Di PPU, Tambah Enam Positif COVID-19, Dua Diantaranya Nakes

Masing-masing Nakes dinas di Puskesmas Petung dan RSUD PPU

Penajam, IDN Times - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), dr. Eka Wardhana, mengungkapkan sejak Kamis (5/11/2020) hingga hari ini Jumat terdapat tambahan enam pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dua diantaranya berprofesi sebagai tenaga kesehatan (Nakes).

"Dari enam pasien positif tersebut terdapat dua orang nakes. Mereka dinyatakan terkonfirmasi setelah hasil uji sampel swab mereka positif COVID-19," ucapnya kepada IDN Times, Jumat (6/11/2020) di Penajam.

1. PPU 139 merupakan staf kantor Pemerintahan Desa Babulu Darat

Di PPU, Tambah Enam Positif COVID-19, Dua Diantaranya NakesPos Pengetatan pelabuhan Fery Penajam salah satu mencegah penyebaran COVID-19 di PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Dibeberkannya, pasien yang terkonfirmasi COVID-19 pada Kamis berjumlah lima orang diberi kode PPU 139 perempuan (27) tinggal di desa Babulu Darat, Kecamatan Babulu merupakan staf kantor Pemerintahan Desa Babulu Darat, lalu PPU 140, perempuan (33) ibu rumah tangga tinggal di  kelurahan Penajam, kecamatan Penajam, pasien adalah PPU 141, perempuan 45 tahun, Perum tinggal di BTN Km 1, kelurahan Penajam.

"Sementara itu untuk dua nakes satu berdinas di Puskesmas Petung, Kecamatan Penajam yang dinyatakan positif yakni PPU 142, perempuan umur, 31 tahun tinggal di Kelurahan Penajam, sedangkan PPU 143, perempuan (35) tinggal di Perum BTN Km 1 Kelurahan Penajam berdinas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Butong (RAPB) PPU. Keduanya berada di Kecamatan Penajam. Enam pasien yang positif pada Kamis kemarin merupakan klaster perorangan dan melakukan isolasi mandiri," urai Eka.

Baca Juga: Waduh! Nama Kasat Resnarkoba PPU Dicatut Penipu, Korban Rugi Rp13 Juta

2. Hari ini tambah satu pasien sembuh berkode PPU 144 dirawat di RSUD PPU

Di PPU, Tambah Enam Positif COVID-19, Dua Diantaranya NakesInfografis COVID-19 PPU Update 6-11-2020 (Satgas COVID-19 PPU)

Kemudian, tambahnya, untuk penambahan kasus pasien konfirmasi positif COVID-19 hari Jumat ini ada satu orang dengan kode PPU 144 jenis kelamin perempuan umur 17 tahun tinggal di jalan Proklamasi, Kelurahan Penajam, Kecamatan Penajam. Saat ini pasien dirawat di RSUD RAPB PPU karena memiliki keluhan penyakit gejala COVID-19.

"Sedangkan untuk pasien konfirmasi positif yang dinyatakan sembuh pada Kamis kemarin yakni PPU 129, perempuan umur 29 tahun tinggal di Kelurahan Petung, kecamatan Penajam. Untuk hari ini ada dua pasien sembuh dari Kecamatan Penajam yakni PPU 131, laki-laki (38) tinggal di BTN KM 4 Nenang dan PPU 137 laki-laki (31) alamat di Kelurahan Penajam,” tukasnya.

3. Update 124 orang pasien positif dinyatakan sembuh dari total keseluruhan 144 pasien positif

Di PPU, Tambah Enam Positif COVID-19, Dua Diantaranya NakesGrafis Covid-19 (IDN Times/Arief Rahmat)

Dengan bertambahnya enam pasien dan tiga orang sembuh, jelasnya, maka jumlah keseluruhan kasus terkonfirmasi sebanyak 144 orang, dengan perincian satu dirawat di RSUD PPU, 12 isolasi mandiri, tujuh meninggal hasil swab positif dan 124 orang sembuh.  

“Untuk diketahui, hari ini juga terdapat penambahan dua kasus suspek COVID-19, sehingga jumlah menjadi total 1.261 Kasus, 22 diantaranya isolasi mandiri, enam dirawat di Rumah Sakit dan delapan meningga dengan komorbid swab negatif. Sedangkan kasus probable total keseluruhan 188 kasus sementara jumlah kasus discarded sejumlah 1.014 kasus,” pungkasnya.

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3M: gunakan Masker, Menghindari kerumunan atau jaga jarak fisik, dan rajin Mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: Update Kasus Investasi Fiktif Istri Polisi di PPU, Ini Kabarnya...

Topik:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya