Sah! Presiden Jokowi Beri Gelar Pahlawan Nasional pada 6 Tokoh Ini

Salah satunya diberikan pada Kapolri pertama di Indonesia

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada enam tokoh. Upacara penganugerahan gelar Pahlawan Nasional itu digelar di Istana Negera, Jakarta Pusat, pada Selasa (10/11/2020).

Upacara dimulai sejak pukul 10.00 WIB. Karena adanya pandemik COVID-19, tamu undangan dan pejabat negara yang hadir juga dibatasi jumlahnya.

1. Penganugerahan untuk memberikan tanda hormat pada jasa para tokoh nasional

Sah! Presiden Jokowi Beri Gelar Pahlawan Nasional pada 6 Tokoh Ini(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Penganugerahan gelar Pahlawan Nasional berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 117/TK/2020 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional. Penghargaan tersebut diberikan untuk memberikan penghormatan yang tinggi atas jasa mereka yang luar biasa.

"Ini sebagai penghargaan dan penghormatan yang tinggi atas jasanya yang luar biasa, yang semasa hidupnya pernah memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata atau politik atau perjuangan dalam bidang lain untuk mencapai, merebut, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan serta mewujudkan persatuan kesatuan bangsa," kata Plh. Sekretaris Militer Presiden Brigjen TNI Basuki Nugroho saat membacakan Keppres tersebut.

2. Nama keenam tokoh yang mendapatkan gelar Pahlawan Nasional

Sah! Presiden Jokowi Beri Gelar Pahlawan Nasional pada 6 Tokoh IniPresiden Jokowi beri penganugerahan gelar Pahlawan Nasional, di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Selasa (10/11/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Adapun keenam tokoh yang mendapatkan gelar Pahlawan Nasional, sebagai berikut:

1. Sultan Baabullah tokoh dari Provinsi Maluku Utara
2. Machmud Singgirei Rumagesan tokoh dari Provinsi Papua Barat
3. Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo, Kapolri pertama Indonesia, tokoh dari DKI Jakarta
4. Arnold Mononutu tokoh dari Provinsi Sulawesi Utara
5. Sutan Mohammad Amin Nasution dari Provinsi Sumtera Utara
6. Raden Mattaher Bin Pangeran Kusim Bin Adi tokoh dari Jambi

3. Ma'ruf Amin hadir mendampingi Jokowi

Sah! Presiden Jokowi Beri Gelar Pahlawan Nasional pada 6 Tokoh IniWakil Presiden RI Maruf Amin Memimpin Salat Jumat di Masjid Baiturahman (Dok. Humas Setwapres)

Karena pandemik virus corona yang masih melanda, pejabat negara yang hadir juga sangat terbatas, yaitu Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Sosial Juliari Batubara, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Baca Juga: Jokowi Pimpin Upacara Hari Pahlawan di TMP Kalibata, Begini Suasananya

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya