3 Fakta Ketua KPU Balikpapan Positif COVID-19, Sempat Cek Lokasi Debat

Hasil swab baru keluar pada Sabtu sore kemarin

Balikpapan, IDN Times - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan, Noor Thoha diketahui positif COVID-19. Hal ini disampaikan Komisioner KPU Balikpapan Syahrul Karim, Sabtu (24/10/2020) kemarin. 

"Salah satu anggota KPU, beliau juga Ketua KPU Noor Thoha terkonfirmasi positif COVID-19,” ujarnya. 

Imbas dari kabar itu, debat publik perdana untuk Pilkada Balikpapan terpaksa ditunda. 

“Tepatnya pukul 19.00 Wita kami nyatakan pelaksanaan debat publik ditunda sampai waktu yang belum ditentukan," ujarnya. 

1. Sempat mengunjungi lokasi debat publik

3 Fakta Ketua KPU Balikpapan Positif COVID-19, Sempat Cek Lokasi DebatSusana ruangan debat publik setelah dinyatakan ditunda akibat Ketua KPU Balikpapan dinyatakan positif COVID-19, Sabtu (25/10/2020). IDN Times/Hilmansyah)

Belakangan diketahui, Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha sempat meninjau langsung lokasi Debat Publik Pilkada Balikpapan 2020 yang akan diikuti Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota, pasangan Rahmad Mas'ud dan Thohari Azis.

Pasangan ini rencananya akan menghadapi 5 panelis. Saat mengunjungi lokasi debat di Hotel Tjokro, hasil pemeriksaan swab Noor Thoha belum keluar.  

“Beliau hari ini tadi sore sempat ke sini, dan di lokasi ini beberapa jam untuk melakukan monitoring persiapan pelaksanaan debat,” ujar Syahrul.

Baca Juga: Ketua KPU Balikpapan Positif COVID-19, Debat Pilkada Terpaksa Ditunda 

2. Baru mengetahui hasil swab pukul 18.30 Wita

3 Fakta Ketua KPU Balikpapan Positif COVID-19, Sempat Cek Lokasi DebatIDN Times / Hilmansyah

Hasil swab terkonfirmasi positif COVID-19 Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha keluar sekitar pukul 18.30 Wita pada Sabtu kemarin. Hasil pemeriksaan tersebut disampaikan langsung oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Setelah mendapatkan kabar dirinya positif COVID-19, Noor Thoha langsung meninggalkan lokasi debat.

“Maka sesuai dengan aturan yang ada di Peraturan KPU 13 Tahun 2020 kemudian di Juknis 465 tentang kampanye terutama untuk debat di sana adalah wajib mengikuti protokol COVID-19, yang berlaku di daerah setempat. Selain itu setelah berkonsultasi dengan Pak Wali Kota selaku ketua tim gugus tugas maka disarankan untuk dilakukan penundaan,” jelasnya.

Karena kejadian ini sesuai saran Gugus Tugas, KPU Kota Balikpapan bersama Bawaslu dan paslon pun sepakat untuk menunda Debat Publik Pilkada Serentak 2020 ini.

“Nanti kami akan beri tahu setelah kami rapat dengan paslon dan Bawaslu terkait dengan kegiatan (debat),” ujarnya.

3. Seyogyanya, 4 tema ini yang akan dibahas di debat perdana

3 Fakta Ketua KPU Balikpapan Positif COVID-19, Sempat Cek Lokasi DebatIDN Times / Hilmansyah

Sebelumnya, KPU Balikpapan merencanakan pelaksanaan debat publik dilakukan sebanyak 2 kali, dimana yang kedua akan dilakukan di awal bulan November 2020 mendatang.

“Untuk debat pertama ini akan dilaksanakan Sabtu (24/10/2020) dengan mengambil tema ekonomi, tata ruang kota, lingkungan dan penanggulangan COVID-19,”jelas Noor Thoha beberapa waktu lalu. 

Dalam debat,  KPU Balikpapan telah menyiapkan sebanyak orang 4 orang panelis masing-masing Prof DR Hj Ratna Kusuam, MSi sebagai akademisi , Ir Benny Danio, IAI, DR Hj Rahmawati, SE, MM, JPS, dan DR Bernaulus Saragih, MSc,THD.

“Mereka ini dari kalangan akademisi ada yang merupakan pakar ekonomi, tata kota, lingkungan dan lainnya,” papar Thoha.

Mereka, lanjut Thoha akan mengupas visi, misi dan program dari pasangan calon yang telah disampaikan ke KPU Balikpapan.  

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times

Baca Juga: Nah! Ada 4 Panelis untuk Bedah Visi Misi Calon Tunggal di Balikpapan

Topik:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya