HUT ke 20 Tahun, PPU Akselerasi Pembangunan dengan IKN

Jadi momentum titik balik untuk evaluasi

Penajam, IDN Times - Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) telah menginjak usia ke 20 tahun pada Jumat hari ini 10 Maret 2022.  Sehingga Pemerintah Kabupaten PPU ingin menciptakan akselerasi pembangunan dengan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Sebagaimana tema peringatan hari jadi Kabupaten PPU ke-20 tahun ini,  “Bangkit Bersama Menuju IKN Nusantara”. Dengan tema tersebut, maka Pemerintah PPU ingin menjadikan dorongan yang kuat guna menciptakan akselerasi pembangunan yang dapat dinikmati untuk seluruh lapisan masyarakat,” ujar Plt Bupati PPU Hamdam saat menyampaikan sambutannya pada apel hari jadi PPU. 

1. Disadari program pemerintah daerah masih belum menyentuh harapan masyarakat

HUT ke 20 Tahun, PPU Akselerasi Pembangunan dengan IKNPlt Bupati PPU, Hamdam bersalaman dengan Wabup PPU periode 2013-20218, Mustaqim MZ ketika Hut PPU ke 20 tahun (IDN Times/Ervan)

Pada usia ke 20 tahun PPU ini, bebernya, Pemerintah Kabupaten PPU juga bersyukur. karena antara unsur pemerintah daerah dan segenap komponen masyarakat sudah dapat memberikan warna atas kondisi daerah sebagai daerah otonomi baru.

Namun demikian, sangat disadari program pemerintah daerah juga masih terdapat hal-hal yang belum menyentuh sesuai harapan masyarakat. 

“Kami sebagai kepala daerah saat ini telah menginjak tahun keempat, sebagai Wakil Bupati PPU sekaligus sebagai Plt bupati PPU. Oleh karena itu, HUT ke-20 Kabupaten PPU ini terasa sangat istimewa.” ucapnya.

Ia berharap, momentum ini menjadi titik balik untuk evaluasi, terhadap waktu yang telah lewat dan meletakkan pijakan kuat dan kokoh untuk meraih mimpi yang tinggi di masa depan.

Baca Juga: Miris, Seorang IRT dari PPU Nekat Jadi Bandar Narkoba 

2. Minta dukungan dan kerja sama seluruh pihak berpartisipasi dalam pembangunan

HUT ke 20 Tahun, PPU Akselerasi Pembangunan dengan IKNKondisi jalan mulus di salah satu desa di Kecamatan Sepaku wilayah penunjang IKN (IDN Times/Ervan)

Sehubungan dengan hal itu, ia memohon dan meminta dukungan dan kerja sama seluruh pihak di jajaran Pemerintah Kabupaten PPU, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), DPRD, Instansi Vertikal, swasta serta berbagai komponen lainnya yang ada di masyarakat. Untuk turut berpartisipasi dalam dinamika pembangunan sesuai kapasitas dan proporsi  masing-masing. 

“Mudah-mudahan, seiring dengan jalannya waktu dan keadaan yang telah baik ini, kebutuhan dan harapan masyarakat serta harapan kita bersama dapat dihadirkan dan kita wujudkan pada saatnya,” tegasnya.

3. Berikan apresiasi kepada seluruh pihak karena telah berikan warna untuk kemajuan PPU

HUT ke 20 Tahun, PPU Akselerasi Pembangunan dengan IKNMasyarakat Adat Paser, Dayak, Banjar dan Kutai yang berdomisli di lokasi ibu kota Nusantara (Dok.IDN Times/Istimewa)

Pada kesempatan itu, Hamdam juga menyatakan berikan apresiasi kepada seluruh pihak seperti jajaran pemerintah kabupaten, Forkopimda, DPRD, instansi vertikal, swasta serta berbagai komponen lainnya yang ada dalam masyarakat karena memberikan dukungan penuh bagi kemajuan PPU.

Tak terkecuali ketua dan anggota Tim Sukses Pemekaran Kabupaten PPU, para bupati, wakil bupati, dan penjabat bupati PPU periode terdahulu yang telah memberikan warna dalam masa kepemimpinannya untuk kemajuan PPU.

Di akhir pelaksanaan upacara ini, Hamdam menyerahkan  piagam penghargaan kepada para penerima mulai tingkat Nasional, Provinsi maupun tingkat Kabupaten PPU. Tercatat ada 111 penghargaan diserahkan kepada  perwakilan kelompok, Instansi maupun perorangan usai pelaksanaan upacara ini.

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-20 Kabupaten PPU tersebut selain dihadiri seluruh pejabat pemerintah dan non pemerintah di PPU juga dihadiri Wakil Bupati Paser Syarifah Masitah, Wakil Bupati Kutai Barat Edyanto Arkan, Asisten I Pemkot Balikpapan, dan sejumlah perwakilan kabupaten/kota di Kaltim.

Baca Juga: Minyak Goreng Langka, Masyarakat di PPU Terpaksa Harus Antre

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya