Presiden Jokowi Akan Lantik Kapolri Baru Pagi Ini

Rencananya pelantikan pukul 09.30 WIB

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan melantik Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Idham Azis sebagai Kapolri yang baru. Idham terpilih menjadi Kapolri setelah melalui fit and proper test di DPR, menggantikan Tito Karnavian yang kini menjabat Menteri Dalam Negeri.

"Kalau tidak ada aral melintang, besok (hari ini) saya kemungkinan besar akan dilantik oleh Bapak Presiden," kata Idham di Gedung DPR RI, Kamis (31/10).

Rencananya, pelantikan akan digelar pagi ini pukul 09.30 WIB, di Istana Negara, Jakarta Pusat. Presiden Jokowi akan memimpin langsung prosesi pelantikan.

1. Sidang paripurna DPR telah sahkan Idham Azis sebagai Kapolri baru

Presiden Jokowi Akan Lantik Kapolri Baru Pagi IniDokumen Humas Polri

Rapat Paripurna DPR RI telah menetapkan Komisaris Jenderal Polisi Idham Azis sebagai Kapolri, Kamis (31/10). Rapat yang dipimpin oleh Ketua DPR Puan Maharani dihadiri oleh 361 orang dari 575 anggota.

“Berdasarkan hasil keputusan rapat pleno tersebut seluruh fraksi di Komisi lll DPR menyetujui untuk memberhentikan saudara Jenderal Polisi Profesor Haji Muhammad Tito Karnavian dan mengangkat Komisaris Jenderal Polisi Idham Azis sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia,” kata Ketua Komisi lll DPR Herman Hery dalam Rapat Paripurna.

Baca Juga: Idham Azis Janji Calon Polisi yang Paham Agama Dapat Perhatian Khusus

2. Idham Azis terpilih secara aklamasi setelah fit and proper test di Komisi III DPR

Presiden Jokowi Akan Lantik Kapolri Baru Pagi IniDokumen Humas Polri

Sebelum disahkan di sidang paripurna, Idham telah melalui serangkaian fit and proper test di Komisi III DPR RI. Akhirnya, Komisi III menyetujui Komjen Pol Idham Azis sebagai Kapolri, pengganti Jenderal Tito Karnavian, secara aklamasi. Keputusan tersebut diambil setelah komisi yang membidangi HAM, hukum, dan keamanan itu menggelar fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan.

"Seluruh fraksi aklamasi untuk setujui Komjen Idham menjadi Kapolri. Yang mana sore ini keputusan tingkat pertama dan sore ini bersurat pada pimpinan DPR untuk besok agendakan dalam rapat paripurna. Setuju?“ tanya Ketua Komisi III DPR Herman Herry di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (30/10).

"Setuju?" jawab anggota Komisi III lainnya.

Idham yang lulus fit and proper test pun akan disahkan di sidang paripurna DPR. Setelah itu, Presiden Jokowi pun akan segera melantik Idham Azis sebagai Kapolri baru.

3. Kasus Novel Baswedan diserahkan Tito kepada Idham Azis

Presiden Jokowi Akan Lantik Kapolri Baru Pagi IniPuspen Kemendagri

Setelah Idham terpilih menjadi Kapolri baru, mantan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian pun menyerahkan tugas-tugas yang belum terselesaikan kepadanya. Salah satunya, kasus penyiraman air keras terhadap penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan.

"Silakan, kasus Novel juga. Karena mekanismenya kan, sudah ada sistemnya. Sama seperti saya di Mendagri, banyak menerima tugas yang belum tuntas di Kemendagri," ujar Tito di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (30/10).

Baca Juga: Jadi Kapolri, Idham Azis Janji Tak Mau Terima Anggota di Rumah Dinas

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya