Comscore Tracker

Besok Bupati PPU Umumkan Kondisi Empat Warganya yang Positif Corona

Informasi diterima sejak pagi hari

Penajam, IDN Times - Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Andi M Ishak, mengatakan ada empat warga Penajam Paser Utara positif virus corona (COVID). Hal itu disampaikan Ishak dalam video konferensi, Senin (6/4). Pasien saat ini dirawat di RSUD Ratu Aji Putri Botung PPU. Semuanya merupakan klaster Ijtima Gowa. 

“Empat pasien positif di PPU diisolasi di RSUD Ratu Aji Putri Botung (RAPB). Sebagian besar mengalami gejala batuk, demam pilek dan punya gambaran pneumonia,” terangnya.

Juru Bicara Pemerintah Kabupaten PPU terkait penanganan COVID-19, dr. Arnold Wayong, melalui sambungan telpon kepada IDN Times Senin (6/4), menerangkan, pihaknya belum mendapatkan informasi resmi dari Provinsi terkait empat warga PPU positif corona.

1. Satgas COVID-19 PPU menunggu informasi resmi dari Satgas Provinsi Kaltim

Besok Bupati PPU Umumkan Kondisi Empat Warganya yang Positif CoronaKantor Dinkes PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Dibeberkannya, sesuai mekanisme, penyampaian resmi ke masyarakat dilakukan setelah ada keterangan resmi dari Provinsi.

"Sebelum-sebelumnya pernah terjadi kekacauan karena pusat dan provinsi belum merilis kabupaten/kota telah mempublikasikannya duluan, sehingga data menjadi bias, sehingga dikeluarkanlah aturan prosedur kapan kita bisa menyampaikan kepada media."

2. Sesuai dengan kesepakatan Gugus Tugas COVID-19 PPU penyampaian pers rilis setiap jam 12.00 WITA

Besok Bupati PPU Umumkan Kondisi Empat Warganya yang Positif CoronaKepala Dinkes PPU, dr. Arnold Wayong (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Untuk diketahui, lanjutnya, sesuai dengan kesepakatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 PPU waktu penyampaian resmi ditetapkan pada pukul 12.00 WITA, sehari setelah pihak provinsi menyampaikan secara resmi.  

"Saya sejak pagi hari memang telah mendapatkan informasi ada empat PDP PPU yang terkonfirmasi positif dari hasil tes swabnya tersebut dari Dinkes Kaltim, tetapi mereka meminta kami untuk tidak mendahului menyampaikan kepada media sebelum mereka mengeluarkan keterangan resmi," jelas Arnold.           

Arnold menegaskan, pihaknya tidak memiliki niat untuk menyembunyikan informasi yang ada, namun sudah ada mekanismenya, maka pihaknya harus tertib dengan aturan yang telah dibuat oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 PPU.

Baca Juga: Hasil Rapid Test Positif, PDP COVID-19 di PPU Jadi 7 Orang

3. Kasus COVID-19 yang dinyatakan positif disampaikan langsung oleh Bupati PPU, siang besok

Besok Bupati PPU Umumkan Kondisi Empat Warganya yang Positif CoronaKantor Bupati Penajam Paser Utara (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Terkait dengan kasus positif COVID-19, kata Arnold, akan disampaikan langsung oleh Bupati Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Mas'ud, Selasa (7/4) besok siang pada pukul 12.00 WITA.

"Jadi saya tegaskan, kami telah diminta agar tidak mendahului pers rilis dari pusat ataupun provinsi, sedangkan sudah ada kesepakatan dari Gugus Tugas Percepatan Penangnan COVID-19 bahwa rilis dilakukan setiap pukul 12.00 wita yang datanya diambil satu hari sebelumnya sehingga data yang disajikan benar-benar valid," jelas dia.

Arnold mengungkapkan, berdasarkan data terbaru per hari Senin (6/4) ini terdapat penambahan lima kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP). Sehingga kini total kasus di PPU berjumlah 149 dengan perincian ODP 73, lalu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tujuh orang termasuk di antara empat orang yang dinyatakan positif tersebut dan 69 ODP yang dinyatakan selesai pemantauan berjumlah 69 orang.

"Saya minta rekan- rekan bersabar terkait keterangan resmi Pemkab PPU disampaikan langsung oleh bapak bupati terkait asal pasien positif corona dan usia serta lainnya sebagaimana prosedur yang berlaku," pungkasnya.

Baca Juga: [BREAKING] 4 Warga PPU Peserta Ijtima Gowa Positif Virus Corona

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya