Dishub PPU Ramp Check Angkutan Umum Jelang Lebaran Idul Fitri

Pemudik diminta berhati-hati di kawasan Sotek

Penajam, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar ramp check atau pemeriksaan kendaraan transportasi umum darat dan laut jelang datangnya lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah. 

Sesuai kalender perayaan hari raya Idul Fitri akan jatuh pada Sabtu 22 April 2023 pekan depan.

“Masyarakat mudik lebaran menggunakan angkutan umum di PPU. Oleh karena itu, untuk menjamin keselamatan mereka semua, maka kami mulai menggelar uji kelaikan kendaraan atau ramp check, baik angkutan laut maupun darat,” kata Kepala Dishub PPU Andi Singkerru kepada IDN Times, Rabu (12/4/2023).

1. Dalam rangka menjamin keselamatan masyarakat

Dishub PPU Ramp Check Angkutan Umum Jelang Lebaran Idul FitriSuasana Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022 di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Rabu (27/4/2022). (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww.)

Andi mengatakan, pemeriksaan layanan transportasi umum guna memastikan kondisinya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Terutama dalam menjamin keselamatan masyarakat pengguna transporasi umum. 

“Kami mulai lakukan uji kelaikan moda armada darat dan armada laut, yang akan dijadikan transportasi umum arus mudik maupun balik Idul Fitri 2023,” sebutnya.

Pengujiannya meliputi surat izin pengemudi, izin operasi atau trayek, hingga kondisi fisik mesin kendaraan. 

“Setelah itu kami juga mengeluarkan keputusan laik atau tidak laik dioperasikan moda tersebut termasuk memberikan catatan wajib memerlukan reparasi terlebih dahulu sebelum beroperasi,” tegas Andi.

2. Tidak layak jalan kendaraan umum dilarang operasi

Dishub PPU Ramp Check Angkutan Umum Jelang Lebaran Idul FitriIlustrasi angkutan umum antar kabupaten di terminal Penajam (IDN Times/Ervan)

Bagi kendaraan moda transportasi umum sektor darat, urainya, pihaknya juga memeriksa kelayakan ban, sistem pengereman, kondisi mesin. Kemudian lampu dan klakson hingga kelengkapan berkas berkendara sang sopir.

“Apabila kami temukan ada angkutan transportasi umum yang tidak layak jalan, maka secara tegas kami larang beroperasi sampai sesuai standar keselamatan,” sambungnya.

Dalam pelaksanaan ramp check atau pemeriksaan kendaraan telah dilaksanakan sejak Senin (10/4/2023) oleh Dishub, Satlantas Polres PPU serta Jasa Raharja. “Insya Allah semua moda itu siap melayani penumpang dengan baik,” katanya.

Ram check tidak hanya pada kendaraan umum angkot angdes, angkutan umum rute PPU-Paser pun memperoleh perhatian. Turut diperiksa kesiapan sarana layanan publik, seperti mobil ambulans, mobil pemadam kebakaran, dan lainnya. 

Layanan transportasi laut turut memperoleh perhatian, di antaranya speedboat dan kapal kayu klotok. 

3. Pengujian juga dilakukan pada kapal laut

Dishub PPU Ramp Check Angkutan Umum Jelang Lebaran Idul FitriIlustrasi pemudik berkendaraan roda dua ke Balikpapan di pelabuhan kelotok Penajam (IDN Times/Ervan)

Adapun pengujian memeriksa kelayakan mesin, kondisi kapal dan surat izin mengemudi bagi nahkoda kapal kelotok maupun motoris speedboat, termasuk kesiapan fasilitas darurat keselamatan.

“Seperti life jacket yakni jaket atau rompi penolong, pelampung penolong atau lifebuoy dan lain-lain. Tentu uji kelaikan yang kami lakukan ini tidak lain untuk meminimalkan  potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas yang bersumber dari sisi kendaraan,” tukas Andi.

Ia menyatakan telah melakukan persiapan, di mana pihaknya telah dua kali melaksanakan rapat koordinasi dengan Dishub Provinsi Kaltim, sedangkan di tingkat kabupaten sendiri sudah tiga kali dilaksanakan rapat terkait mudik dan balik lebaran ini.

Sedangkan untuk anggaran biaya pengamanan lebaran tahun ini, sambungnya telah tersedia di Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dishub PPU bersumber dari APBD PPU tahun 2023. Biaya diberikan khususnya untuk petugas di lapangan.

Baca Juga: Angka Kemiskinan dan Stunting di PPU Dilaporkan Turun

4. Ada beberapa titik jalan rusak ringan

Dishub PPU Ramp Check Angkutan Umum Jelang Lebaran Idul FitriPerbaikan badan jalan di wilayah PPU oleh BPJN Kaltim Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR (IDN Times/Ervan)

Sementara itu, terkait dengan kondisi fisik badan jalan negara di wilayah Kabupaten PPU, ungkapnya, umumnya dalam kondisi cukup baik, walaupun beberapa spot ada sedikit berlubang, namun masih dalam kondisi cukup normal dan tidak mempengaruhi proses perjalanan arus mudik dan balik lebaran. 

“ 90 persen jalan negara di PPU dalam keadaan baik, cuma ada beberapa titik saja yang masih rusak ringan, contoh di Km 8 hingga 9 Kelurahan Nipah-Nipah, Penajam seputar Masjid Agung Al-Ikhlas sampai dengan Kantor Bupati PPU, lalu di wilayah Kelurahan Petung sekitar Pasar Petung. Tetapi telah diperbaiki,” bebernya.

Kemudian khusus di jalan Kelurahan Sotek ada jalan yang mengalami longsor di bawah jalan sekiranya, sehingga pengguna jalan diminta untuk berhati-hati dan telah juga diberi rambu-rambu, sebab sewaktu-waktu jalan bisa amblas.

Hal ini juga disampaikan pihaknya kepada Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVII Provinsi Kaltim dan Provinsi Kaltara Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan. 

Andi mengakui, selain di Sotek jalan rawan kecelakaan berada di sekitar Pasar Petung dan tikungan gunung Lawe-Lawe. Sedangkan  sementara ini sedang dalam perbaikan khususnya pada titik-titik jalan yang dianggap rawan kecelakaan.

5. Diprediksi tahun ini arus mudik alami lonjakan

Dishub PPU Ramp Check Angkutan Umum Jelang Lebaran Idul FitriPengarahan bagi supir ambulance oleh anggota Satlantas Polres PPU dan Dishub PPU usai ramp check hadapi mudik lebaran (IDN Times/Ervan)

Personel gabungan Dishub, Polri, dan TNI PPU dalam penanganan arus mudik. 

“Mengantisipasi arus mudik sudah dipersiapkan dan mulai H-7 sebelum lebaran hingga H+7 pasca lebaran kami menurunkan personel gabungan dan kami juga mendirikan pos pantauan di dua titik yaitu di pelabuhan Ferry Penajam dan di wilayah Tunan Kelurahan Petung,” tegasnya.

Selain itu, pembuatan 10 pos pengamanan terpadu rencana ada 13 titik seperti di pelabuhan, terminal, tunan, dan tempat obyek wisata. 

Ia memprediksi tahun ini, arus mudik alami lonjakan pasca pandemik COVID-19 dan jumlah pemudik bisa mencapai puluhan ribu orang. Peningkatan arus mudik diprediksi terjadi pada 19 sampai dengan 22 April, sedang arus balik diperkirakan pada 24 April hingga 1 Mei 2023. 

Arus mudik jalur laut di PPU menggunakan tiga jalur, yakni pelabuhan speedboat, perahu klotok, dan kapal feri jalur laut. Lalu jalan darat dari Km 38 arah Sepaku masuk Ibukota Negara (IKN) dan jalan nasional di Desa Rintik, Babulu perbatasan PPU dengan Kabupaten Paser. 

“Jalur darat dari KM 38 Samboja Kukar sampai Silkar PPU memang sudah baik, hanya memang harus ekstra hati-hati karena rambu dan traffic light belum tersedia cukup di jalur tersebut,  baru akan dipasang pasca lebaran nanti,” ujarnya.

6. Pemudik perlu menyiapkan mental dan fisik

Dishub PPU Ramp Check Angkutan Umum Jelang Lebaran Idul FitriPengarahan bagi supir dan petugas pemadam kebakaran oleh anggota Satlantas Polres PPU dan Dishub PPU usai ramp check hadapi mudik lebaran (IDN Times/Ervan)

Sementara itu, seorang calon pemudik PPU, Yudi mengaku setiap tahun beserta keluarga melakukan mudik ke Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Mereka mengendarai kendaraan mobil pribadi yang membutuhkan waktu tempuh 12 jam. 

“Tentu untuk melakukan perjalanan itu semua pemudik perlu menyiapkan mental dan fisik saya mengendarai mobil termasuk juga kelayakan mobil saya. Dan itu sudah jauh-jauh hari disiapkan, agar sampai dengan selamat hingga tujuan akhir begitu pula saat kembali ke Penajam nanti,” ujarnya.

Seorang petugas perbaikan jalan dari Balai Besar Pemeliharaan jalan Nasional (BPJN) Kaltim Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan, telah melakukan perbaikan jalan di beberapa titik lokasi. Seperti ruas badan jalan di Kelurahan Penajam, Petung dan beberapa tempat lainnya.

“Perbaiki itu kami dilakukan dengan cara tambal sulam dan kami akui tidak maksimal, namun setidaknya pengguna jalan dapat melalui jalur dengan aman," ungkapnya tanpa menyebutkan nama. 

Baca Juga: Bantuan Logistik untuk Korban Angin Puting Beliung di PPU

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya