Kodim PPU Buka Pendaftaran Komcad, Peminatnya Tinggi

Akan diberi pendidikan militer

Penajam, IDN Times - Komando Distrik Militer (Kodim) 0913/Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) membuka pendaftaran Komponen Cadangan (Komcad) menjadi program Kementerian Pertahanan (Kemenhan). Pendaftaran Komcad di PPU sudah mulai dibuka sejak bulan Maret lalu. 

Masyarakat PPU disebut memiliki minat tinggi untuk ikuti serta dalam kegiatan bela negara program dari Kemenhan ini. 

“Warga di Kabupaten PPU menyatakan sangat berminat mengikuti program Komponen Cadangan yang dicanangkan Kemenhan tahun 2022 ini,” ujar Komandan Kodim 0913/PPU Letnan Kolonel Inf Dharmawan Setyo Nugroho kepada awak media, baru baru ini.

1. Tahun ini pemerintah buka perekrutan Komcad sebanyak 2.500 orang

Kodim PPU Buka Pendaftaran Komcad, Peminatnya TinggiDandim 0913 PPU, Letkol Inf Dharmawan Setyo Nugroho (IDN Times/Ervan)

Dharmawan mengatakan, Kemenhan membuka pendaftaran sebanyak 2.500 personel Komcad pada tahun 2022 ini. Program itu sendiri sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.

“Di 2022 ini sendiri Komando Daerah Militer (Kodam) VI/Mulawarman telah mendapatkan kuota 500 orang dalam perekrutan Komponen Cadangan tersebut. Di mana setiap Kodim di bawah Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) telah secara resmi membuka pendaftarannya,” ungkap perwira menengah berpangkat melati dua ini.

Baca Juga: Libur Panjang Lebaran, RSUD PPU Tetap Memberikan Pelayanan Kesehatan

2. Warga PPU berminat ikuti program komponen cadangan

Kodim PPU Buka Pendaftaran Komcad, Peminatnya TinggiUpacara Penetapan Anggota Komponen Cadangan atau Komcad TNI. (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Untuk diketahui, Kodim PPU sudah membuka pendaftaran Komcad di mana sebanyak 31 warga setempat sudah mendaftarkan diri. Dharmawan pun mengajak masyarakat PPU untuk menyerahkan berkas pendaftaran di Kodim PPU maupun Koramil terdekat. 

Dandim menuturkan, pendaftaran Komcad telah resmi dibuka sejak Maret 2022 kemarin hingga berakhir di 18 Mei 2022. Komcad diperuntukkan bagi mereka yang merupakan warga negara Indonesia berusia 18 hingga 35 tahun. 

“WNI yang telah memenuhi syarat dari segi umur tersebut bukan hanya mereka  yang telah memiliki pekerjaan saja tetapi juga bagi warga belum bekerja secara tetap. Namun kita utamakan mereka yang sudah bekerja,” sebutnya.

3. Warga yang berminat banyak dari pegawai Pemerintah Kabupaten PPU dan karyawan

Kodim PPU Buka Pendaftaran Komcad, Peminatnya TinggiIlustrasi ASN. (IDN Times/ Ervan Masbanjar)

Dikatakannya, warga yang berminat mengikuti program Komcad di PPU di antaranya adalah pegawai Pemkab PPU dan perusahaan swasta setempat. Harapannya mereka yang telah bekerja itu selama mengikuti pelatihan Komcad untuk memenuhi kebutuhan keluarga. 

Setelah resmi diterima sebagai Komcad, mereka nantinya akan memperoleh pelatihan pelatihan dasar kemiliteran yang terpusat di  Rindam VI/Mulawarman di Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Mereka akan mendapatkan pendidikan dasar militer di Rindam Banjarbaru selama tiga bulan, sehingga setelah mereka selesai pendidikan telah mendapatkan bekal pertahanan negara dalam hal militer,” tegas Dandim.

Selain itu, tambahnya, setelah kembali dari pelatihan dasar militer  mereka juga bakal jadi agen bela negara dan melatih ke teman-temannya di tempatnya bekerja. Karena mereka disiapkan untuk mengantisipasi terjadinya gejolak keamanan negara.

4. Disiapkan mengantisipasi apabila terjadi gejolak keamanan negara

Kodim PPU Buka Pendaftaran Komcad, Peminatnya TinggiIlustrasi prajurit TNI (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Dharmawan menyatakan, tujuan utama pembentukan Komcad guna mengantisipasi adanya ancaman kepada negara. 

“Memang satu atau dua tahun ke depan tidak ada perang, namun kita juga tidak bisa memastikan seperti apa kondisi dunia di tahun-tahun mendatang. sehingga kita harus siap  termasuk warga yang telah menjadi anggota Komponen Cadangan disiapkan pemerintah untuk mengantisipasi apabila terjadi gejolak keamanan negara,” terangnya.

Dandim menambahkan, selain di Kodam IV/ Mulawarman penerimaan Komponen Cadangan juga dilaksanakan di Kodam II Sriwijaya dan Kodam XIV Hasanudin. Totalnya dibuka pendaftaran bagi 1.500 personel untuk TNI AD.

“Penerimaan juga dilakukan di Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) Surabaya sebanyak 500 orang untuk TNI AL dan Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Gerak Cepat (Pusdiklat Pasgat) Bandung sebanyak 500 orang untuk TNI AU,” pungkasnya.

Baca Juga: Ratusan Personel Gabungan di PPU untuk Pengaman Arus Mudik Lebaran

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya