Istana Didemo Hari Ini, Jokowi Malah Tinjau Lumbung Pangan di Kalteng

Jokowi meninggalkan Jakarta sejak Rabu sore kemarin

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Tengah, bertepatan dengan puncak aksi demo tolak omnibus law Undang-Undang Cipta Kerja hari ini, Kamis (8/10/2020).

Kunjungan kerja Jokowi hari ini dalam rangka meninjau proyek Lumbung Pangan Nasional yang dicanangkan pemerintah. Selain itu, presiden juga akan membagian modal kerja kepada pedagang kecil.

Baca Juga: Tagar Jokowi Kabur Trending di Twitter, Pak Presiden ke Mana?

1. Lokasi pertama yang dikunjungi Jokowi adalah lumbung pangan di Kabupaten Pulang Pisau

Istana Didemo Hari Ini, Jokowi Malah Tinjau Lumbung Pangan di KaltengPresiden Jokowi kunjungan kerja ke Kalimantan Tengah (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Dikutip dari Sekretariat Presiden, Jokowi terbang menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 beserta rombongan. Dia tiba di Bandar Udara Tjilik Riwut, Kota Palangka Raya, sekitar pukul 09.10 WIB, setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 70 menit dari Pangkalan TNI AU Adisutjipto, Kabupaten Sleman.

"Dari Bandara Tjilik Riwut, Presiden langsung melanjutkan perjalanan dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU, menuju Kabupaten Pulang Pisau. Presiden dijadwalkan untuk meninjau lumbung pangan (food estate), berikut penanaman padi, keramba ikan, serta peternakan bebek yang terletak di Kecamatan Pandih Batu," tulis keterangan Sekretariat Presiden, Kamis (8/10/2020).

2. Jokowi juga akan bagikan modal kerja pada pedagang kecil

Istana Didemo Hari Ini, Jokowi Malah Tinjau Lumbung Pangan di KaltengPresiden Jokowi kunjungan kerja ke Kalimantan Tengah (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Siang harinya, Jokowi akan menuju Gedung Pertemuan Umum Handep Hapakat, Kabupaten Pulang Pisau untuk membagikan modal kerja kepada para pedagang kecil. Setelah itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan kembali menuju Bandara Tjilik Riwut, Kota Palangka Raya menggunakan helikopter.

"Dalam perjalanan tersebut, presiden sekaligus akan meninjau lokasi lumbung pangan singkong di Kabupaten Gunung Mas dari atas helikopter. Setibanya di Bandara Tjilik Riwut, Presiden dan rombongan akan langsung lepas landas menuju Jakarta," lanjut keterangan Sekretariat Presiden.

3. Jokowi meninggalkan Jakarta ke Solo dan Kalimantan Tengah sejak Rabu sore

Istana Didemo Hari Ini, Jokowi Malah Tinjau Lumbung Pangan di KaltengPresiden Jokowi memberikan keterangan pers, Sabtu 3 Oktober 2020 (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Di tengah keramaian unjuk rasa yang dilakukan buruh dan mahasiswa, Presiden Jokowi disebut meninggalkan Ibu Kota sejak Rabu (7/10/2020) sore. Dia dikabarkan baru tiba di Solo pada malam hari setelah melakukan perjalanan darat dari Yogyakarta.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono membenarkan kunjungan Jokowi ke Solo itu. Dia mengatakan, orang nomor satu di Indonesia itu pergi ke Solo untuk berziarah ke makam kedua orang tuanya.

"Malam ini ke Solo, nyekar. Lantas besok pagi kunjungan kerja ke Kalimantan Tengah," kata Heru saat dihubungi IDN Times, Rabu (7/10/2020).

4. Tagar #Jokowikabur trending di Twitter

Istana Didemo Hari Ini, Jokowi Malah Tinjau Lumbung Pangan di KaltengPresiden Jokowi memberi sambutan untuk Hari Habitat Dunia Tahun 2020 (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Karena kunjungan kerjanya yang dilakukan di tengah puncak demo UU Cipta Kerja, jagat dunia maya di Twitter diramaikan dengan tagar #JokowiKabur. Warganet menyayangkan sikap Presiden Jokowi yang meninggalkan ibu kota saat rakyat menyuarakan isi hatinya kepada pemerintah.

Puncak aksi demo memprotes atas disahkannya UU Cipta Kerja rencananya akan dilaksanakan pada hari ini di depan Gedung DPR/MPR RI Senayan dan Istana Negara. Mereka tak hanya buruh, tapi juga mahasiswa, lembaga swadaya masyarakat, serta berbagai elemen aktivis lainnya.     

Sampai berita ini ditulis, tagar #JokowiKabur menduduki trending teratas dengan 19,3 tweets. Warganet menyesalkan sikap Jokowi yang disebut tidak menghadapi massa yang akan beraksi hari ini. Bahkan, seorang warganet menyarankan jika tidak ingin menemui rakyat setidaknya Jokowi tetap berada di Istana.

Berikut beberapa respons warganet di Twitter:

"Eloknya ya, menurut adab Jawa, jika sedang kedatangan 'tamu', ya Pak Presiden tidak malah 'nglungani', pergi, untuk menengok food estate di Kalteng. Walau ndak menemui para pendemo, minimal secara simbolis Pak Presiden ada di istana. Itu adabnya. Itulah fatsoen politik."

"Saat di demo.. Ke solo -> keluarga prioritas, rakyat belakangan. Lalu ke palangkaraya -> alasan kunker, rakyat yg lagi minta didengar dia abaikan. Yg masih berpikir dia kerja untuk rakyat, cek isi kepala dan kejiwaan kalian.. #JokowiBiangOmnibuslaw."

Baca Juga: Omnibus Law UU Cipta Kerja: Ambisi Jokowi Sejak Dilantik Presiden

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya