Comscore Tracker

Sebelum Tutup Usia, Ini Keinginan Terakhir Glenn untuk Musik Indonesia

Selamat jalan Glen! Karyamu tetap abadi menemani

Jakarta, IDN Times- Musisi kondang Tanah Air, Glenn Fredly Deviano Latuihamallo tutup usia pada Rabu (8/4) pukul 18.47 WIB. Persisnya di RS Setia Mitra, Jakarta Selatan, akibat meningitis yang dideritanya sejak sebulan terakhir.

Sebelum meninggal, pelantun lagu Kisah Romantis ini punya angan untuk riset akademis mengenai musik pop di Indonesia. Keinginan itu berawal dari kegelisahan Glenn tentang tingginya peminat musik pop di Indonesia, namun penelitian terkait musik itu sendiri begitu minim.

Demi menunaikan itu, Glenn Fredly Management merangkul Yayasan Rumah Beta serta Pusat Studi Agama dan Demokrasi Paramadina (PUSAD). Namun sayang, angan itu belum sempat diwujudkan.

1. Gairah riset musik pop Indonesia bermula dari obrolan seputar musik di M Bloc Space

Sebelum Tutup Usia, Ini Keinginan Terakhir Glenn untuk Musik IndonesiaDok.IDN Times/Istimewa

Direktur Utama PUSAD, Ihsan Ali Fauzi, menceritakan awal mula ide proyek tersebut muncul. Akhir tahun lalu, Glenn mengajaknya berbincang di M Block mengenai musik Natal bergenre dangdut (album Barry Likumahua) bersama Pendeta Jacky Manuputty dan musikus Idang Rasyidi. Keakraban Ihsan dan Glenn berlanjut hingga awal Januari lalu, ketika keduanya terlibat dalam kampanye Hela Nusa Hitam di M Bloc bersama Abidin Wakano dan Angga Sasongko.

“Sesudah itu, dia mengontak saya untuk menyiapkan workshop riset dan penulisan tentang musik pop di Indonesia, yang saya tanggapi dengan antusias,” kata Ihsan ” kata kepada IDN Times, Rabu (8/4) malam.

2. Rapat mengenai riset musik pop Indonesia masih dilakukan hingga pekan ketiga Februari

Sebelum Tutup Usia, Ini Keinginan Terakhir Glenn untuk Musik IndonesiaDok.IDN Times/Istimewa

Baca Juga: Jadi Sebab Glenn Fredly Meninggal, Ini 7 Penyebab Meningitis

Rapat seputar proyek tersebut masih berlangsung hingga pekan ketiga Februari lalu.

“Itu sebelum dia cuti karena isterinya melahirkan anak mereka,” tambahnya.

Hingga kabar kematiannya didengar oleh Ihsan, belum ada lagi pertemuan bersama Glenn mengenai kelanjutan proyek tersebut. Dari lubuk hati paling dalam, Ia mengaku sangat kehilangan Glenn sebagai sosok inspiratif dan sarat dengan nilai-nilai perjuangan.

“Sedih sekali mendengar kabar Glenn Fredly wafat. Why this wonderful human being? Almarhum banyak membantu kerja-kerja riset dan advokasi perdamaian kami, terutama terkait Ambon dan Maluku. We will miss you, my friend!” tulis Ihsan.

Ketika ditanya soal kelanjutan proyeknya, Ihsan mengatakan “insyaAllah.”

3. Keluarga Glenn meminta tak ada pelayat yang hadir di pemakaman

Sebelum Tutup Usia, Ini Keinginan Terakhir Glenn untuk Musik IndonesiaDok.IDN Times/Istimewa

Kepergian Glenn menjadi pukulan telak bagi Indonesia di tengah situasi pandemik corona. Sejak tadi malam, pihak keluarga mengimbau agar pelayat tidak mengikuti prosesi pemakaman. Sebab, pemerintah sedang menggalakkan kebijakan physical distancing sebagai upaya memutus rantai penyebaran COVID-19.

“Melalui pernyataan tertulis ini, kami pihak keluarga meminta doa dari rekan-rekan musisi, kerabat, teman, dan seluruh masyarakat Indonesia untuk almarhum Glenn Fredly dan memaafkan segala kesalahan yang pernah Beliau lakukan, baik sengaja mau pun tidak disengaja,” kata Mozes Latuihamalo mewakili pihak keluarga.

Baca Juga: Bukan karena Corona, Ini Kata Keluarga soal Penyebab Kematian Glenn

Topic:

  • Yuda Almerio Pratama Lebang

Berita Terkini Lainnya