Terbang ke Kalimantan Selatan, Jokowi Akan Resmikan Bendungan Tapin

Jokowi juga akan tinjau relokasi warga yang terdampak

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo bertolak ke Kalimantan Selatan dalam rangka kunjungan kerja. Rencananya, Jokowi akan meresmikan Bendungan Tapin dan meninjau relokasi rumah warga yang terdampak pembangunan Bendungan Tapin.

"Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Presiden dan rombongan terbatas lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma sekira pukul 07.30 WIB," tulis rilis dari Sekretariat Presiden, Kamis (18/2/2021).

Baca Juga: Jokowi Resmikan Bendungan Tukul Pacitan Senilai Rp916 Miliar

1. Jokowi juga akan meninjau relokasi rumah warga

Terbang ke Kalimantan Selatan, Jokowi Akan Resmikan Bendungan TapinPresiden Jokowi kunjungan kerja ke Kalimantan Selatan (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Setibanya di Pangkalan TNI AU Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru, Jokowi langsung melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Tapin dengan helikopter Super Puma TNI AU. Dalam kunjungan kerjanya ini, mantan Wali Kota Solo itu diagendakan untuk meresmikan, sekaligus meninjau Bendungan Tapin yang berlokasi di Desa Pipitak Jaya, Kabupaten Tapin.

"Kepala Negara juga direncanakan untuk melakukan peninjauan relokasi rumah warga yang terdampak pembangunan bendungan tersebut," tulis Sekretariat Presiden.

2. Jokowi akan langsung kembali ke Jakarta setelah acara selesai

Terbang ke Kalimantan Selatan, Jokowi Akan Resmikan Bendungan TapinPresiden Jokowi kunjungan kerja ke Kalimantan Selatan (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Baca Juga: Didemo Ribuan Orang, Ini 5 Potret Kunjungan Kerja Jokowi di Kalimantan

Setelah rangkaian acara selesai, Jokowi akan kembali menuju Jakarta. Dalam kunjungan tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

3. Bendungan Tapin memiliki kapasitas tampung sebesar 70,52 juta meter kubik

Terbang ke Kalimantan Selatan, Jokowi Akan Resmikan Bendungan TapinPresiden Jokowi kunjungan kerja ke Kalimantan Selatan (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Bendungan Tapin dirancang dengan tipe Timbunan Batu Zonal Inti Tegak dan memiliki kapasitas tampung sebesar 70,52 juta meter kubik. Pembangunan Bendungan Tapin dilakukan di Desa Pipitak Jaya, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan.

Bendungan Tapin juga menyediakan air baku untuk wilayah Rantau sebagai Ibu Kota Kabupaten Tapin sebanyak 500 liter per detik, dan mereduksi banjir 107 meter kubik per detik.

Kehadirannya berfungsi sebagai konservasi air, destinasi wisata dikawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) dan potensi listrik untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA) sebesar 3,30 Megawatt (MW).

Kementerian PUPR juga melengkapi bendungan ini dengan jaringan irigasi. Sehingga, air bendungan dapat terserap dan bisa mengalir ke sawah-sawah milik petani.

Baca Juga: Basuki Hadimuljono: Bendungan Margatiga Ditarget Selesai Akhir 2021

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya