, karena saya yang memutuskan. Kalau saudara ingin menyalahkan, salahkan saya. Jangan malah menyalahkan PND," kata dia. 

Ahok pun tidak merasa perlu memberikan penjelasan kepada publik mengapa ia bercerai lalu memilih Puput sebagai calon isterinya. Menurut Ahok, itu sudah masuk ke ranah pribadi. 

4. Semua keputusan yang Ahok buat atas dasar kebenaran dan firman Tuhan

Pesan Ahok bagi Publik: Berhenti Spekulasi Soal Kehidupan Pribadi SayaIDN Times/Imam Rosidin

Di bagian akhir videonya, Ahok mengatakan bahwa semua keputusan yang ia buat termasuk menikah kembali adalah keputusan yang rasional dan sadar. 

"Saya sudah berusia 52 tahun dan bukan anak kemarin sore," kata Ahok. 

Ia mengaku berani mengambil keputusan apa pun Ahok tahu apa yang diperbuatnya benar, tidak melanggar konstitusi dan perintah agamanya. Oleh sebab itu, Ahok meminta dengan tegas kepada publik agar tidak lagi membicarakan kehidupan pribadinya. 

"Itu memang hak saudara, tapi sekali lagi saya minta berhenti membuat spekulasi mengenai kehidupan pribadinya," kata dia lagi. 

Usai keluar dari penjara, Ahok masih menikmati masa berkumpul bersama keluarga. Ia terlihat berlibur dengan keluarga, termasuk mengajak Puput ke Bali. Kini, Ahok diketahui tengah berada di Korea Selatan. 

Walau memutuskan untuk bernaung di PDI Perjuangan, namun Ahok mengaku baru akan sepenuhnya kembali ke ruang publik usai Oktober mendatang. 

Baca Juga: Gerindra Tak Khawatir Ahok Dongkrak Suara Jokowi-Ma'ruf

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya