Comscore Tracker

Dukung 1 Juta Vaksin, Polres Penajam Laksanakan Gerai Vaksin Presisi

Targetkan sehari 200 dosis vaksin

Penajam, IDN Times -  Polres Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) melaksanakan vaksinasi massal guna mendukung program satu juta vaksinasi per hari dengan menggelar Gerai Vaksin Presisi.

“Dalam rangka HUT Bhayangkara ke 75 tahun kami melaksanakan vaksinasi massal dalam Gerai Vaksin Presisi Bhakti Kesehatan Bhayangkara Untuk Negeri," ujar Kapolres PPU, AKBP Hendrik Hermawan kepada IDN Times, Kamis (1/7/2021) di Penajam

Hendrik melanjutkan, tema vaksinasi massal ini adalah "Transformasi menuju Polri yang Presisi mendukung percepatan penanganan COVID-19 untuk masyarakat sehat dan pemulihan ekonomi nasional menuju Indonesia maju".

1. Polres PPU berupaya agar program vaksinasi dapat terlaksana dengan sukses

Dukung 1 Juta Vaksin, Polres Penajam Laksanakan Gerai Vaksin PresisiGerai Vaksin Presisi Polres PPU di Penajam (IDN Times/Ervan)

Dibeberkannya, kegiatan bakti Bhayangkara ini juga dalam rangka mendukung program satu juta vaksinasi per hari yang telah dicanangkan Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Ia menegaskan pihaknya mendukung agar program itu dapat terlaksana dengan sukses.

“Kami tetap berupaya agar program sejuta vaksin setiap hari dapat terlaksana, sehingga kami menargetkan satu hari 200 dosis atau orang tervaksinasi,” sebutnya.

Namun, lanjutnya, dalam kegiatan ini pihaknya melakukan kerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten PPU serta Puskesmas untuk memberikan dukungan vaksinator karena keterbatasan petugas Polres.

“Kami berkoordinasi dengan Dinkes dan Puskesmas karena kami kekurangan petugas vaksinator yang ada di wilayah PPU,” ungkapnya.

Baca Juga: Batas Vaksinasi di Penajam Dibatasi Minimal Usia 18 Tahun

2. Terdapat lima gerai vaksin di seluruh wilayah hukum Polres PPU

Dukung 1 Juta Vaksin, Polres Penajam Laksanakan Gerai Vaksin PresisiGerai Vaksin Presisi Polres PPU di Penajam (IDN Times/Ervan)

Untuk diketahui, tambahnya, khusus di wilayah hukum Polres PPU Gerai Vaksin Presisi ada dua di Kecamatan Penajam , sementara di Babulu, Waru dan Kecamatan Sepaku masing-masing satu tempat. 

“Ada lima gerai Vaksin Presisi di wilayah PPU dan pelaksanaan dilaksanakan sejak 29 Juni kemarin dan berlangsung selama stok vaksin di Dinkes tersedia,” tegas Kapolres.

Menurutnya, kegiatan Gerai Vaksin Presisi yang dilakukan oleh Polres PPU ini secara tidak langsung untuk membantu pemerintah daerah atau Dinkes PPU dalam melaksanakan program vaksinasi kepada masyarakat.  

“Kegiatan ini hampir sama dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh TNI melalui Kodim 0913/PPU yang bernama Serbuan Vaksinasi dengan target sasaran sama. Namun bertempatan dengan HUT Bhayangkara ke 75 tahun, maka seluruh instansi dari tingkat Polda, Polres hingga Polsek menggelar kegiatan dengan nama sandi operasi Gerai Vaksin Presisi,” tuturnya. 

3. Antusiasme masyarakat PPU terhadap vaksinasi cukup tinggi

Dukung 1 Juta Vaksin, Polres Penajam Laksanakan Gerai Vaksin PresisiAKBP Hendrik Hermawan (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Dibeberkannya, dosis yang disediakan oleh Dinkes 200 per hari dan namun realisasinya sehari bisa lebih dari target. Jadi antusiasme masyarakat PPU  terhadap vaksinasi COVID-19 cukup tinggi.

“Alhamdulillah antusiasme masyarakat kita cukup tinggi untuk melaksanakan vaksinasi terbukti dalam satu hari lebih dari 200 dosis terpakai, belum lagi kegiatan vaksin rutin yang dilaksanakan oleh puskesmas masing-masing,” terangnya.

4. Gerai Vaksin Presisi cukup membantu masyarakat

Dukung 1 Juta Vaksin, Polres Penajam Laksanakan Gerai Vaksin PresisiGerai Vaksin Presisi Polres PPU di Penajam (IDN Times/Ervan)

Sementara itu, seorang warga Penajam, Supri menyatakan, apa yang telah dilakukan oleh TNI termasuk Polres PPU melalui program Gerai Vaksin Presisi tersebut cukup membantu masyarakat untuk melakukan vaksin secara gratis.

“Saya sekarang telah melaksanakan vaksinasi dosis pertama. Awalnya takut juga tetapi setelah mendapatkan penjelasan dari Bhabinkamtibmas, kami sudah tidak takut lagi, masalah deman atau pegal-pegal itu hal biasa dampak dari bekerjanya vaksin dalam tubuh kita,” pungkasnya.

Baca Juga: Bupati Penajam Tegaskan Mundur dari Seluruh Masalah COVID-19

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya