Cek Fisik Personel Operasi Lilin, Urkes Polres PPU Patroli Kesehatan

Patroli kesehatan secara berkeliling ke Pos Pelayanan Nataru

Penajam, IDN Times - Pada masa liburan Natal dan Tahun Baru 2020 banyak personel aparat keamanan bertugas di berbagai pos pelayanan dan pengamanan. Stamina prima sangat diperlukan oleh pada personel TNI dan Polri yang bertugas.

Kapolres Penajam Paser Utara (PPU), AKBP M. Dharma Nugraha mengatakan, sebagai upaya untuk mendukung terselenggaranya Operasi Lilin Mahakam 2019 dengan lancar, pihaknya telah menginstruksikan Urusan Kesehatan (Urkes) Polres untuk melakukan patroli kesehatan kepada personel yang bertugas di Pos - Pos pelayanan.

"Patroli kesehatan yang dilakukan oleh Urkes Polres PPU dilakukan secara berkeliling ke Pos terpadu dan pelayanan yang didirikan selama pelaksanaan Operasi Lilin Mahakam 2019," ujar Kapolres, kepada IDN Times, Selasa (24/12) disela - sela peninjauan lapangan ke sejumlah pos Operasi lilin tersebut.  

 

1. Para petugas mendapatkan pelayanan pemeriksaan kesehatan

Cek Fisik Personel Operasi Lilin, Urkes Polres PPU Patroli KesehatanPetugas kesehatan dari Urkes Polres PPU saat melakukan pemeriksaan kesehatan kepada petugas jaga Pos terpadu Ops Lilin Mahakam 2019 (IDN Times/ Hmspolresppu)

Dalam patroli kesehatan itu, jelasnya, Urkes Polres PPU memberikan pelayanan berupa pemeriksaan kesehatan yang meliputi pengecekan suhu tubuh, tekanan darah, serta pemberian vitamin bagi personel yang terlibat dalam kegiatan pengamanan.

Pemeriksaan tersebut, lanjutnya, dilakukan kepada semua petugas jaga di pos, tidak hanya anggota Polri saja, namun seluruh petugas pengamanan dari TNI atau dari instansi terkait lain.

Baca Juga: BPS: 49 Persen Anak di Balikpapan Sudah Memiliki Handphone 

2. Agar para personel pengamanan tetap sehat dan prima

Cek Fisik Personel Operasi Lilin, Urkes Polres PPU Patroli KesehatanPetugas kesehatan dari Urkes Polres PPU saat memberikan vitamin dan suplemen kepada komandan jaga Pos terpadu Ops Lilin Mahakam 2019 (IDN Times/ Ervan Masbanjar)

“Ini dimaksudkan untuk menjaga kondisi tubuh para personel pengamanan agar tetap sehat dan prima selama melaksanakan tugasnya,” terang Kapolres.

Dharma melanjutkan, “Dengan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan, harapannya para petugas pengamanan selalu dalam kondisi sehat sehingga bisa melaksanakan tugas secara maksimal selama pengamanan arus mudik dan balik di Kabupaten Blora,” tegasnya.

3. Sebanyak 150 personel dikerahkan untuk mengamankan Nataru

Cek Fisik Personel Operasi Lilin, Urkes Polres PPU Patroli KesehatanPetugas kesehatan dari Urkes Polres PPU saat melakukan pemeriksaan kesehatan kepada anggota polisi di Pos terpadu Ops Lilin Mahakam 2019 (IDN Times/ Hmspolresppu)

“Tahun ini, kami mengerahkan 150 personel yang tersebar di setiap pos pengamanan dan gereja yang ada di wilayah hukum Polres PPU,” bebernya.

Diungkapkannya, untuk dalam pengamanan Nataru, pihaknya mendirikan sebanyak lima pos, terdiri dari satu Pos Terpadu di Pelabuhan Fery Penajam, satu Pos Pelayanan sekitar Pasar Petung Kelurahan Petung, serta tiga Pos Pengamanan di lokasi wisata Pantai Nipah Nipah, Pantai Tanjung Jumlai dan Pantai Corong.

"Saya berharap, sinergi Polri dan instansi lainnya dalam rangka kesiapsiagaan pengamanan jelang Natal dan Tahun Baru 2020 mampu meningkatkan keamanan. Serta memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dengan baik dan profesional," kata Kapolres.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Kental Nuansa Tiongkok, Misa Malam Natal di Gereja Santa Theresia 

Baca Juga: Amankan Ibadah Natal, Polres Penajam Paser Utara Sterilisasi Gereja

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya