Bantu Korban Bencana, 16 Relawan PMI PPU Menuju ke Kalimantan Selatan

Sumbangan untuk Kalsel dan Sulbar terkumpul Rp331 juta

Penajam, IDN Times - Relawan gabungan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) untuk bencana alam di provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Sulawesi Barat (Sulbar) yang tergabung dalam Posko Bersama Bantuan Kemanusiaan Bencana hingga Rabu (20/1/2021) berhasil menggalang donasi sumbangan masyarakat sejumlah lebih dari Rp331 juta.

“Para relawan dari unsur Pemerintah Kabupaten PPU, TNI, POLRI, Palang Merah Indonesia (PMI), Pramuka maupun organisasi masyarakat lainnya Rabu kemarin telah mampu mengumpulkan donasi berupa uang tunai sebesar Rp331 juta lebih dalam lima hari terakhir ini,” ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) PPU, Nurlaila, kepada IDN Times, Kamis (21/1/2021) di Penajam.

1. Donasi berbentuk uang tunai dan kebutuhan pokok

Bantu Korban Bencana, 16 Relawan PMI PPU Menuju ke Kalimantan SelatanSumbangan uang tunai dan barang dari salah satu sekolah di PPU diterima anggota Posko bersama bantuan kemanusiaan PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Dibeberkannya, donasi uang tunai terbesar berasal dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kabupaten PPU sejumlah Rp200 juta serta sumbangan masyarakat yang diberikan langsung kepada Posko bersama sebesar Rp6 juta lebih.

“Selain sumbangan dari Korpri PPU dan masyarakat secara langsung, donasi juga diberikan oleh beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkungan Pemkab PPU, sejumlah sekolah hingga organisasi masyarakat lainnya. Kegiatan ini masih berlanjut hingga 30 Januari 2021 depan untuk menerima sumbangan dari masyarakat, sebelum dikirimkan ke korban di Kalsel dan Sulbar,” sebut Nurlaila.

Selain sumbangan berupa dana tunai, lanjutnya, sejumlah donatur juga menyumbangkan beberapa kebutuhan lainnya seperti, pakaian layak pakai sebanyak 294 koli, mie instan 166 dus, susu bayi empat dus, beras sebanyak 915 kilogram, popok sekali pakai untuk bayi 17 paket, susu kaleng 97 kaleng, air mineral 20 dus, sarden tiga dus, peralatan mandi 71 paket dan minyak kayu putih 46 buah.

Baca Juga: Longsor, Dua Desa di Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalsel Terisolir

2. PMI PPU salurkan bantuan kebutuhan untuk korban banjir di Kalsel

Bantu Korban Bencana, 16 Relawan PMI PPU Menuju ke Kalimantan SelatanPaket bantuan berupa barang yang berhasil dikumpulkan relawan PMI dari masyarakat untuk korban bencana Kalsel (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Terpisah Ketua PMI Kabupaten PPU, H. Hamdam didampingi  pengurus PMI bidang Informasi dan Komunikasi, Abdul Cholik, mengatakan, pihaknya juga segera mendistribusikan sejumlah bantuan untuk korban banjir di Kalsel.

“Barang kebutuhan untuk para korban bencana banjir di Kalsel tersebut sumber dananya berasal dari sumbangan masyarakat yang digalang oleh seluruh relawan serta anggaran dari PMI PPU, jenis barang itu antara lain paket hygiene kit, minyak kayu putih, puluhan jenis kebutuhan bayi, susu, matras dan lain-lain,” urainya.

Rencananya hari Kamis ini, sejumlah barang sumbangan tersebut akan dibawa langsung ke lokasi bencana di Kalsel oleh relawan PMI PPU dan relawan PMI Provinsi Kaltim.

3. Sebanyak 16 relawan PMI PPU dikerahkan bantu korban bencana di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalsel

Bantu Korban Bencana, 16 Relawan PMI PPU Menuju ke Kalimantan SelatanSejumlah Relawan PMI PPU melakukan doa bersama sebelum melaksanakan tugas kemanusiaan (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Untuk diketahui, tambahnya, PMI PPU mengerahkan sedikitnya 16 orang relawan untuk membantu korban bencana di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HST), Kalsel. Terdiri dari satu pengurus kabupaten, satu staf markas, relawan dari kecamatan Sepaku, Waru dan Babulu masing-masing tiga orang dan Kecamatan Penajam lima orang.

“Kami akan melaksanakan tugas kemanusiaan di Kabupaten HST, rencananya diberangkatkan hari ini dan bertugas hingga Minggu (24/1/2021) depan," kata Hamdam.

Ia menambahkan relawan akan membantu untuk mendistribusikan barang bantuan kepada korban, serta melakukan trauma healing kepada para korban bencana, dan membantu dapur umum.

"Posko kami dirikan di PemkabHST untuk memudahkan koordinasi dengan pemerintah setempat,” pungkasnya.

Baca Juga: Banjir Kalsel, Tiga Wilayah Rawan Terjadi Banjir Susulan

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya