Kasus COVID-19 PPU Tambah Lima Konfirmasi Positif dan Lima Sembuh

Total kasus positif PPU capai 105 pasien

Penajam, IDN Times – Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), dr. Arnold Wayong mengatakan, sejak Sabtu (26/9/2020) hingga Senin (28/9/2020) hari ini terdapat penambahan kasus konfirmasi positif dan pasien dinyatakan sembuh masing-masing lima kasus.

“Ada lima kasus tambahan positif dan lima kasus pasien yang dinyatakan sembuh sejak tiga hari terakhir ini dari Sabtu kemarin hingga sekarang di Kabupaten PPU,” ujar Arnold kepada IDN Times, Senin (28/9/2020) di Penajam.     

1. Sabtu kemarin ada tiga orang pasien dinyatakan positif COVID-19 dan satu orang sembuh

Kasus COVID-19 PPU Tambah Lima Konfirmasi Positif dan Lima SembuhJubir Satgas penanganan COVID-19 PPU, dr Arnold Wayong (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Baca Juga: Warga Kaltim Perlu Tahu Nih! Simak 7 Fakta Pesut Mahakam 

Dibeberkannya, pada Sabtu kemarin jumlah kasus pasien positif terdapat yang diinformasikan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sebanyak tiga kasus berdasarkan hasil swab yakni, PPU 101, 102, dan 103.

Untuk diketahui PPU 101 jenis kelamin laki-laki (29) tinggal di Desa Babulu Darat, Kecamatan Babulu masuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Botung (RAPB) PPU dengan keluhan deman selama satu minggu, batuk, pilek dan diare.

“Kemudian dua pasien positif yakni, PPU 102 merupakan laki-laki berusia 48 tahun tinggal di Kelurahan Petung, Kecamatan Petung menjalani perawatan di RSUD PPU karena memiliki komorbid yaitu batuk selama 10 hari lamanya dan pasien positif berkode PPU 103 perempuan (26) warga kelurahan Penajam, Kecamatan Penajam swab positif tetap tanpa menunjukkan gejala,” ungkapnya. 

Sementara itu, di hari sama satu pasien konfirmasi positif dinyatakan sembuh berkode PPU 84, tinggal di Kelurahan Maridan, Kecamatan Sepaku. Pasien ini telah beberapa kali melakukan uji swab dan terakhir hasilnya negatif.

2. Pasien positif dengan kode PPU 104 mengeluh sakit perut serta penyakit tulang

Kasus COVID-19 PPU Tambah Lima Konfirmasi Positif dan Lima SembuhInfografis COVID-19 PPU Senin 28-09-2020 (Dok.Satgas COVID-19 PPU)

“Kemudian pada Minggu (27/9/2020) kami kembali mendapat informasi dari Dinkes Kaltim, satu tambahan pasien positif dengan kode PPU 104 laki-laki (69) alamat Babulu Darat, Kecamatan Babulu selama ini menjalani perawatan di RSUD PPU dengan keluhan sakit perut serta paraparesis atau penyakit pada tulang dan hasil swab positif,” tambahnya.

Selain itu, lanjut Arnold, pada hari sama terdapat tiga orang yang dinyatakan sembuh yakni PPU 75 perempuan warga Desa Telemow, Kecamatan Sepaku, PPU 90 seorang perempuan warga Kelurahan Maridan, Sepaku dan PPU 96 perempuan warga Kelurahan Waru, Kecamatan Waru.

“Lalu pada hari ini terdapat satu orang yang dinyatakan positif dari hasil swab nya diberi kode PPU 105 seorang laki-laki (2) tinggal di Jalan Nelayan, Desa Api-Api, Kecamatan Waru, kemungkinan terpapar dari ayahnya yang merupakan seorang perawat di RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) Balikpapan dan mereka telah lama tinggal di Balikpapan,” bebernya.

3. PPU 105 terpapar dari ayahnya perawat RSKD Balikpapan, tetapi tidak terlaporkan di PPU

Kasus COVID-19 PPU Tambah Lima Konfirmasi Positif dan Lima SembuhPetugas pemulasaran jenazah pasien Covid-19 RSUD RAPB PPU (IDN Times/Istimewa)

Diakuinya, kemungkinan PPU 105 terpapar dari ayahnya pasien positif yang bekerja sebagai perawat di RSKD Balikpapan, tetapi tidak terlaporkan di PPU. Sementara kakek atau ayah perawat itu juga dinyatakan positif dengan kode PPU 60 dan kini telah dinyatakan sembuh.

“Hari ini juga terdapat satu pasien konfirmasi positif yang dinyatakan sembuh yakni PPU 59 laki-laki usia (14) tinggal di Kelurahan Petung, Kecamatan Penajam,” tukas Arnold.

Diuraikannya, dengan bertambahnya lima orang positif dan lima pasien COVID-19 sembuh maka hingga hari ini jumlah total kasus terkonfirmasi positif di PPU mencapai 105 pasien dengan perincian 13 masih menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD atau melakukan isolasi mandiri, 87 orang pasien sembuh dan lima pasien meninggal dengan swab positif.

“Sedangkan kasus suspek pada hari ini terdapat penambahan 78 kasus suspek COVID-19, sehingga total suspek hingga kini mencapai 1.136 dengan perincian 140 isolasi mandari, 996 jalani perawatan di RSUD PPU dan delapan meninggal akibat komorbid dengan swab negatif,” pungkasnya

Baca Juga: Kuasa Hukum Calon Tunggal di Balikpapan Lapor Dugaan Black Campaign

Baca Juga: Ketua Pansus COVID-19 Balikpapan Sebut Data Penerima Bansos Tak Update

Topik:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya