3 Anggota Keluarga Tertular COVID-19 dari Seorang Guru SMP di PPU

Guru tersebut kepala keluarga dari ketiga pasien baru

Penajam, IDN Times – Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), dr. Arnold Wayong mengatakan, ada penambahan enam pasien positif corona di wilayahnya. Tambahan kasus itu berdasarkan hasil pemeriksaan swab pada Sabtu-Minggu, 5-6 September 2020.

“Penambahan pasien positif COVID-19 baru berdasarkan hasil uji sampel swab yang dilakukan di UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah Kaltim,” ujar Arnold kepada IDN Times, Senin (7/9/2020) di Penajam.

1. Tiga pasien positif baru masih satu keluarga

3 Anggota Keluarga Tertular COVID-19 dari Seorang Guru SMP di PPUJubir Satgas COVID-19 PPU, dr Arnold Wayong ketika menyampaikan siaran persnya di tengah (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Arnold mengatakan, tiga dari empat pasien yang terkonfimrasi positif pada Sabtu lalu, masih satu keluarga. Ketiganya berkode PPU 85 perempuan (38), PPU 86 laki-laki (20) dan PPU 87, berdomisili di Desa Sesulu, Kecamatan Waru. Pasien keempat berkode PPU 88 laki-laki (34) berdomisili di Desa Girimukti, Kecamatan Penajam.

“Ketiga pasien ini terpapar COVID-19 karena kontak erat dengan kepala keluarga mereka yakni PPU 63 seorang guru ASN salah satu SMPN di Waru yang masih diisolasi di RSUD Ratu Aji Putri Botung (RAPB) PPU,” ungkap Arnold.

Keempat pasien positif disebutkan tanpa gejala sehingga melakukan isolasi mandiri di tempat masing-masing.

2. Dua pasien positif tambahan diketahui pada Minggu kemarin

3 Anggota Keluarga Tertular COVID-19 dari Seorang Guru SMP di PPUInfografis COVID-19 PPU (Dok.Satgas COVID-19 PPU)

Arnold menuturkan, pada Minggu kemarin pihaknya kembali mendapatkan informasi dari Dinas Kesehatan Kaltim terkait dua pasien baru. Keduanya berkode masing-masing PPU 89 seorang perempuan usia 37 tahun, dari Kelurahan Penajam, Kecamatan Penajam dan PPU 90 juga berjenis kelamin perempuan, beralamat di Kelurahan Maridan, Kecamatan Sepaku.

“Selain penambahan enam pasien konfirmasi positif COVID-19 tanpa gejala dan melakukan isolasi karantina mandiri tersebut, pada Minggu kemarin kita juga mendapat kabar penambahan pasien positif yang dinyatakan sembuh dari Dinkes Kaltim,” ujarnya.

Baca Juga: Tenaga Kesehatan di PPU Kaltim Belum Terima Insentif COVID-19

3. Kabar baiknya, ada 4 pasien yang dinyatakan sembuh

3 Anggota Keluarga Tertular COVID-19 dari Seorang Guru SMP di PPUDirektur RSUD PPU, dr. Grace dan Kepala Dinkes dr Arnold serahkan surat sehat pada pasien sembuh beberapa waktu lalu (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Selain penambahan enam pasien baru, Arnold juga mengumumkan jumlah kesembuhan pasien. Kata Arnold, ada empat pasien yang berhasil sembuh dari virus corona. Mereka masing-masing berkode PPU 32 perempuan (58) warga BTN KM 4 Nenang, merupakan ibu mertua dari PPU 25, seorang perawat yang sebelumnya positif dan telah dinyatakan sembuh. Kemudian PPU 40, perempuan (36) tinggal di Desa Babulu Laut, Kecamatan Babulu. Lalu PPU 45, laki-laki (60), beralamat di Desa Tenging Baru, Kecamatan Sepaku, dan terakhir PPU 64, seorang laki-laki (50) berdomisili di Desa Sidorejo, Kecamatan Penajam.

“Saat ini jumlah total kasus konfirmasi menjadi 90 kasus dengan perincian 42 pasien positif dinyatakan sembuh, 44 kasus Konfirmasi swab positif dalam perawatan dan empat kasus pasien positif meninggal. Lalu Jumlah kasus suspek total 854, dimana 203 pasien diantaranya melakukan isolasi mandiri serta tujuh meninggal dengan komorbid. Sedangkan kasus probable total mencapai 190 kasus dan discarded COVID-19 mencapai 374 kasus,” tutupnya.

Baca Juga: Nakes COVID-19 Kelelahan, RSUD PPU Butuhkan Tambahan Perawat dan Bidan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya