Comscore Tracker

Jumlah Korban Kecelakaan Bus Atlet Taekwondo di PPU Bertambah 

Korban alami cedera berat dan ringan

Penajam, IDN Times - Jumlah korban kecelakaan atlet taekwondo Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) di Kelay Berau terus bertambah. Bila sebelumnya jumlah korban dilaporkan sebanyak lima orang, kini bertambah menjadi 11 orang dengan luka ringan dan berat. 

Mereka merupakan kontingen atlet PPU yang akan ikut dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Timur (Kaltim) ke VII. Nahas, dalam perjalanan bus ditumpangi masuk ke dalam jurang sedalam 30 meter di Kecamatan Kelay Kabupaten Berau, Kamis (17/11/2022) siang. 

“Berdasarkan informasi yang kami terakhir jumlah korban bertambah menjadi 11 atlet tersebut yakni, Dilla Lestar adalah atlet alami luka berat bagian leher, atlet Valentino luka berat dalam bagian dada, pelatih bernama Serti Buntasik cedera luka berat patah kaki kanan,” tuturnya Ketua Panitia Besar KONI Kabupaten PPU Porprov Kaltim ke VII Syaiful kepada IDN Times.

Para korban lainnya, Hasmir Rahayu, Afit, Hardiansyah, Dini Atlet, Salsabilah, Inggriedv Saputri, Odi Sanjaya Putra, dan terakhir Tommi. 

1. Bupati Berau telah intruksikan evakuasi korban

Jumlah Korban Kecelakaan Bus Atlet Taekwondo di PPU Bertambah Bus mengangkut kontingen atlet taekwondo Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dilaporkan masuk ke dalam jurang sedalam 30 meter, Kamis (17/11/2022). Foto istimewa

Atas kejadian ini, Bupati Berau Sri Juniarsih langsung memerintahkan dua mobil ambulans dalam mengevakuasi para korban.  Sempat memperoleh penanganan di puskesmas setempat, para korban langsung dibawa ke Rumah Sakit Tanjung Redeb Berau untuk dilakukan penanganan medis. 

“Setelah kejadian itu Ibu Bupati Kabupaten Berau Sri Juniarsih juga Ketua PB Porprov Kaltim dan Bapak Wakil Bupati Gamalis selaku Ketua Harian PB Porprov Kaltim telah menginstruksikan dua ambulans dan satu minibus untuk mengevakuasi korban,” tuturnya.

Selain itu, Camat Kelay untuk segera bertindak cepat melakukan penyelamatan terhadap para korban. Bahkan mereka berdua telah mengunjungi korban di RSUD.

Baca Juga: Bus Atlet Taekwondo PPU Masuk Jurang Sedalam 30 Meter

2. Korban cedera berat telah dirujuk ke RSUD dr Abdul Rivai Berau

Jumlah Korban Kecelakaan Bus Atlet Taekwondo di PPU Bertambah Bupati dan Wabup Berau saat menjenguk salah satu korban laka bus masuk jurang yang merupakan kontingen PPU Porporv Kaltim di RSUD dr. Abdul Rivai Berau, Kamis (17/11/2022). Foto istimewa

Untuk diketahui, tambahnya, saat ini korban yang alami cedera berat telah dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Abdul Rivai Berau. Sementara yang luka ringan hingga kini masih berada di Puskesmas Kelay.

“Rencana besok pagi-pagi dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) PPU dan PB KONI PPU segera berangkat ke Berau untuk mendatangi para korban tersebut,” tegasnya.

Terpisah Ketua KONI PPU Salehuddin meminta agar PB Porprov Kaltim segera memberikan pertolongan kepada para korban. 

“PB Kaltim langsung merespons dengan mengirimkan dua unit mobil ambulans dan satu unit minibus, termasuk memerintahkan Camat Kelay mengambil tindakan pertolongan kepada atlet kita itu,” tuturnya. 

3. KONI berupaya atlet tetap bertanding

Jumlah Korban Kecelakaan Bus Atlet Taekwondo di PPU Bertambah Bus mengangkut kontingen atlet taekwondo Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dilaporkan masuk ke dalam jurang sedalam 30 meter, Kamis (17/11/2022). Foto istimewa

Terkait dengan pertandingan, lanjutnya, KONI berupaya para atlet tetap bisa bertanding. Khususnya bagi mereka yang tidak mengalami cedera berat, namun sifatnya tidak memaksa jadi diserahkan kepada atlet dan pelatihnya sendiri.

“Pertandingan tetap berlanjut sambil melihat rekam medis para atlet yang alami cedera. Selain itu juga kita akan serahkan kepada atletnya khusus alami cedera ringan apakah masih mau bertanding atau tidak,” ungkap Salehuddin.

Seluruh kontingen PPU sebelum berangkat telah masuk asuransi BPJS Ketenagakerjaan. Jadi mereka semua sudah terjamin asuransi guna mengantisipasi kejadian seperti ini.

4. Bus tak sanggup mendaki Gunung Bangsat

Jumlah Korban Kecelakaan Bus Atlet Taekwondo di PPU Bertambah Bus mengangkut kontingen atlet taekwondo Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dilaporkan masuk ke dalam jurang sedalam 30 meter, Kamis (17/11/2022). Foto istimewa

Salehuddin menuturkan, bus gagal saat mendaki jalan menanjak di kawasan Gunung Bangsat di Kecamatan Kelay Berau.

Bus yang mengangkut 20 orang ini lantas termundur turun hingga masuk ke dalam jurang sedalam 30 meter. 

"Ini merupakan pelajaran agar PB dapat memperhatikan jalur transportasi yang dinilai rawan kecelakaan dengan mendirikan pos-pos waspada,” pungkasnya.

Baca Juga: Para ASN Pra-Pensiun di PPU Memperoleh Pembekalan 

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya