Comscore Tracker

Bebas dari Virus Corona, 124 Kabupaten dan Kota Ini Masuk Zona Hijau

Daerah yang belum ada kasus corona terus dipantau pusat

Jakarta, IDN Times - Rupanya selama pandemik virus corona atau COVID-19 meneror Indonesia, ada sejumlah daerah yang kebal dari virus corona. Maklum saja hingga saat ini belum ada laporan kasus positif dari daerah tersebut. 

Informasi dihimpun IDN Times, setidaknya dari 34 provinsi, 391 kabupaten/kota yang terdampak COVID-19 di Indonesia ada 124 kabupaten/kota yang belum mengonfirmasi kasus positif virus corona. 

"Wilayah yang masuk zona hijau (tak ada kasus virus corona) bisa bertahan karena ketat melaksanakan protokol kesehatan," ujar Ketua Gugus Tugas penanganan COVID-19 Doni Monardo dalam keterangan pers yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Kabinet RI, Rabu (20/5).

1. Daerah yang belum ada kasus virus corona bakal terus dipantau tim gugus tugas pusat

Bebas dari Virus Corona, 124 Kabupaten dan Kota Ini Masuk Zona HijauKepala BNPB Doni Monardo (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Kendati masih ada 124 kabupaten atau kota yang belum melaporkan pasien terkonfirmasi positif COVID-19, Doni menuturkan, gugus tugas tetap memonitor perkembangan kasus di wilayah tersebut. Pusat tentunya bakal bekerja sama dengan tim gugus tugas yang ada di daerah tersebut. 

"Dalam beberapa hari ke depan, kami akan memonitor melalui laporan dari gugus tugas provinsi, kabupaten atau kota, apakah ada tambahan kasus atau tidak," kata Doni. 

2. Daerah Aceh, Papua dan NTT paling banyak wilayah kawasan yang bebas dari virus corona

Bebas dari Virus Corona, 124 Kabupaten dan Kota Ini Masuk Zona HijauDoni Monardo Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (IDN Times/Fiqih Damar Jati)

Lebih lanjut dia, menerangkan provinsi dengan jumlah kabupaten atau kota yang belum ada kasus positif virus corona. Papua, Aceh, dan Nusa Tenggara Timur menjadi provinsi yang memiliki wilayah zona hijau terbanyak. Detailnya begini dari 124 kabupaten/ kota itu terdapat di Aceh sebanyak 14 daerah, sementara itu Banten, Bengkulu, Gorontalo, Jambi, Jaww Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur (Mahakam Ulu), Kepulauan Bangka Belitung itu masing-masing satu daerah. Sementara Kalimantan Barat ada dua daerah yang bersih dari virus corona. 

"Lanjut, Kepulauan Riau empat, Lampung lima, Maluku enam, Maluku Utara lima, NTT 15, Papua 18, Papua Barat enam, Riau dua, Sulawesi Barat satu, Sulawesi Selatan satu, Sulawesi Tengah tiga, Sulawesi Tenggara lima, Sulawesi Utara lima, Sumatra Barat dua, Sumatra Selatan lima, Sumatra Utara 16," urainya.

3. Ada 24 kabupaten/kota terletak di kepulauan, sehingga lebih mudah mengawasi penyebaran virus

Bebas dari Virus Corona, 124 Kabupaten dan Kota Ini Masuk Zona HijauDok. Humas Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan

Doni menjelaskan di antara 124 kabupaten/kota tersebut, 24 kabupaten/kota terletak di kepulauan. Sehingga, wilayah tersebut bisa dipertahankan sebagai zona hijau. 

"Artinya secara geografi mereka bisa terjamin keamanannya, apabila bisa melakukan kontrol dan pengawasan yang lebih ketat," pungkasnya. 

Topic:

  • Yuda Almerio Pratama Lebang

Berita Terkini Lainnya