Konfirmasi Positif COVID-19 Penajam Paser Utara Bertambah 12 Kasus

22 pasien dinyatakan sembuh

Penajam, IDN Times - Selama dua hari terakhir ini kasus COVID-19 di Penajam Paser Utara bertambah 12 orang terkonfirmasi dengan hasil uji sampel swab positif.

"Rabu (24/2/2021) kemarin dan Kamis ini PPU mendapatkan tambahan pasien terkonfirmasi positif COVID-19, sehingga menambah jumlah kasus pasien positif di PPU," ujar Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten PPU, dr Jansje Grace Makisurat kepada IDN Times, Kamis (25/2/2021) di Penajam.

1. Dua pasien positif dari klaster RSUD Ratu Aji Putri Botung PPU terdata hari ini

Konfirmasi Positif COVID-19 Penajam Paser Utara Bertambah 12 KasusRSUD RAPB PPU (IDN Times/istimewa)

Dibeberkannya, ke-12 pasien terkonfirmasi positif COVID-19 ini, diantaranya dua orang termasuk klaster Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Botung (RAPB) yang dikarantina di Wisma PKK, Islamic Center Nipah-nipah.

"Dua pasien klaster RSUD tersebut berkode PPU 868 dan PPU 873 keduanya berjenis kelamin perempuan tinggal di Kecamatan Penajam dan Kecamatan Waru, mereka terdata hari ini," kata Grace.

Ia menjelaskan, pasien konfirmasi yang terdata pada Rabu kemarin, sebanyak enam orang yakni PPU 862 sampai dengan PPU 867. Sedangkan pasien konfirmasi pada Kamis ini ada enam pasien dengan kode pasien PPU 868 hingga PPU 873.

"Sementara itu pasien terkonfirmasi positif baru tersebut, ada yang dirawat di RSUD PPU karena memiliki gejala, lalu juga di isolasi mandiri atau karantina terpadu di Wisma PKK, Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Penajam. Ada satu pasien diisolasi di mess perusahaan," urainya.

Baca Juga: Seram, Ular Kerap Muncul di Permukiman Warga Penajam Paser Utara

2. Sebanyak 22 pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dinyatakan sembuh

Konfirmasi Positif COVID-19 Penajam Paser Utara Bertambah 12 KasusPasien mendapatkan surat keterangan sembuh COVID-19 dari Jubir Satgas Penanganan COVID-19 PPU dr Jansje Grace Makisurat (IDN Times/ Ervan Masbanjar)

Selain itu, jelas Grace, terdapat 22 pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang telah selesai isolasi atau sembuh di dua hari terakhir ini. Sebagian pasien tersebut sebelumnya menjalani isolasi mandiri atau karantina. Sementara sebagian lainnya ada juga dirawat di rumah sakit dalam pengawasan Satgas Penanganan COVID-19 PPU.

"Dari 22 orang pasien sembuh tersebut, sebanyak delapan orang dinyatakan selesai isolasi pada hari Kamis ini, sedangkan 24 orang lainnya terdata pada Rabu kemarin. Kondisi mereka selama melaksanakan isolasi mendapat pengawasan dari Satgas hingga kami nyatakan selesai atau sembuh," ungkap Grace.

3. Jumlah keseluruhan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 capai 873 kasus

Konfirmasi Positif COVID-19 Penajam Paser Utara Bertambah 12 Kasusdr. Jansje Grace Makisurat (IDN Times/ Istimewa)

Sementara itu, tambahnya, update kasus COVID-19 per Kamis ini jumlah keseluruhan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 mencapai 873 kasus. Dengan perincian, kasus konfirmasi pasien swab positif selesai isolasi sejumlah 741 kasus. Lalu pasien dengan status konfirmasi positif sebanyak 93 pasien. Sementara sebanyak 39 orang pasien meninggal dunia dengan hasil swab positif.

"Untuk diketahui dari 93 pasien dengan status positif tersebut sebanyak 75 pasien menjalani karantina dan sisanya sebanyak 18 orang harus dirawat di rumah sakit karena bergejala," ujar Grace.

Ia menambahkan, "Hari ini juga ada enam orang tambahan suspek, sehingga total keseluruhan suspek di PPU mencapai 2.329 kasus, dimana ada lima pasien diantaranya melaksanakan isolasi mandiri, lalu 23 orang dirawat di rumah sakit dan sebanyak 11 kasus meninggal dunia dengan hasil uji sampel swab negatif," pungkasnya.

Baca Juga: 18 Warga Waru PPU Positif COVID-19 dan Satu Meninggal

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya