Bertambah 5 Kasus Positif COVID-19 dan 5 Sembuh di Penajam Paser Utara

Sebanyak 110 pasien positif sembuh

Penajam, IDN Times - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Arnold Wayong mengungkapkan pada hari Sabtu (17/10/2020) dan Minggu (18/10/2020) kemarin kasus COVID-19 bertambah lima pasien sembuh dan lima pasien konfirmasi positif.

"Sabtu dan Minggu kemarin, kita mendapatkan informasi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tentang lima pasien yang sembuh, namun ada lima orang juga yang dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19, ujar Arnold kepada IDN Times, Senin (19/10/2020) di Penajam.

1. Tiga pasien dari klaster Ponpes Al-Banjari dinyatakan sembuh

Bertambah 5 Kasus Positif COVID-19 dan 5 Sembuh di Penajam Paser UtaraPonpes Al-Banjari Penajam (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Adapun pasien sembuh pada Sabtu lalu, yakni PPU 92, laki-laki (30) alamat tinggal Kelurahan Petung, Kecamatan Penajam. Juga PPU 113 laki-laki (15) berdomisi di Kelurahan Penajam. Pasien ini merupakan santri dan dari klaster pondok pesantren (Ponpes) Al-Banjari Penajam. Kemudian, PPU 116 perempuan usia 64 tahun, tinggal di desa Babulu Darat, kecamatan Penajam.

"Informasi pasien sembuh kembali kami peroleh dari Dinkes Kaltim pada hari Minggu. Adapun dua pasien tersebut asal Kecamatan Babulu berkode PPU 117, laki-laki (15) berdomisili di desa Babulu Darat dan PPU 118, laki-laki (13) juga tinggal di desa Babulu Darat, kedua merupakan santri dan dari klaster Ponpes Al-Banjari Penajam, sehingga ada tiga santri yang awalnya terkonfirmasi positif COVID-19 dinyatakan sembuh," beber Arnold.

Baca Juga: 619 Warga Penajam Paser Utara Langgar Yustisi Perbup Prokes

2. Satu pasutri asal Sepaku terkonfirmasi positif COVID-19

Bertambah 5 Kasus Positif COVID-19 dan 5 Sembuh di Penajam Paser UtaraJubir Satgas penanganan COVID-19 PPU, dr Arnold Wayong (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Sementara itu, lanjutnya, untuk pasien yang dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 pada Sabtu lalu ada empat pasien. Dua diantaranya berasal dari kecamatan Sepaku, dengan kode PPU 124 laki-laki (49) dan PPU 125 perempuan merupakan pasangan suami istri (pasuntri) berdomisili di Desa Tengin Baru.

Kemudian dua warga asal kecamatan Penajam dengan kode PPU 126 perempuan (32) alamat KTP Kelurahan Penajam, lalu PPU 127 perempuan (24) juga tinggal di Kelurahan Penajam namun beda RT. 

"PPU 124 dan PPU 125 merupakan pasutri mereka harus menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Botung (RAPB) begitu pula dengan PPU 126 dirawat di RSUD di kota Balikpapan, ketiganya memiliki gejala dan harus mendapatkan perawatan medis. Sementara PPU 127 karena tidak bergejala maka melakukan isolasi mandiri di rumahnya," sebut Arnold.

3. Satu warga Girimukti dinyatakan positif COVID-19

Bertambah 5 Kasus Positif COVID-19 dan 5 Sembuh di Penajam Paser UtaraInfografis Gerakan 3M (IDN Times/Ryann Rezza Ardiansyah)

"Pada hari Minggu kemarin, tambahnya, PPU kembali mendapat informasi dari Dinkes Kaltim, yang menyatakan bahwa ada satu warga yang hasil uji swab- nya positif COVID-19. Warga itu diberi kode PPU 128 seorang perempuan usia (25) tinggal di desa Girimukti, Kecamatan Penajam dirawat di RSUD Ratu Aji Putri Botung PPU.

Arnold menjelaskan, dengan adanya lima pasien sembuh dan lima tambahan pasien terkonfirmasi positif, maka total pasien konfirmasi positif COVID-19 PPU berjumlah 128 orang dengan perincian 110 sembuh, delapan isolasi mandiri, empat jalani perawatan di rumah sakit dan enam orang meninggal dengan swab positif.

"Kami kembali menghimbau kepada masyarakat untuk tetap patuh protokol kesehatan, selalu menggunakan masker, menjaga jarak aman, sering cuci tangan menggunakan sabun.Beretika ketika batuk dan bersin, tidak melakukan kegiatan yang mengumpulkan atau menghadirkan banyak orang dan membatasi aktifitas, hal itu agar kita dapat memutus rantai penyebaran COVID-19," pungkasnya.

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: 133 Warga Penajam Paser Utara Jadi Korban Penipuan Investasi Bodong

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya