Jumlah Pasien Sembuh COVID-19 PPU Terus Meningkat

Total sembuh capai 895 pasien

Penajam, IDN Times - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan TImur (Kaltim) dr Jansje Grace Makisurat mengatakan, jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 sekarang sembuh terus meningkat. 

"Iya jumlah pasien positif COVID-19 yang menjalani perawatan dan dinyatakan sembuh alami peningkatan dari hari ke hari," ujarnya kepada IDN Times, Rabu (17/3/2021).

1. Setiap hari selalu ada saja pasien yang dinyatakan selesai isolasi atau sembuh

Jumlah Pasien Sembuh COVID-19 PPU Terus MeningkatIlustrasi pasien yang berhasil sembuh dari COVID-19 (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Meskipun jumlah pasien berstatus positif masih ada hingga kini, namun setiap harinya selalu ada saja pasien yang dinyatakan selesai isolasi atau sembuh.  Berbeda dengan kasus pasien terkonfirmasi positif baru, terkadang dalam satu harinya tidak ada tambahan.

"Hari ini jumlah pasien berstatus positif yang telah selesai isolasi atau sembuh total sebanyak 895 orang dari 974 jumlah keseluruhan kasus pasien terkonfirmasi positif COVID-19 sejak 22 Maret 2020 hingga hari ini," urai Grace.

Baca Juga: Pandemik COVID-19, Balikpapan Ekspor Perdana Kepiting Bakau ke China

2. Angka pasien sembuh hingga hari ini capai 91,8 persen

Jumlah Pasien Sembuh COVID-19 PPU Terus MeningkatKepala Dinkes PPU, dr Jansje Grace Makisurat serahkan surat sembuh kepada pasien beberapa waktu lalu (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Dari 895 kasus pasien positif COVID-19 yang dinyatakan selesai isolasi atau sembuh mencapai 91,8 persen.  Dengan total keseluruhan kasus pasien positif COVID-19 sebanyak 974 kasus per hari ini.

"Persentase kesembuhan COVID-19 di PPU telah mencapai 91,8 persen atau sebanyak 895 pasien sembuh. Harapannya, jumlah sembuh ini terus meningkat setiap harinya," tuturnya.

Hari ini, ungkapnya, terdapat tambahan pasien terkonfirmasi positif COVID-19. Empat kasus dengan kode PPU 971, PPU 972, PPU 973 dan PPU 974, sehingga total kasus positif menjadi 974. Pasien positif baru ini tiga orang merupakan warga Kecamatan Sepaku dan satu asal Penajam.

3. Hari ini ada lima pasien positif yang dinyatakan sembuh kembali

Jumlah Pasien Sembuh COVID-19 PPU Terus Meningkatdr. Jansje Grace Makisurat (IDN Times Ervan Masbanjar)

"Sementara hari ini juga ada tambahan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang telah selesai isolasi atau sembuh sebanyak lima pasien dengan kode pasien PPU 855, PPU 928, PPU 938, PPU 939 serta PPU 940," ucap Grace.

Dengan bertambahnya jumlah kasus COVID-19 hari ini, lanjutnya, maka update kasus COVID-19 PPU yakni total keseluruhan kasus positif sejumlah 974 dengan perincian 38 pasien masih berstatus positif, 895 pasien atau 91.8 persen sembuh dan 41 pasien terkonfirmasi positif COVID-19 meninggal dunia hasil swab positif.

"Total 38 pasien masih berstatus positif tersebut sebanyak 34 di antaranya melaksanakan isolasi mandiri di Rumah Susunan Sewa (Rusunawa) atau Wisma PKK sedangkan sisanya sebanyak empat orang jalani perawatan medis di rumah sakit," imbuhnya.

4. berharap meningkatnya jumlah sembuh membawa dampak baik bagi masyarakat

Jumlah Pasien Sembuh COVID-19 PPU Terus MeningkatWabup PPU, H. Hamdam serahkan surat keterangan sehat pasien COVID-19 selesai isolasi mandiri (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Ia berharap, dengan makin meningkatnya jumlah pasien berstatus positif dinyatakan sembuh membawa dampak yang baik pula bagi masyarakat, sehingga masyarakat bisa melakukan aktivitas seperti sediakala sebelum terjadinya pandemik COVID-19 di PPU.

"Agar jumlah pasien berstatus positif tidak bertambah dan yang sembuh terus meningkat, diharapkan masyarakat untuk tetap mendisiplinkan protokol kesehatan dan mendukung kegiatan vaksinasi COVID-19," pungkasnya.

Baca Juga: Ormas Penajam Tuntut Kesempatan Kerja di Proyek Pertamina

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya