Dibakar Cemburu, Suami di Penajam Paser Utara Nekat Tikam Teman Istri

Emosi karena korban ketahuan berbohong

Penajam, IDN Times - Seorang warga Kelurahan Penajam, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) berinisial AB (46), pada Senin (4 /1/2021) sekira pukul 22.30 Wita, menikam LI (28) teman istrinya. Ia menikam LI gegara dibakar api cemburu.

“Pada Rabu (6/1/2021) kemarin sekitar pukul 14.00 Wita, kami berhasil mengungkap kasus tindak pidana penganiayaan menggunakan sebilah senjata tajam dengan tersangka AB dan korbannya LI warga Kelurahan Sungai Parit, Kecamatan Penajam, yang merupakan teman istri tersangka,” ujar Kapolres PPU, AKBP Hendrik Hermawan melalui Kasat Reskrim Polres PPU, Iptu Dian Kusnawan, kepada IDN Times, Kamis (7/1/2021) di Penajam.

1. Kasus penganiayaan terungkap bermula dari laporan korban ke Polres

Dibakar Cemburu, Suami di Penajam Paser Utara Nekat Tikam Teman IstriPolres Penajam Paser Utara (IDN Times/Istimewa)

Dibeberkannya, kasus tindak pidana penganiayaan menggunakan sebilah senjata tajam ini, bermula dari laporan korban ke Polres PPU pada Selasa (5/1/2021) sekira pukul 18.00 Wita, dan langsung direspon oleh Unit Jatanras Sar Reskrim Polres PPU.

“Mendapati laporan tersebut kemudian unit Jatanras yang dipimpin IPDA Raymond Juliano William, langsung merespon dan mengumpulkan informasi serta data dari beberapa saksi,” sebutnya.

Dari kesaksian korban, lanjutnya, pada malam Senin itu, sekitar pukul 22.00 Wita, istri pelaku meminta tolong kepada korban untuk mengantarnya ke pelabuhan speedboat Penajam karena ia hendak ke rumah kerabatnya di Balikpapan.

Baca Juga: Lagi, Keluarga Bawa Pulang Jenazah Pasien Suspek COVID-19 di PPU

2. Istri dan tersangka sebelumnya sempat cekcok yang membuat tersangka emosi dan cemburu

Dibakar Cemburu, Suami di Penajam Paser Utara Nekat Tikam Teman IstriIlustrasi Penganiayaan (IDN Times/Mardya Shakti)

“Istri tersangka sebelumnya sempat cekcok  dengan tersangka, entah disebabkan karena apa belum kami dalami, tetapi mungkin percekcokan itu membuat tersangka emosi dan cemburu,” tukasnya.    

Setelah mengantar istrinya, lanjut Dian, pelapor pergi ke rumah salah satu temannya yang berada di sekitar pelabuhan speedboat tersebut. Namun, tiba-tiba datanglah tersangka dan bertanya kepada LI apakah dirinya yang mengantar istrinya.

“Ketika itu AB bertanya kamu kah yang tadi ngantar istriku, namun korban tidak mengakui, tetapi setelah didesak korban akhirnya mengiyakan pertanyaan tersangka itu. Karena awalnya korban berbohong itulah, sehingga tersangka marah dan langsung menikam korban menggunakan sebilah badik dan korbanpun terluka,” ucapnya.

3. Korban menderita luka tusuk di bagian punggung dan kepala

Dibakar Cemburu, Suami di Penajam Paser Utara Nekat Tikam Teman IstriKasat Reskrim Polres PPU, Iptu Dian Kusnawan (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Sementara itu, tambahnya, korban menderita luka tusuk pada bagian punggung dan kepala akibat terkena tikaman tersangka, beruntung ketika itu, korban berhasil kabur menyelamatkan diri dari serangan membabi buta tersangka. Sementara AB sendiri setelah berhasil menikam dan melukai korbannya, langsung melarikan diri menuju kota Balikpapan untuk bersembunyi.

“Korban baru melaporkan kasus ini ke Polres keesokan harinya, pada Selasa (5/1/2021) sore. Setelah mendapatkan laporan itu, kami langsung memvisum korban dan mengumpulkan informasi baik dari LI dan saksi lainnya guna mengetahui keberadaan tersangka,” imbuhnya.

Dari informasi yang berhasil dikumpulkan, lanjutnya, tersangka diketahui bersembunyi di salah satu tempat di Kecamatan Balikpapan Barat, sehingga pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan Polsek setempat. Tersangka berhasil diamankan tanpa perlawanan pada Rabu dini hari. 

“Tersangka telah mengakui semua perbuatannya, barang bukti yang kami amankan sementara berupa hasil pemeriksaan visum korban. Atas perbuatannya, tersangka kami kenai pasal 351 ayat (1) KUHP,” pungkasnya.

Baca Juga: Setubuhi Anak Dibawah Umur, Pria Beristri Diringkus Polres PPU

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya