Keren! Nama Jokowi Diabadikan Menjadi Nama Jalan di Abu Dhabi UEA

Setahun pemerintahan periode 2, nama Jokowi diabadikan UEA

Jakarta, IDN Times - Tepat 1 tahun pemerintahannya di periode ke-2, Presiden Joko "Jokowi" Widodo mencatatkan sejarah baru di luar negeri. Namanya diabadikan menjadi sebuah jalan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA).

Hal ini diungkapkan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Uni Emirat Arab dalam akun resmi Twitter-nya, @kbriabudhabi, Selasa (20/10/2020).

"Anda mungkin sudah familiar dengan Jalan Sukarno di Rabat, Maroko atau Jalan Raden Adjeng Kartini di Amsterdam, Belanda. Nama tokoh Indonesia yg dijadikan nama jalan bertambah satu. Catat, Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi," demikian cuit KBRI di Abu Dhabi.

Baca Juga: Setahun Jokowi-Ma'ruf: 18 Lembaga Dibubarkan, 29 Ribu Eselon Dipangkas

1. Jalan Presiden Joko Widodo diresmikan di Abu Dhabi Senin sore, 19 Oktober 2020

Keren! Nama Jokowi Diabadikan Menjadi Nama Jalan di Abu Dhabi UEAJalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi (Tangkapan layar Twitter @kbriabudhabi)

Dalam akun Instagram-nya @kbriabudhabi, KBRI menyebutkan, Jalan Presiden Joko Widodo (dalam bahasa Inggris: President Joko Widodo Street, dalam bahasa Arab: شارع الرئيس جوكو ويدودو) diresmikan di Abu Dhabi Senin (19/10/2020) sore pukul 16.45 waktu setempat.

Peresmian dilakukan langsung oleh Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan, anggota sekaligus Chairman Abu Dhabi Executive Office.

2. Sebagai bentuk penghormatan Pemerintah UEA kepada Presiden Jokowi

Keren! Nama Jokowi Diabadikan Menjadi Nama Jalan di Abu Dhabi UEAJalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi (Tangkapan layar Twitter @kbriabudhabi)

Peresmian jalan itu dihadiri oleh Duta Besar RI untuk UEA Husin Bagis dan Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Abu Dhabi. 

Tampak hadir pula dalam peresmian jalan sejumlah pejabat setempat dari Kementerian Luar Negeri UEA dan Abu Dhabi Municipality.

Nama Presiden Joko Widodo diabadikan menjadi nama jalan sebagai bentuk penghormatan Pemerintah UEA kepada Presiden Jokowi, dalam memajukan hubungan bilateral RI-UEA selama ini.

3. Jalan Presiden Joko Widodo terletak di salah satu ruas jalan utama, di kawasan kantor perwakilan diplomatik

Keren! Nama Jokowi Diabadikan Menjadi Nama Jalan di Abu Dhabi UEAJalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi (Tangkapan layar Twitter @kbriabudhabi)

Jalan Presiden Joko Widodo terletak di salah satu ruas jalan utama, yang membelah ADNEC (Abu Dhabi National Exhibition Center) dengan Embassy Area, kawasan yang ditempati sejumlah kantor perwakilan diplomatik.

Adapun nama jalan ini sebelumnya adalah Al Ma’arid Street (dalam bahasa Indonesia artinya ekshibisi/pameran) yang menghubungkan Jalan Rabdan dengan Jalan Tunb Al Kubra.

Dubes RI Husin Bagis kepada wartawan Abu Dhabi menyampaikan harapan, semoga penamaan Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi semakin memperkokoh dan meningkatkan pengeksposan positif hubungan bilateral RI-UEA yang semakin erat belakangan ini.

Baca Juga: Setahun Jokowi-Ma'ruf, Ini 5 Momen Unik saat Pelantikan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya