11 Pasien Terkonfirmasi Positif COVID-19 di PPU Dinyatakan Sembuh

Total ada 62 kasus sembuh hingga kini

Penajam, IDN Times – Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Penajam Paser Utara (PPU), dr. Arnold Wayong, menyampaikan kabar gembira bagi masyarakat PPU karena hari ini terdapat 11 orang pasien konfirmasi positif COVID-19 yang dinyatakan sembuh

“Ada sebanyak pasien positif yang hari ini dinyatakan sembuh dimana dari uji sampel swab masing-masing pasien  di UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), menujukan hasil negatif COVID-19,” ujar Arnold kepada IDN Times, Rabu (16/9/2020) di Penajam.

1. Para pasien yang sembuh ini adalah pasien Tanpa Gejala (OTG) atau sekarang disebut asimtomatik

11 Pasien Terkonfirmasi Positif COVID-19 di PPU Dinyatakan SembuhDirektur RSUD PPU, dr Grace Makisurat serahkan surat sehat ke pasien sembuh COVID-19 (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Adapun kesebelas pasien sembuh tersebut, bebernya, yakni, PPU 37, PPU 53,PPU 58, PPU 60, PPU 64, PPU 70, PPU 72, PPU 80, 81 dan PPU 82. Para pasien yang sembuh ini adalah Orang Tanpa Gejala atau sekarang disebut asimtomatik.

“Semua pasien ini tanpa gejala rata-rata melakukan isolasi karantina mandiri di rumah masing- masing yang telah memiliki ruangan isolasi, dibawah pengawasan petugas surveilans namun bagi pasien tidak memiliki tempat di isolasi di RSUD Ratu Aji Putri Botung (RAPB) PPU dan RS lainnya. Para pasien sembuh tersebut enam orang dari Kecamatan Penajam, dua Kecamatan Waru dan tiga Kecamatan Sepaku," katanya. 

2. Pasien sembuh diantaranya perawat, guru, ASN dan dari klaster keluarga

11 Pasien Terkonfirmasi Positif COVID-19 di PPU Dinyatakan SembuhJubir COVID-19 PPU, dr. Arnold Wayung didampingi Direktur RSUD RAPB dr Jansje Grace Makisurat dan pasien sembuh PPU 20 (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Untuk diketahui, tambahnya, pasien sembuh PPU 53 ini dirawat di RSUD PPU.  Ia juga sedang menjalani perawatan akibat kecelakaan patah tulang. Kemudian PPU 57, PPU 58, PPU 72 serta PPU 83 dari klater keluarga.

“Sementara untuk PPU 60 pasien sembuh dan merupakan guru di salah satu SMPN Kecamatan Waru dan dirawat di RSUD PPU. Kemudian PPU 81 adalah pasien sembuh berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) berdinas di Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) PPU,” bebernya.

3. Selain 11 pasien dinyatakan sembuh, Selasa sore kemarin, ada tambahan satu kasus konfirmasi COVID-19

11 Pasien Terkonfirmasi Positif COVID-19 di PPU Dinyatakan SembuhInfografis COVID-19 PPU (Dok.Satgas COVID-19 PPU)

Selain terdapat 11 pasien konfirmasi positif dinyatakan sembuh, lanjutnya, pada Selasa (15/9/2020) sore kemarin, PPU mendapatkan tambahan satu kasus konfirmasi COVID-19 berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan Kaltim. Pasien konfirmasi tambahan baru itu diberi kode PPU 97.

“PPU 97 merupakan pasien perempuan berusia 25 tahun sesuai KTP alamatnya di Desa Semoi II, Kecamatan Sepaku, namun selama ini tinggal dan bekerja di Kota Balikpapan, sehingga kasusnya masuk PPU,” urai Arnold.

Dibeberkannya, dengan sembuhnya 11 pasien dan bertambah satu kasus konfirmasi positif COVID-19 maka hingga hari ini kasus terkonfirmasi positif COVID-19  total sebanyak 97 kasus dengan perincian 62 sembuh, 31 dalam perawatan dan empat meninggal swab positif.

“Sementara total kasus suspek COVID-19 hari ini terdata mencapai 1001 Kasus, dimana 96 kasus melakukan isolasi mandiri, tujuh kasus meninggal dengan komorbid swab negatif dan sisanya dirawat di RSUD PPU. Sedangkan kasus probable  total sebanyak 188 kasus dan kasus discarded mencapai 659 kasus,” pungkasnya.

Topik:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya