Banjir Landa Dua Kelurahan di Penajam Paser Utara

Tim gabungan evakuasi warga terdampak

Penajam, IDN Times – Banjir melanda Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara sejak Senin (27/4) pukul 18.30 Wita hingga Selasa (28/4) pukul 00.30 Wita. Hujan deras yang berakibat banjir ini terjadi di Kelurahan Nenang dan Kelurahan Lawelawe.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) PPU, Nurlaila mengungkapkan, “Penyebab terjadinya banjir ini selain disebabkan curah hujan yang tinggi dan durasi yang lama juga disebabkan adanya air pasang laut, sehingga aliran air dari drainase tidak bisa keluar dan meluap ke pemukiman warga,” jelas Nurlaila kepada IDN Times, Selasa (28/4).

1. Banjir genangi rumah 95 KK dengan 281 jiwa

Banjir Landa Dua Kelurahan di Penajam Paser UtaraPetugas mengevakuasi warga terdampak banjir di Penajam Paser Utara (Dok.BPBD PPU)

Nurlaila menjelaskan korban terdampak banjir ini sebanyak 95 Kepala Keluarga (KK) dengan 281 jiwa.

Korban terdampak banjir berasal dari RT 4 dihuni 44 KK dengan 152 jiwa di Kelurahan Nenang. Kemudian di Kelurahan Lawe-Lawe pada RT 01 terdapat 14 KK dengan 46 jiwa, sedangkan di RT 05 sejumlah 37 KK dengan 129 Jiwa.

Baca Juga: Aktivitas Longsor Bawah Laut, Teluk Balikpapan Rentan Dihantam Tsunami

2. Ketinggian air mencapai sekitar 90 cm

Banjir Landa Dua Kelurahan di Penajam Paser UtaraPetugas mengevakuasi warga terdampak banjir di Penajam Paser Utara (Dok.BPBD PPU)

Diungkapkannya, untuk Tinggi Muka Air (TMA) di Kelurahan Lawe-Lawe RT 01 dan RT 05 rata rata di dalam rumah mencapai 40-50 cm dan di halaman atau di bawah lantai rumah rata rata kurang lebih 90 cm.

Sementara di Kelurahan Nenang rata rata di dalam rumah kurang lebih 20 cm dan rata rata di jalur masuk perumahan dan di halaman kurang lebih 90 cm.

Ia menuturkan, upaya pihaknya dibantu TNI, POLRI, PMI Kabupaten PPU serta masyarakat melakukan evakuasi warga yang terdampak banjir ke lokasi yang lebih aman.

“Hingga hari ini pukul 08.30 Wita, upaya evakuasi terhadap korban terus kami lakukan dengan mengerahkan sejumlah personel gabungan menggunakan perahu evakuasi, selain terhadap korban kita juga mengevakuasi barang barang milik warga yang terendam air,” ujarnya.

3. Petugas memasang tali penyeberangan untuk mengevakuasi warga

Banjir Landa Dua Kelurahan di Penajam Paser UtaraBanjir melanda 2 kelurahan di Penajam Paser Utara (Dok.BPBD PPU)

Sementara itu, lanjutnya, tim gabungan juga memasang tali penyeberangan lintasan jembatan sungai yang airnya meluap menutup jembatan dengan arus cukup deras, untuk mengevakuasi warga di RT 05 di Kelurahan Lawe-Lawe.

“Kita berharap air segera surut agar warga dapat kembali ke rumahnya masing-masing. Sedangkan tim gabungan terus mewaspadai datangnya hujan susulan saat air laut pasang,” pungkasnya.

Baca Juga: Satu PDP Warga Penajam Paser Utara Meninggal Dunia di Samboja

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya