Kemenko Polhukam Koordinasi Desain Sistem Pertahanan IKN Nusantara 

Bahan pertimbangan Menko Polhukam

Penajam, IDN Times - Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) menggelar rapat dengan Kodam Mulawarman, Pangkalan TNI AL, Pangkalan TNI AU di Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (7/2/2023). 

Berkoordinasi mendesain sistem pertahanan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Rapat Koordinasi dipimpin oleh Deputi Bidang Koordinator Pertahanan Negara Kemenko Polhukam RI Mayjen TNI Heri Wiranto, dihadiri Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Tri Budi Utomo, dan undangan lainnya.

"IKN Nusantara sesuai amanat UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN menjadi target yang harus terealisasi. Sehingga pembangunan yang saat ini sedang berjalan perlu dikawal secara ketat," ujar Mayjen TNI Heri Wiranto.

1. Sebagai center of gravity negara

Kemenko Polhukam Koordinasi Desain Sistem Pertahanan IKN Nusantara Kawasan IKN di Kecamatan Sepaku yang berada di areal IUPHHK HTI PT. IHM (IDN Times/Ervan)

Ia menjelaskan, desain Sistem Pertahanan IKN Nusantara menjadi fokus pengawalan Kemenko Polhukam yaitu sebagai center of gravity negara. Sehingga sistem pertahanan IKN Nusantara harus dirancang secara matang dalam rangka perlindungan dan keamanan IKN dari berbagai ancaman.

"Terkait hal tersebut, perlu dilakukan pendalaman dan penajaman terkait Desain Sistem Pertahanan IKN Nusantara," terangnya.

Dikatakannya, maksud dan tujuan kunjungan kerja ialah melakukan penajaman dan pendalaman (identifikasi) guna mendapatkan data komprehensif terkait desain sistem Pertahanan IKN Nusantara dan Hasil kunjungan kerja sebagai bahan pertimbangan Menko Polhukam.

Baca Juga: Dokumen Tercecer, Pengurusan Sertifikat Tanah di PPU Terkendala

2. Bahan dan data dalam perumusan kebijakan

Kemenko Polhukam Koordinasi Desain Sistem Pertahanan IKN Nusantara Rapat koordinasikan desain sistem pertahanan IKN Nusantara (IDN Times/Ervan)

Pertimbangan dalam rangka sebagai bahan dan data dalam perumusan kebijakan, strategi, dan Desain Pertahanan IKN Nusantara. Sebagai bahan laporan untuk Menko Polhukam Mohammad Mahfud MD.

"Dalam rangka menyelenggarakan koordinasi, sinkronisasi dan pengendalian kebijakan dengan Kementerian dan lembaga terkait pembangunan pertahanan IKN Nusantara," urainya.

Juga sebagai bahan bagi Kementerian dan lembaga terkait untuk menindaklanjuti permasalahan yang ada di lapangan.

Dibeberkannya, adapun poin penting dalam pertemuan sebagai bahan pendalaman (identifikasi) desain sistem pertahanan negara. Sinkronisasi strategi pertahanan dalam mendukung sistem pertahanan IKN Nusantara.

3. Deteksi ancaman potensi konflik di wilayah IKN Nusantara

Kemenko Polhukam Koordinasi Desain Sistem Pertahanan IKN Nusantara Presiden Joko Widodo (kedua kiri) memberikan arahan kepada Gubernur se-Indonesia pada seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.

Kemudian, lanjutnya, guna mendeteksi ancaman terkait potensi konflik di wilayah IKN Nusantara dalam mendukung sistem pertahanan IKN Nusantara.

Selain itu juga, sambungnya, guna sinkronisasi tata ruang pertahanan ibu kota negara baru dalam mendukung sistem pertahanan IKN Nusantara. Serta mendapatkan postur pertahanan negara dalam rangka mendukung sistem pertahanan IKN Nusantara.

Ia menerangkan, peran strategis Kemenko Polhukam bertugas menyelenggarakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian urusan Kementerian dalam penyelenggaraan pemerintahan di bidang politik, hukum, dan keamanan.

“Memiliki fungsi, sebagai melakukan koordinasi dan sinkronisasi perumusan, penetapan dan pelaksanaan kebijakan Kementerian/lembaga yang terkait dengan isu di bidang Politik, hukum dan Keamanan,” ungkapnya.

Kemudian juga sebagai pengendalian pelaksanaan kebijakan Kementerian terkait dengan isu di bidang Politik, hukum dan Keamanan. Pengelolaan dan penanganan isu terkait dengan isu di bidang Politik, hukum dan Keamanan. Pengawalan program prioritas nasional dan kebijakan lain yang telah diputuskan oleh presiden dalam sidang kabinet.

4. Juga selesaikan isu bidang politik hukum dan keamanan

Kemenko Polhukam Koordinasi Desain Sistem Pertahanan IKN Nusantara Rapat koordinasikan desain sistem pertahanan IKN Nusantara (IDN Times/Ervan)

Kemenko Polhukam juga melakukan penyelesaian isu di bidang politik, hukum dan Keamanan yang tidak dapat disepakati antar kementerian/lembaga dan memastikan terlaksananya keputusan dimaksud. Dan pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Presiden RI. 

Pada kesempatan sama, Direktur Perencanaan Tata Ruang Nasional Drs. Pelopor memaparkan, ada delapan prinsip and 24 KPI IKN sebagai kota dunia untuk semua yakni, mendesain sesuai kondisi alam, Bhinneka Tunggal Ika

"Kemudian juga terhubung, aktif dan mudah diakses, rendah emisi karbon, lalu sirkuler serta tangguh, Aman dan terjangkau, nyaman, efisien melalui teknologi. berpeluang ekonomi untuk semua," pungkasnya.

Baca Juga: Kondisi Pasar Sepaku di PPU Dilaporkan Rawan Lakalantas 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya