Euforia Gajian di India, 133 Orang Tewas Akibat Pesta Miras Oplosan

Kandungan mirasnya adalah gula tebu dan etil alkohol

Assam, IDN Times- Sekurangnya 133 orang meninggal dan lebih dari 200 warga India masuk ke rumah sakit setelah mengkonsumsi minuman keras (miras) oplosan. Insiden itu terjadi di perkebunan teh daerah Assam, negara bagian Timur Laut India.

Dilansir dari The Guardian, Menteri Kesehatan Assam, Himanta Biswa Sarma mengatakan bahwa dia mendengar kabar kematian setiap dua menit. Mereka yang dirawat di rumah sakit masih dalam kondisi kritis.

1. Angka kematian bisa lebih besar lagi

Euforia Gajian di India, 133 Orang Tewas Akibat Pesta Miras OplosanUnsplash/Orkhan Farmanli

Angka kematian dikhawatirkan lebih dari jumlah yang telah dirilis pemerintah.  Sebab, 133 orang yang tercatat adalah mereka yang meninggal di rumah sakit. Belum diketahui berapa jumlah korban yang meninggal di perumahan, mengingat insiden keracunan ini terjadi di distrik Jorhat dan Golaghat, sekitar 300 kilometer dari Ibu Kota Guwahati.

Para dokter dari kota lain telah didatangkan untuk memberi pertolongan cepat kepada pasian yang mengeluh sakit perut, muntah-muntah, bahkan kejang-kejang. Kebanyakan dari korban yang meninggal adalah perempuan dan petani teh yang baru saja menerima gaji.

2. Polisi telah menetapkan tersangka

Euforia Gajian di India, 133 Orang Tewas Akibat Pesta Miras Oplosanwww.unsplash.com

Akibat insiden keracunan massal tersebut, otoritas setempat telah menetapkan 10 tersangka sejak laporan diterima pada Kamis (21/2) . Dilansir dari CNN, para korban diketahui mengkonsumsi alkohol yang tidak memiliki izin resmi, dikenal dengan nama “country-made liquor”. 

“Ini murni kasus keracunan alkohol yang berdampak terhadap para petani teh dan warga sekitar distrik,” ujar petugas kepolisian di Assam, Partha Pratim Saikia.

3. Berikut kandungan mirasnya

Euforia Gajian di India, 133 Orang Tewas Akibat Pesta Miras OplosanIDN Times/Irfan Fathurochman

Berdasarkan laporan setempat, kandungan dalam alkohol beracun tersebut adalah gula tebu dengan etil alkohol. Polisi menyebut penyedia alkohol tersebut sebagai Dharupadi Oran, yang menurut laporan warga adalah seorang perempuan tua berusia 65 tahun.

4. Miras oplosan jadi cara masyarakat untuk berpesta alkohol

Euforia Gajian di India, 133 Orang Tewas Akibat Pesta Miras OplosanFoto hanya ilustrasi. (thenest.com)

Tren mengkonsumsi miras oplosan meningkat di India sejak 2011. Kala itu sekitar 172 orang meninggal akibat keracunan di wilayah Bengal Barat. Masyarakat yang tidak mampu membeli miras berizin cenderung mengkonsumsi miras oplosan yang kandungannya berbahaya.

Di samping itu, bagi para penyedia, bisnis miras oplosan dinilai cukup menjanjikan karena kebutuhan yang tinggi dan tidak dikenai pajak.

Baca Juga: Kamu Belum ke India Kalau Gak Mengunjungi 7 Kota Ini

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya