Keunggulan PPU yang Jadi Fokus Nasional dan Internasional 

Workshop Nusantara miliki makna strategis

Penajam, IDN Times - Penajam Paser Utara (PPU) di Kalimantan Timur (Kaltim) menjadi fokus perhatian nasional maupun dunia internasional. Pasca wilayahnya, di Sepaku ditetapkan sebagai wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

“Sejak Kabupaten PPU ditetapkan sebagai lokasi IKN Nusantara yang baru oleh Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu lalu, kini PPU menjadi pusat fokus masyarakat dari berbagai penjuru baik secara nasional maupun internasional,” ujar Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setkab PPU Ahmad Usman ketika membuka Workshop Nusantara di gelar oleh PT Hill Konsultan Indonesia, Senin, (20/6/2022).

1. Telah terjadi kemajuan luar biasa bahkan melebihi perkiraan yang ada di IKN

Keunggulan PPU yang Jadi Fokus Nasional dan Internasional Presiden Direktur PT. Hill Konsultan Indonesia, Ian Leonard Betts saat berikan materi Workshop Nusantara (IDN Times/Ervan)

Ia menuturkan, setelah disahkannya Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN dan beberapa undang-undang turunannya serta peraturan pemerintah dan instruksi presiden terkait IKN. Saat ini telah terjadi kemajuan yang luar biasa bahkan dapat dikatakan telah melebihi perkiraan yang ada di sana.

“Berbagai tahapan pembangunan IKN telah dikerjakan di Kecamatan Sepaku, seperti pembangunan Bendungan Semoi, pembangunan jalan lingkar Sepaku kemudian pada tahun ini pembangunan jalan penghubung Jembatan Pulau Balang pada sisi Balikpapan juga akan dikerjakan yang akan terkoneksi dengan IKN di Kecamatan Sepaku,” sebutnya.  

Kemudian, lanjutnya, pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR juga telah menayangkan sejumlah tahapan penting pembangunan kawasan pemerintahan di IKN seperti pembangunan istana negara dan pembangunan lapangan upacara di istana negara.

“Itulah yang membuktikan bahwa IKN semakin nyata. Ini merupakan komitmen pemerintah pusat yang patut kita apresiasi bersama,“ kata Ahmad Usman.

Baca Juga: Infrastruktur PPU Terancam Ketinggalan Dibandingkan IKN Nusantara 

2. Workshop ini sangat relevan dukung dalam menyambut IKN

Keunggulan PPU yang Jadi Fokus Nasional dan Internasional Asisten II Setkab PPU, Ahmad Usman ketika memberikan sambutan (IDN Times/ervan)

Sehubungan dengan kegiatan workshop yang dilaksanakan oleh PT Hill Konsultan Indonesia hari ini, menurutnya, sangat relevan mendukung dan membangun pemerintah daerah.  Dalam mempersiapkan peningkatan kapasitas individu maupun kelompok dalam rangka menyambut IKN. 

“Dengan kegiatan workshop inilah diharapkan peserta dapat menerima berbagai informasi dan peluang yang akan ditimbulkan dari proses transisi ke IKN baru tersebut,” ucapnya.

Ditambahkannya kegiatan yang dilaksanakan pada saat ini juga memiliki makna strategis, dalam upaya membangun mindset bahwa wilayah Kabupaten PPU yang merupakan wilayah strategis menjadi bagian dari IKN. 

“Untuk itu, saya berharap dalam workshop ini semua peserta dapat mengikutinya dengan maksimal. Saya mohon dukungan dalam menyinergikan dan akselerasi program yang akan disampaikan PT Hill Konsultan Indonesia sehingga dapat mendukung proses percepatan pembangunan di Kabupaten PPU,“ pintanya.

3. Investasi apa paling cocok dukung pembangunan IKN di Kabupaten PPU

Keunggulan PPU yang Jadi Fokus Nasional dan Internasional Presiden Joko Widodo dan Gubernur Kaltim Isran Noor menuangkan air dari lokasi Kutai Lama dan Paser di lokasi IKN Nusantara, Senin (14/3/2022). Foto Biro Pers Media Kepresidenan

Sementara itu, Presiden Direktur PT Hill Konsultan Indonesia Ian Leonard Betts mengatakan, sejumlah perihal penting tentang pembangunan IKN termasuk investasi apa yang paling cocok untuk mendukung pembangunan IKN di Kabupaten PPU saat ini dan ke depannya.

“Indonesia saat ini mengalami perubahan yang sangat besar, salah satunya Indonesia sebagai negara yang masuk anggota bahkan Presiden G20 atau Group of Twenty. Di mana 20 negara penting dan besar di dunia tersebut akan datang dan tertarik ke Indonesia dan pasti salah satunya ke IKN,” ungkapnya.

“Untuk mendukung itu semua tentunya dibutuhkan manusia yang berkualitas serta memiliki intelektual lebih baik. Namun itu, tidak bisa berhasil tanpa adanya komunikasi yang bagus antara kita. Bukan hanya eksternal komunikasi kepada pemerintah, namun ke semua elemen yang ada di sana nantinya.“ 

Baca Juga: Warga PPU Korban Keganasan Buaya Muara Ditemukan Tak Bernyawa 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya