Jokowi Marahi Menterinya Lagi: Jangan Buat Program Sendiri-sendiri!

Kata Jokowi, kementerian harus saling terintegrasi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta para menterinya tidak membuat program masing-masing. Ia mengatakan, program harus dibuat berintegrasi antara kementerian satu dengan kementerian lainnya.

"Saya minta semua kementerian jangan membuat program sendiri-sendiri yang lepas-lepas tidak terintegrasi tidak terpadu, sehingga, outcame, hasilnya tidak terlihat, ini harus terintegrasi betul," kata Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (24/9/2020).

1. Jokowi minta semua program kementerian terintegrasi

Jokowi Marahi Menterinya Lagi: Jangan Buat Program Sendiri-sendiri!Jokowi memberi arahan dalam rapat terbatas pada Senin (14/9/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi pun memberikan contoh program-program kementerian yang terintegrasi. Misalnya terkait dana desa. Kementerian Desa harus memastikan dana desa yang digunakan produktif, sementara Kementerian PUPR menyediakan infrastruktur dasarnya.

"Kemenhub konektivitasnya, Kemensos penanganan warga yang kurang mampu, Kemenkop UKM sektor-sektor usaha-usaha kecil dan mikro. Saya kira banyak sekali yang bisa dilakukan," ujar dia.

Baca Juga: Jusuf Kalla Bandingkan Kepemimpinan SBY dan Jokowi, Enak Mana Ya?

2. Jokowi: Jika tidak terintegrasi, hasilnya tidak kelihatan

Jokowi Marahi Menterinya Lagi: Jangan Buat Program Sendiri-sendiri!Presiden Jokowi memberi sambutan di acara Aksi Nasional Pencegahan Korupsi, Rabu (26/8/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Menurut Jokowi, penting bagi kementerian untuk mengintegrasi program-program mereka dengan kementerian lainnya. Sebab, jika tidak terintegrasi, hasilnya tidak akan terlihat.

"Kalau tidak terintegrasi, lepas-lepas, ini akan hasilnya tidak akan kelihatan. Oleh sebab itu, semuanya dijalankan dalam strategi besar, solid dan terintegrasi," ucap Jokowi.

3. Pandemik COVID-19 bisa dijadikan momentum untuk mengintegrasi program kementerian

Jokowi Marahi Menterinya Lagi: Jangan Buat Program Sendiri-sendiri!Ilustrasi tenaga kesehatan. ANTARA FOTO/Fauzan

Kemudian, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta agar pandemik COVID-19 bisa dijadikan momentum agar program bisa saling terintegrasi. Salah satunya untuk program ekonomi desa.

"Gunakan momentum saat ini untuk mengintegrasikan, mengkonsolidasikan program penanggulangan kemiskinan dan dikonsolidasikan dengan peningkatan program ekonomi desa," tutur Jokowi.

Baca Juga: Fakta-Fakta Sidang PBB dan Debut Pidato Presiden Jokowi

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya