Comscore Tracker

Hari ini, Tiga Warga PPU Dinyatakan Positif COVID-19

Jumlah pasien suspek sebanyak 1.241 orang

Penajam, IDN Times – Tiga warga asal Kecamatan Penajam, Babulu dan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kamis hari ini (29/10/2020) dinyatakan positif terkonfirmasi COVID-19 dari hasil uji sampel swab masing-masing.

“Hari ini ada tiga PPU yang dinyatakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terkonfirmasi positif terkena COVID-19,” ujar Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten PPU, dr. Arnold Wayong kepada IDN Times, Kamis sore di Penajam.

1. Tiga pasien positif diberi kode PPU 134, 135 dan 136 semua laksanakan isolasi mandiri

Hari ini, Tiga Warga PPU Dinyatakan Positif COVID-19pixabay.com/fernandozhiminaicela

Adapun ketiga pasien positif baru tersebut, bebernya, diberi kode PPU134, PPU 135 dan PPU 136 semua melakukan isolasi mandiri. PPU 134 merupakan perempuan (34) alamat KTP tinggal di Kelurahan Marinda, Kecamatan Sepaku namun selama ini berdomisi di Samarinda.

“Pasien ini mengalami gejala demam,hilang indra perasa dan penciuman, tetapi melakukan karantina mandiri karena penyakitnya tidak terlalu akut atau ringan,” sebutnya.

Lalu, tambahnya, pasien positif selanjutnya, diberi kode PPU 135 seorang perempuan (66) tinggal di Gunung Mulia Kecamatan Babulu, terdapat keluhan demam, hasilnya swabnya positif dan sempat menjalani perawatan di RSUD Inche Abdoel Moeis, tetapi saat ini melakukan isolasi mandiri. Pasien positif baru terakhir yakni PPU 136 perempuan usai 28 tahun tingga di Desa Giri Mukti dan melakukan isolasi mandiri.

Baca Juga: Di PPU, 11 Orang dari Pondok Pesantren Al-Banjari Positif COVID-19

2. Bertambah tiga pasien hari ini jumlah pasien positif PPU jadi 136 pasien

Hari ini, Tiga Warga PPU Dinyatakan Positif COVID-19Infografis COVID-19 PPU Update Kamis 29-10-2020 (Dok. Satgas COVID-19 PPU)

“Dengan bertambahnya tiga pasien positif baru pada hari ini, maka jumlah keseluruhan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten PPU menjadi 136 pasien, dengan perincian, dua masih dirawat 14 isolasi mandiri, enam meninggal dunia dengan swab positif dan 114 pasien terkonfirmasi positif dinyatakan sembuh hasil swab negatif,” beber Arnold.

Selain terdapat tambahan tiga pasien terkonfirmasi positif COVID-19, sebutnya, hari ini juga ada penambahan tiga pasien kasus suspek COVID-19 di PPU, sehingga kini total keseluruhan pasien suspek jadi 1.241 orang, dimana tiga diantaranya menjalani perawatan isolasi, 30 orang isolasi mandiri serta delapan orang meninggal dengan komorbid hasil swab negatif.

3. Hingga kini Kecamatan Penajam masih menjadi daerah dengan jumlah pasien positif terbanyak

Hari ini, Tiga Warga PPU Dinyatakan Positif COVID-19Dr. Arnold Wayong (IDN Times/ Ervan Masbanjar)

“Hingga kini Kecamatan Penajam masih menjadi daerah dengan jumlah pasien positif terbanyak dibandingkan dengan tiga kecamatan lain di PPU, dengan jumlah pasien positif per hari ini sebanyak delapan orang, 64 pasien sembuh dan empat orang meninggal dunia,” tukas Arnold.

Sedangkan untuk posisi kecamatan kedua terbanyak pasien positif COVID-19, urainya, yakni di Kecamatan Babulu, dimana sekarang jumlah pasien positifnya ada empat orang, lalu 22 pasien sembuh dan satu meninggal dunia.

Kemudian Kecamatan Sepaku di posisi terbanyak ketiga dengan jumlah pasien positif saat ini tiga orang, sembilan sembuh dan satu meninggal, terakhir adalah Kecamatan Waru  dengan jumlah pasien positif hari ini satu orang dan 19 orang selesai isolasi atau sembuh.

“Kami tak henti-hentinya menghimbau kepada masyarakat untuk tetap patuh protokol kesehatan, seperti selalu menggunakan masker, menjaga jarak, sering cuci tangan menggunakan sabun, beretika ketika batuk dan bersin, tidak melakukan kegiatan yang mengumpulkan atau menghadirkan banyak orang dan membatasi aktifitas. Hal ini sebagai bentuk memutus rantai penyebaran COVID-19,” pungkasnya.

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times

Baca Juga: Progres 91 Persen, Warga 11 Kelurahan & Desa PPU Segera Nikmati Jargas

Topic:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya