TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Masjid Madinatul Iman Balikpapan, Serasa di Madinah 

#RamadanMasaKini Bisa sholat tarawih di sini, nih

Masjid Madinatul Iman Balikpapan (IDN Times/ Mela Hapsari)

Balikpapan, IDN Times - Kemegahan dan kemiripan Masjid Madinatul Iman dengan Masjid Nabawi membuatnya dijuluki Madinah van Borneo. Seperti julukannya, Masjid ini memang terinspirasi dari Masjid Nabawi.

Masjid Madinatul Iman ini sekarang menjadi salah satu objek wisata religi populer di Balikpapan. Yuk, kita lihat apa saja yang menarik di masjid ini:

Baca Juga: FOTO: Mengintip Megahnya Masjid Raya Makassar

1. Terinsipirasi Masjid Nabawi di Madinah

IDN Times/ Mela Hapsari

Masjid Madinatul Iman diresmikan tahun 2017. Masjid ini berdiri megah dan indah di Kompleks Balikpapan Islamic Center, Jalan Belibis Raya, Kelurahan Gunung Bahagia, Balikpapan. Desainnya memang terlihat mirip dengan Masjid Nabawi.

Usul arsitektur masjid yang menyerupai Masjid Nabawi berasal dari para ulama di Balikpapan. Kemiripannya terlihat dari 6 buah payung peneduh berwarna putih yang tampak seperti di Masjid Nabawi. Payung-payung ini  menyimbolkan rukun iman. Masjid Madinatul Iman ini juga memiliki 4 menara. Selain itu, di bagian dalam masjid, terdapat mihrab masjid dan mimbar Rasulullah seperti di Madinah. 

2. Jamaah merasa seperti sedang di Masjid Nabawi

IDN Times/ Mela Hapsari

Salah seorang jamaah, Rohani mengatakan, "Memang desain masjid ini mirip dengan Masjid Nabawi," katanya. Rohani yang sudah 4 kali menjalankan ibadah umroh ini sering datang ke masjid ini untuk sholat dan mengaji. Menurutnya, beribadah di masjid ini bisa sedikit mengurangi kerinduannya untuk beribadah di Masjid Nabawi Madinah.

3. Kubah dan payung peneduh sebagai simbol syiar Islam

IDN Times/ Mela Hapsari

Keberadaan kubah masjid dan 6 payung peneduh menjadi simbol syiar Islam sebagai agama pelindung, pencipta kedamaian, dan menjadi rahmatan lil alamin. Meskipun bentuknya mirip, payung teduh di masjid ini tak bisa dibuka tutup seperti di Masjid Nabawi.

Pada masjid juga terdapat menara yang digunakan untuk mengamati hilal yang menentukan awal Ramadan dan hari Lebaran.

Baca Juga: Belajar Toleransi, Ini 7 Objek Wisata Religi Terpopuler di Kota Medan

Berita Terkini Lainnya