Haru! Para RT di Penajam Sediakan Makanan Gratis untuk Pasien Isoman

Anggaran berasal dari sumbangan warga

Penajam, IDN Times - Saat segelintir masyarakat di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) kurang peduli dengan pandemik COVID-19, tetapi ada 16 Rukun Tangga (RT) Kelurahan Gunung Seteleng yang ikhlas membantu warga melaksanakan isolasi mandiri (isoman) terpapar virus COVID-19. 

“Kami terdiri dari 16 RT bersama bapak Babinsa dan Bhabinkamtibmas saling bahu membahu membantu warga kami dalam menjalani isoman di rumahnya, karena terpapar COVID-19,” ujar Sutrisno Bondo Ketua RT 10 Kelurahan Gunung Seteleng kepada IDN Times, Jumat (16/7/2021).

1. Awalnya sembilan warga positif laksanakan isoman, kini tersisa empat orang saja

Haru! Para RT di Penajam Sediakan Makanan Gratis untuk Pasien IsomanBhabinkamtibmas dan Babinsa Gunsel saat memberikan makanan kepada warga laksanakan Isoman (IDN Times/Ervan)

Dikatakannya, jumlah warga yang menjalani isoman akibat terpapar COVID-19 tersebut, awalnya sebanyak sembilan orang merupakan warga RT.01,02,04,05, 09, 012,01 dan 016. Tetapi kini lima orang sembuh sehingga tersisa empat warga saja, hal ini berdasarkan informasi dari Kelurahan.

“Kegiatan ini dilaksanakan sejak dimulainya penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro hingga sekarang menjadi PPKM diperketat. Kami terus memantau semua aktivitas warga yang melaksanakan isoman tadi,” sebutnya.

Terkait dengan anggaran kegiatan, sebutnya, sumber dananya dari sumbangan para ketua RT dengan aparat kelurahan serta warga seikhlasnya, tidak dibatasi jumlah besaran sumbangan yang diberikan. Setiap hari ketua RT juga bertugas melihat serta menanyakan kepada warga isoman tersebut apakah mereka sudah makan dan minum obat.

Baca Juga: Pandemik Penajam Terus Merangkak, Tambahan 48 Kasus dan 3 Meninggal 

2. Sediakan makan setiap hari bagi warga laksanakan isoman

Haru! Para RT di Penajam Sediakan Makanan Gratis untuk Pasien IsomanKunjungan Dinkes PPU, Koramil dan Polsek Penajam bersama Ketua RT serta warga Gunsel ke rumah positif Isoman (IDN Times/Ervan)

“Kami menekankan kepada warga yang melaksanakan isoman tersebut untuk tidak keluar rumahnya, sehingga kebutuhan makan pagi dan siang, minum, vitamin hingga obat-obatan kami para RT dan tetangganya mengupayakan tersedia. Masalah kesehatan mereka juga dipantau oleh Polides yang ada,” tegas Sutrisno.  

Ia menambahkan, selama terjadinya pandemik COVID-19 ini para Ketua RT bersama masyarakatnya di Kelurahan Gunung Seteleng melakukan pengawasan terhadap warga pendatang. Mereka juga diwajibkan untuk lapor ke Ketua RT. Bahkan RT juga mendatangi mereka guna mengetahui tujuan datang ke lingkungan warga.

“Kami juga meminta para pendatang itu agar bertahan atau karantina mandiri di dalam rumah dulu, kami juga menanyakan syarat pelaku perjalanan bagi warga ber KTP non PPU, seperti hasil rapid antigen atau PCR swab yang masih berlaku termasuk juga sertifikat vaksin minimal vaksin pertama,” bebernya.

3. Warga pendatang wajib lapor RT dan tunjukkan rapid antigen atau PCR swab serta sertifikat vaksin

Haru! Para RT di Penajam Sediakan Makanan Gratis untuk Pasien IsomanDanramil Penajam, Kapten Inf Imam Syaf'i dan Kapolsek, AKP Hary Purnomo datangi warga yang laksanakan Isoman (IDN Times Ervan)

Bagi warga pendatang ber KTP non PPU yang tidak memiliki syarat pelaku perjalanan tersebut, lanjutnya, diminta untuk ke puskesmas atau klinik dengan biaya sendiri guna  rapid antigen atau PCR swab, apabila hasilnya positif langsung dilaporkan ke kelurahan.

“Sementara ini kami belum menemukan atau mendapati warga pendatang. Tetapi jika ada mereka wajib lapor RT terdekat. Harapan kita semua semoga wabah itu cepat berlalu, ayo pemerintah daerah kita sama sama lawan corona, jangan menyerah. Ada atau tidak ada anggaran tetap semangat, karena COVID-19 tidak mau tahu dengan anggaran," ajaknya.       

4. Positif isoman mengaku terbantu dengan kepedulian para RT dan warga

Haru! Para RT di Penajam Sediakan Makanan Gratis untuk Pasien IsomanIlustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

Sementara itu, seorang warga yang melaksanakan isoman di lingkungan salah satu RT di Kelurahan Gunung Seteleng berinisial AY mengaku sangat terbantu dengan kepedulian yang diberikan ketua RT, aparat kelurahan dan warga, sehingga selama isoman dirinya dan keluarga tidak khawatir kelaparan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada pak RT, aparat Kelurahan dan warga yang telah memberikan bantuan makanan, minuman dan obat-obatan selama saya menjalani isoman. Semoga apa yang diberikan ini menjadi amal ibadah dari Allah SWT,” ucapnya.

5. Hari ini tambah 54 kasus positif COVID-19, kembali pecahkan rekor di PPU

Haru! Para RT di Penajam Sediakan Makanan Gratis untuk Pasien IsomanInfografis COVID-19 PPU 16-7-2021 (Dok.Satgas COVID-19 PPU)

Update kasus COVID-19 per hari ini kembali memecahkan rekor kasus terbanyak di PPU sejak 22 Maret 2020 hingga sekarang. Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten PPU dr. Jansje Grace Makisurat, dalam pers rilisnya mengatakan, per hari ini terdapat penambahan 54 orang dengan kasus terkonfirmasi positif  COVID-19, satu kasus positif meninggal dunia dan 24 kasus pasien selesai isolasi atau sembuh.

“Total keseluruhan kasus akumulatif sebanyak 1.908 dengan perincian 413 kasus aktif atau pasien masih berstatus positif terdiri dari 390 pasien di antaranya laksanakan isoman dan 23 orang dirawat di rumah sakit. Lalu kasus pasien selesai isolasi alias sembuh ada 1.482 kasus, sementara positif meninggal dunia jadi 77 orang,” ujarnya. 

Dengan kondisi saat ini, Pemerintah Kabupaten PPU mengimbau kepada seluruh masyarakat PPU sebisanya untuk di rumah saja, kalaupun harus keluar rumah, tetap taat dengan protokol kesehatan. Menggunakan masker harus dobel, yakni masker bedah dan masker kain, hindari kerumunan apalagi kalau terlihat ada orang yang tidak memakai masker.

Baca Juga: Kasus Meningkat, Anggaran Penanganan COVID-19 Penajam Ternyata Tak Ada

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya