Comscore Tracker

Orangtua Berikan Nutrisi Pada Anak di Hari Pertama Sekolah

Orangtua harus mempersiapkan mental si kecil

Pemenuhan nutrisi jelang hari pertama sekolah menjadi momen penting yang ditunggu oleh semua orangtua. Tak hanya kekuatan fisik saja, anak juga harus dibekali persiapan mental guna menghadapi situasi dan kondisi di sekolah baru.

Jadi, dibutuhkan langkah-langkah untuk menyiapkan semangat anak-anak dalam menghadapi hari-hari baru di sekolah. Apa saja yang harus dipersiapkan orangtua?

1. Fondasi terpenting untuk mempersiapkan hari pertama si kecil sekolah

Orangtua Berikan Nutrisi Pada Anak di Hari Pertama Sekolahpexels.com/Pragyan Bezbaruah

Menyeimbangkan nutrisi menjadi fondasi yang paling penting bagi seorang anak agar mampu mengoptimalkan semua kemampuan yang dimiliki. Terlebih lagi, anak-anak zaman sekarang sudah dikategorikan dan dipersiapkan untuk menjadi generasi maju dan berkualitas. Sehingga bisa menjadi pribadi yang kreatif, mandiri, dan punya daya saing tinggi.

2. Potret anak-anak Indonesia yang belum terpenuhi nutrisinya

Orangtua Berikan Nutrisi Pada Anak di Hari Pertama Sekolahpexels.com/Artem Beliaikin

Sekitar 8 dari 10 anak Indonesia usia sekolah (4-12 tahun) kekurangan Omega-3 (EPA+DHA). Dalam jangka panjang, kekurangan zat gizi ini dapat menghambat prestasi si kecil di sekolah. Oleh sebab itu, dibutuhkan perhatian dan kepedulian orangtua serta masyarakat untuk menciptakan generasi-generasi yang siap mental maupun fisik. Telah banyak orangtua di Indonesia yang berupaya mendukung optimasi potensi si kecil dengan cara mengenalkan anak dalam sistem pendidikan formal sejak dini. Hal ini dapat terlihat dari peningkatan jumlah partisipasi anak usia 3-6 tahun dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
sejak tahun 2016 (72,35%) hingga 2018 (74,28%). Di saat yang bersamaan, ada lebih dari 4,6 juta anak Taman Kanak-Kanak (TK) yang tercatat pada tahun ajaran 2017/2018.

Baca Juga: Punya Banyak Manfaat, Ini Lho 6 Nutrisi Penting dalam Ikan Asin

3. Orangtua yakin nutrisi yang diberikan mampu memenuhi kebutuhan tubuh si kecil

Orangtua Berikan Nutrisi Pada Anak di Hari Pertama SekolahIDN Times/Syarifah Noer Aulia

"Tugas utama orangtua di hari pertama masuk sekolah yakni menyiapkan segalanya agar seimbang. Biasakan anak mengonsumsi makanan dan minuman dari zat makronutrien dan mikronutrien guna memberikan metabolisme terbaik bagi tubuh. Pada anak usia dini sebaiknya melengkapi kebutuhan karbohidrat, serat, protein, zat besi dan Omega 3 (EPA+SHA) yang sangat bermanfaat bagi perkembangan otak si kecil," ungkap dr. Nurul Ratna Mutu Manikam M.Gizi, SpGK, Dokter Spesialis Gizi Klinis

4. Anak perlu beradaptasi dan mengalami transisi ke jenjang selanjutnya

Orangtua Berikan Nutrisi Pada Anak di Hari Pertama Sekolahpexels.com/pixabay

Menurut Pemerhati Pendidikan Anak Usia Dini dan Founder Resourceful Parenting
Indonesia, Dr. Andyda Meliala, ketika orangtua memutuskan untuk menyekolahkan anaknya berarti orangtua sudah siap baik secara fisik, mental dan keuangan.

Orangtua harus mengajak anak beradaptasi terlebih dahulu dengan sekolah, ruangan, dan segalanya yang ada di sekolah tersebut. Pada hari pertama anak akan lebih banyak bermain, tunggulah satu minggu kemudian atau beberapa waktu agar anak bisa mengikuti arahan, etika dan disiplin.

Buat anak senang dan nyaman seperti di rumah. Oleh sebab itu bila anak-anak  tidak mendapatkan nutrisi yang baik beresiko tidak memiliki potensi perkembangan kognitif, motorik, serta kemampuan sosial dan emosional yang berkaitan erat dengan prestasi akademik dan produktivitas ekonomi.

5. Ririn Dwi Ariyanti: Libatkan anak dalam hal apa pun yang menyenangkan, termasuk belajar

Orangtua Berikan Nutrisi Pada Anak di Hari Pertama SekolahIDN Times/Syarifah Noer Aulia

“Hari pertama si kecil masuk sekolah memang selalu menghadirkan kejutan dan kecemasan berbeda bagi anak dan orangtua. Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk mempersiapkan dan membangkitkan semangat anak untuk masuk sekolah, sejak jauh hari. Sebagai seorang ibu, salah satu hal yang saya lakukan selain mempersiapkan mental anak adalah memastikan asupan nutrisi pagi dan malam si kecil terpenuhi," tutup Ririn ketika dijumpai di Kaum, Jakarta. 

Baca Juga: 6 Superfood Ini Punya Nutrisi Lebih Tinggi dari Suplemen, Bikin Sehat!

Topic:

  • Mela Hapsari

Just For You