Antisipasi COVID-19, Diskes PPU segera Rapid Test Petugas Puskesmas

Masyarakat tidak perlu waswas berobat ke puskesmas

Penajam, IDN Times –Guna mengantisipasi puskesmas terpapar virus corona atau COVID-19, Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) segera menggelar rapid test kepada semua pegawai dan tenaga medis puskesmas di PPU. 

“Semua petugas di puskesmas akan jalani rapid test,” ujar Kepala Diskes PPU, dr. Arnold Wayong kepada IDN Times, Jumat (1/5) di Penajam.

1. Semua pegawai puskesmas wajib memakai masker saat melayani warga

Antisipasi COVID-19, Diskes PPU segera Rapid Test Petugas PuskesmasIlustrasi rapid test (IDN Times/Nofika Dian Nugroho)

Selain itu, terangnya, sekarang semua pegawai puskesmas saat melayani warga wajib menggunakan masker atau alat pelindung diri (APD) sederhana. Jadi mereka sudah ada tindakan preventif atau pencegahan. 

"Jaga diri dan jaga sesama demi mencegah penularan virus corona," katanya. 

2. Sampai saat ini belum ada pegawai puskesmas di PPU dinyatakan positif virus corona

Antisipasi COVID-19, Diskes PPU segera Rapid Test Petugas PuskesmasPuskesmas Babulu, PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Diungkapkannya, sampai saat ini belum ada pegawai puskesmas di PPU reaktif virus corona usai jalani rapid test. Maupun orang tanpa gejala (OTG), orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP). Meski demikian, untuk menentukan status puskesmas siaga tergantung dari hasil rapid test nanti.

“Kami imbau masyarakat tidak perlu khawatir berobat ke puskesmas jika sakit, karena pegawainya sudah sangat protektif terhadap virus corona tersebut,” tegas Arnold.

3. Masyarakat harus jujur ketika berobat ke puskesmas demi menghindari virus corona

Antisipasi COVID-19, Diskes PPU segera Rapid Test Petugas Puskesmasdr. Arnold Wayong (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Dia menambahkan, masyarakat harus jujur ketika berobat di puskesmas atau RSUD Ratu Aji Putri Butong (RAPB) PPU atau RS lainnya terkait riwayat bepergian dan penyakit yang dimiliki. Termasuk urusan pernah kontak dengan pasien positif COVID-19 atau tidak. 

Diakuinya, Puskesmas Babulu merupakan pelayanan terdekat dari wilayah Puskesmas Long Ikis yang sebanyak 34 tenaga medisnya reaktif COVID-19 hasil dari rapid test, sehingga puskesmas tersebut resmi ditutup sementara.

"Oleh karena itu, perlu dilakukan pengetatan pemeriksaan terhadap orang yang masuk ke PPU melalui Desa Rintik, Kecamatan Babulu, guna menghindari pembawa virus corona," pungkasnya. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya