5.062 SR Terpasang, Warga 11 Wilayah di PPU Segera Nikmatin Jargas

Target 24 November 2020 seluruh instalasi Jargas terpasang

Penajam, IDN Times – Warga 11 Wilayah desa dan kelurahan di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), segera menikmati fasilitas gas rumah tangga dari jaringan gas (Jargas). Pasalnya, 5.062 sambungan rumah (SR) telah rampung terkoneksi jaringan tersebut.

Adapun 11 Kelurahan dan Desa tersebut, yakni Kelurahan Lawe-lawe, Kelrurahan Girimukti, Kelurahan Waru, Kelurahan Petung, Desa  Giripurwa dan Desa Sidorejo.

“Pembangunan Jargas rumah tangga di 11 wilayah desa dan kelurahan tahun ini merupakan pelaksanaan Gas-In Sektor 6 Jargas dan telah terpasang untuk 5.052 SR dimana di Kelurahan Sungai Parit,” kata Asisten II, Ahmad Usman, Rabu (4/11/2020) kepada awak media disela-sela peresmian stasiun gas RS-06 sebagai tanda berfungsinya Jargas  di kelurahan Sungai Parit.

1. Jargas Lima kelurahan di kecamatan Penajam telah berfungsi lebih dahulu

5.062 SR Terpasang, Warga 11 Wilayah di PPU Segera Nikmatin JargasUji coba Jargas di rumah warga disaksikan Wabup PPU, Hamdam dan pejabat lainnya (IDN Times/Istimewa)

Dibeberkannya, sebelumnya ada lima kelurahan di kecamatan Penajam yang Jargasnya telah berfungsi  lebih dahulu, masing-masing Kelurahan Penajam, Kelurahan Gunung Seteleng, Kelurahan Nenang, Kelurahan Sungai Parit dan Nipah-nipah.

“Kemudian pada 2020 ini jumlah Jargas yang akan berfungsi menjadi 11 Kelurahan dan Desa  masing-masing Kelurahan Lawe-lawe, Kelrurahan Girimukti, Kelurahan Waru, Kelurahan Petung, Desa  Giripurwa dan Desa Sidorejo. Total keseluruhan Jargas kita di PPU hingga 2020 ini adalah sebanyak 9.322 SR,” jelasnya.

Ia menegaskan, ditargetkan 24  November 2020 depan, seluruh instalasi Jargas yang telah terpasang hingga Kelurahan Waru sudah dapat difungsikan.

Baca Juga: Kajari PPU Warning Desa untuk Tidak Salah Gunakan Anggaran

2. Ini komitmen pemerintah pusat prioritaskan daerah penghasil migas

5.062 SR Terpasang, Warga 11 Wilayah di PPU Segera Nikmatin Jargasilustrasi petugas lakukan pengecekan alat gardu induk Jargas (IDN Times/istimewa)

Sementara itu, Wakil Bupati PPU, Hamdam usai melakukan pengguntingan pita mengatakan, Pemkab PPU patut bersyukur karena masyarakatnya dapat menikmati sambungan Jargas. Dan ini merupakan komitmen pemerintah pusat melalui Kementerian ESDM yang diprioritaskan bagi daerah penghasil migas termasuk Kabupaten PPU.

“Kami berharap secara bertahap kedepan seluruh masyarakat PPU bisa menikmati pelayanan Jargas ini. Yang penting masyarakat juga bisa bersabar dan bersama-sama menjaga keamanan serta memberikan dukungan kepada seluruh tim di lapangan,” tukasnya.

Menurutnya, Jargas ini merupakan salah satu langkah strategis pemerintah untuk menggantikan penggunaan minyak bumi, salah satunya dengan meningkatkan penggunaan bahan bakar gas bumi untuk sektor rumah tangga dan pelanggan kecil. Pembangunan jaringan distribusi gas untuk rumah tangga merupakan salah satu program prioritas nasional.

3. Jargas untuk diversifikasi energi, pengurangan subsidi serta program komplementer konversi minyak tanah ke LPG

5.062 SR Terpasang, Warga 11 Wilayah di PPU Segera Nikmatin JargasKompor masyarakat yang menggunakan Jargas setelah di konversi (IDN Times/Ervan Masbanjar)

“Jargas ini bertujuan untuk diversifikasi energi, pengurangan subsidi, penyediaan energi bersih dan murah serta program komplementer konversi minyak tanah ke Liquefied Petroleum Gas (LPG) sebagai bentuk percepatan pengurangan penggunaan minyak bumi. Untuk itu melalui program ini diharapkan masyarakat mendapatkan bahan bakar yang lebih bersih, aman, dan murah,” tutupnya.

Pada kesempatan tersebut, Wabup menyampaikan  ucapan terima kasih kepada pemerintah pusat khususnya Kementerian ESDM, yang telah menyediakan infrastruktur Jargas bumi rumah tangga secara gratis kepada masyarakat PPU sebagai salah satu daerah penghasil gas di wilayah Kalimantan Timur  (Kaltim),” tutup Hamdam.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri perwakilan Dirjen Migas Kementerian ESDM RI, Yunando dan masyarakat Kelurahan Sungai Parit.

Baca Juga: 8 Fakta Penajam Paser Utara, Ibu Kota Baru Indonesia

Topik:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya