Comscore Tracker

Delapan Warga Penajam Paser Utara Dinyatakan Positif COVID-19

Total kesembuhan mencapai 985 kasus

Penajam, IDN Times - Sedikitnya delapan warga di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19.

"Ada tambahan delapan kasus terkonfirmasi positif COVID19 yang datanya masuk per hari ini," kata Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten PPU, Jansje Grace Makisurat kepada IDN Times, Rabu (7/4/2021). 

1. Delapan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 baru hari ini berkode PPU 1.089 sampai dengan PPU 1.096

Delapan Warga Penajam Paser Utara Dinyatakan Positif COVID-19Ilustrasi seorang pasien COVID-19. (ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica)

Dibeberkan, delapan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 baru hari ini berkode PPU 1.089 sampai dengan PPU 1.096, mereka terkonfirmasi setelah diketahui hasil uji sampel swab masing-masing positif. Dengan bertambahnya delapan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 baru tersebut maka kini jumlah keseluruhan pasien terkonfirmasi positif mencapai 1.096 kasus.

Selain pasien terkonfirmasi positif baru tersebut, tambah Grace, hari ini juga terdapat tambahan pasien yang telah selesai isolasi atau dinyatakan sembuh, sehingga kini jumlah total kasus sembuh mencapai 985 kasus dari total kasus keseluruhan sebanyak 1.096 kasus.

"Pasien sembuh atau selesai isolasi tersebut sebagian melaksanakan isolasi mandiri dan sebagian lagi menjalani perawatan medis di rumah sakit," urainya.

Baca Juga: Dua Positif COVID-19 Asal Penajam dan Sepaku PPU Meninggal

2. Kini jumlah pasien yang masih berstatus positif total sejumlah 65 pasien

Delapan Warga Penajam Paser Utara Dinyatakan Positif COVID-19RSUD RAPB PPU hingga kini menjadi lokasi perawatan pasien COVID-19 (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Untuk diketahui, jelas Grace, kini jumlah pasien yang masih berstatus positif total sejumlah 65 pasien karena ada penambahan delapan positif baru dan tiga pasien sembuh. Dari total 65 pasien masih berstatus positif tersebut, terdapat 56 pasien yang melakukan isolasi mandiri dan sembilan positif dirawat di rumah sakit.

Sementara itu, terangnya, untuk jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 per kecamatan, wilayah  Kecamatan Penajam berada di zona oranye dengan jumlah kasus pasien berstatus positif 41 orang, 667 orang selesai isolasi dan  27 orang positif meninggal. Sedangkan di Kecamatan Waru dengan status zona kuning memiliki 12 orang pasien berstatus positif, 113 pasien selesai isolasi dan tiga terkonfirmasi meninggal dunia swab positif.

"Dua wilayah kecamatan di PPU masuk dalam zona hijau yakni Kecamatan Babulu kasus pasien berstatus positif terdapat lima orang, pasien selesai isolasi 76 orang serta positif meninggal dunia enam orang, lalu Sepaku jumlah kasus COVID-19 terdapat tujuh pasien positif, 129 orang positif telah selesai isolasi atau sembuh dan 10 positif meninggal dunia," ungkapnya.

3. Jumlah suspek capai berjumlah 2.593 kasus 17 pasien diantaranya meninggal dengan komorbid swab negatif.

Delapan Warga Penajam Paser Utara Dinyatakan Positif COVID-19Ilustrasi (IDN Times/Surya Aditya)

Dikatakannya, hari ini juga terdapat penambahan delapan suspek COVID-19 sehingga kini jumlah kasus suspek COVID-19 sejak 22 Maret 2020 sampai dengan sekarang berjumlah 2.593 kasus di mana terdapat 17 pasien suspek di antaranya meninggal dengan komorbid swab negatif.

“Untuk suspek yang menjalani isolasi mandiri ataupun dirawat di rumah sakit, karena memiliki riwayat kontak dengan orang terkonfirmasi COVID-19 dalam waktu 14 hari terakhir, namun tidak bergejala,” urainya.

Ia menghimbau, untuk memutus rantai pandemik COVID-19 di PPU masyarakat diminta tetap patuh protokol kesehatan, selalu menggunakan masker, menjaga jarak aman, sering cuci tangan menggunakan sabun, beretika ketika batuk dan bersin.

"Kami juga menghimbau agar masyarakat tidak melakukan kegiatan yang mengumpulkan atau menghadirkan banyak orang serta membatasi aktivitas," pungkasnya.

Baca Juga: Titik Pembangunan IKN di Penajam Masih Dirahasiakan 

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya