10 Pasien Positif, Penajam Masuk Zona Kuning COVID-19

Angka kesembuhan capai 95 persen

Penajam, IDN Times - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), dr. Jansje Grace Makisurat mengatakan, saat ini status kasus COVID-19 di Kabupaten PPU berada di zona kuning.

“Status wilayah kita berada di zona kuning belum hijau karena masih ada kasus pasien berstatus positif, walaupun di tingkat kecamatan seluruhnya sudah hijau pada tingkat kabupaten sendiri,” ujar Grace yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) PPU ini kepada IDN Times, Kamis (27/5/2021) di Penajam. 

1. Satu pasien menjalani perawatan medis dan sembilan lainnya karantina mandiri

10 Pasien Positif, Penajam Masuk Zona Kuning COVID-19Kantor Dinas Kesehatan PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Ia menjelaskan, indikator suatu wilayah dinyatakan zona hijau apabila wilayah itu sudah zero (nol) pasien berstatus positif COVID-19. Sementara di PPU masih ada 10 pasien masih berstatus positif, dimana satu orang masih jalani perawatan medis di rumah sakit dan sembilan lainnya melaksanakan isolasi atau karantina mandiri.

"Saat ini ada 10 orang pasien masih berstatus terkonfirmasi positif COVID-19, sehingga posisi kita masih di zona kuning," kata Grace.

Tetapi, tambahnya secara kumulatif kabupaten, seluruh kecamatan di PPU masuk zona hijau, meskipun tingkat provinsi dinyatakan masih kuning dengan indikator 1 hingga 25 kasus pasien masih berstatus positif.

"Kalau kecamatan semua hijau, dimana kumulatif kabupaten kita ada kecamatan. Indikatornya diambil dari kabupaten," terang Grace.

Baca Juga: Usai Lebaran, Wilayah Penajam Paser Utara Masuk Zona Hijau COVID-19

2. Kasus COVID-19 di PPU kini landai

10 Pasien Positif, Penajam Masuk Zona Kuning COVID-19Mural pandemik COVID-19. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Menurutnya, saat ini kondisi perkembangan kasus COVID-19 di wilayah PPU bisa dikatakan landai, tidak ada kasus yang menonjol.

"Saat ini jumlah angka kesembuhan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di PPU mencapai 95 persen atau keseluruhan pasien selesai isolasi atau sembuh mencapai 1.196 kasus pasien dengan total kasus konfirmasi positif sebanyak 1.258 orang," bebernya.

3. Guru dan purnawiran melaksanakan vaksinasi di puskesmas

10 Pasien Positif, Penajam Masuk Zona Kuning COVID-19Seorang nakes perawat di PPU yang kelelahan setelah memberikan pelayanan kepada positif COVID-19 (IDN Times/Ervan)

Untuk diketahui, tambahnya, baru-baru lalu, pihaknya telah melaksanakan vaksinasi bagi guru, purnawirawan dan keluarga TNI di puskesmas-puskesmas di Penajam. Kegiatan vaksinasi COVID-19 berjalan dengan baik tanpa kendala. 

"Untuk kegiatan vaksinasi sebelumnya telah dilakukan dua kali atau dua dosis. Dimana per 23 Mei 2021 ini vaksin untuk lansia pada dosis pertama mencapai 7,66 persen dan dosis kedua 6,33 persen, sedangkan untuk pelayanan publik di dosis pertama mencapai 51,55 persen dan dosis kedua 44,7 persen," urainya.

4. Tidak ada penambahan kasus konfirmasi, meninggal, atau sembuh hari ini

10 Pasien Positif, Penajam Masuk Zona Kuning COVID-19Seorang nakes di Puskesmas Penajam divaksinasi COVID-19 pertama oleh petugas vaksinator (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Sementara untuk update kasus sementara konfirmasi positif COVID-19 Per Kamis hari ini tidak ada penambahan kasus konfirmasi, sembuh, maupun meninggal dunia.

Jadi jumlah kasus masih sama dengan kemarin, dimana total kasus konfirmasi positif sejak 22 Maret 2020 sebanyak 1.258 kasus, pasien sembuh 1.196, masih berstatus positif 10 orang dan meninggal dunia tetap sebanyak 52 orang positif. 

"Hari ini hanya ada satu penambahan kasus suspek COVID-19,  sedangkan kasus positif ataupun pasien terkonfirmasi positif dinyatakan seleksi isolasi atau sembuh tidak ada penambahan per hari ini," pungkasnya 

Baca Juga: Zona Hijau, Penajam akan Gelar Proses Belajar Tatap Muka Bulan Juli  

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya