Ini Cara PPU Mengumpulkan Masukan Rencana Pembangunan Tahun 2024

Untuk sempurnakan RKPD

Penajam, IDN Times - Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Forum Konsultasi Publik dalam menyerap saran rancangan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2024. Forum ini merupakan tahapan perencanaan pembangunan daerah dalam menyerap masukan dari stakeholder terkait. 

“Forum merupakan rangkaian tahapan perencanaan pembangunan daerah yang harus dilaksanakan untuk penyempurnaan RKPD dalam pembangunan daerah tahun 2024,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) PPU Tohar, Kamis (2/3/2023).

Agenda ini digelar di Kantor Bupati PPU yang dihadiri Asisten Administrasi Umum Ahmad Usman, Kepala Bapelitbang Fatmawati, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Turut hadir secara daring Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah Bappeda Kaltim Alfino Rinaldi.

1. Perhatikan isu dan permasalahan di Kaltim

Ini Cara PPU Mengumpulkan Masukan Rencana Pembangunan Tahun 2024Sekda PPU, Tohar (IDN Times/Ervan)

Tohar mengatakan, forum fokus dalam pembahasan isu yang terjadi di Kaltim dan PPU. Penyusunan rancangan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2024 nanti mengangkat isu strategis yaitu peningkatan pemerataan kesejahteraan sosial yang adil dan inklusif.

Juga peningkatan pelayanan infrastruktur yang berorientasi, berwawasan lingkungan dan berkelanjutan. Kemudian isu strategis terkait transformasi ekonomi dalam mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat serta optimalisasi tata kelola pemerintahan berbasis teknologi informasi.

Baca Juga: Nekat Edarkan Sabu, Warga Petung Diamankan Polres PPU 

2. Beri perhatian penguatan daya saing sebagai serambi Nusantara

Ini Cara PPU Mengumpulkan Masukan Rencana Pembangunan Tahun 2024Forum Konsultasi Publik RKPD PPU (IDN Times/Ervan)

Pemkab PPU, kata Tohar, menganggap perlu untuk memberikan perhatian penuh dengan penguatan daya saing dan pelayanan publik serta optimalisasi potensi sebagai serambi Nusantara.

“Dapat disimpulkan ada lima prioritas pembangunan daerah kabupaten Penajam Paser Utara Tahun 2024 yaitu, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) serta pemerataan pelayanan kesehatan dan Pendidikan,” ucapnya.

Termasuk peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui penguatan potensi ekonomi strategis berbasis kerakyatan, stabilitas keamanan dan ketertiban umum. Lalu, penguatan infrastruktur pelayanan publik yang berwawasan lingkungan, penguatan tata kelola pemerintahan berbasis teknologi informasi.

3. Penandatangan kesepakatan untuk sinkronisasi dan harmonisasi

Ini Cara PPU Mengumpulkan Masukan Rencana Pembangunan Tahun 2024Ilustrasi kegiatan pembangunan di Penajam Paser Utara (IDN Timse/ Ervan)

Termasuk pula penandatanganan kesepakatan bersama Forum Konsultasi Publik rencana kerja pemerintah saerah yang merupakan rangkaian kegiatan ini. Melakukan sinkronisasi dan harmonisasi dalam proses penyusunan dokumen rancangan kerja atas pembangunan daerah.

“Juga guna prioritas pembangunan dan arah kebijakan sesuai arah kebijakan kewilayahan di Provinsi Kaltim serta nasional termasuk kondisi daerah terkini di Kabupaten Penajam Paser Utara,” pungkas Tohar.

Baca Juga: SMKN 2 PPU Tingkatkan Kompetensi untuk Menyongsong IKN Nusantara

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya