Comscore Tracker

Konfirmasi Positif COVID-19 di Penajam Paser Utara Bertambah 13 Pasien

Pasien sembuh mencapai 90.4 persen

Penajam, IDN Times - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), dr Jansje Grace Makisurat mengatakan, jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten PPU kembali bertambah sebanyak 13 orang pasien. 

“Hari ini PPU kembali mendapatkan tambahan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 baru sebanyak 13 orang,” ujar Grace kepada IDN Times Sabtu (10/4/2021) di Penajam.

1. Jumlah keseluruhan pasien terkonfirmasi positif mencapai 1.117 kasus

Konfirmasi Positif COVID-19 di Penajam Paser Utara Bertambah 13 PasienIlustrasi Tes Usap/PCR Test (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Grace menjelaskan, “Pasien positif baru tersebut berkode PPU 1.105 hingga PPU 1.117," ujarnya.

Dibeberkannya, dengan bertambahnya 13 pasien terkonfirmasi positif COVID-19 baru tersebut di hari ini, maka jumlah keseluruhan pasien terkonfirmasi positif sejak 22 Maret 2020 hingga sekarang mencapai 1.117 kasus. Dimana 61 diantaranya adalah pasien berstatus konfirmasi positif.

"Dari 61 pasien diantaranya masih berstatus positif. Mereka menjalani perawatan medis dan juga melakukan isolasi mandiri,” urainya.

Baca Juga: Bocah di Penajam Nyaris Tewas Tersengat Listrik Pos COVID-19

2. Terdapat tujuh pasien yang dinyatakan selesai isolasi atau sembuh

Konfirmasi Positif COVID-19 di Penajam Paser Utara Bertambah 13 PasienPasien mendapatkan surat keterangan sembuh COVID-19 dari Jubir Satgas Penanganan COVID-19 PPU dr Jansje Grace Makisurat (IDN Times/ Ervan Masbanjar)

Sementara itu, tambahnya, hari ini juga terdapat tujuh pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang dinyatakan selesai isolasi atau sembuh, sehingga total keseluruhan pasien sembuh menjadi 1.010 orang atau 90,4 persen.

“1.010 pasien sembuh tersebut sebagai telah melaksanakan isolasi mandiri dan sejumlah lainnya jalani perawatan medis di rumah sakit. Mereka dinyatakan telah selesai isolasi atau bisa dikatakan sembuh namun tetap mendapatkan pengawasan dari Satgas Penanganan COVID-19 PPU,” tegasnya. 

Selain itu Grace menjelaskan, pasien positif yang meninggal dunia tetap sejumlah 46 kasus. “Dari 61 pasien berstatus positif tersebut sebanyak sembilan pasien jalani perawatan medis di rumah sakit dan 52 pasien melakukan isolasi mandiri,” sebut Grace.

3. Kecamatan Penajam merupakan wilayah dengan kasus COVID-19 terbanyak

Konfirmasi Positif COVID-19 di Penajam Paser Utara Bertambah 13 Pasiendr. Jansje Grace Makisurat (IDN Times/ Istimewa)

Ia menambahkan, terkait dengan jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 per kecamatan, Penajam masih menyandang status sebagi wilayah memiliki kasus COVID-19 terbanyak.

Di Kecamatan Penajam, ada 39 orang pasien berstatus konfirmasi positif, 684 orang selesai isolasi serta 27 positif meninggal. Wilayah ini masuk kategori zona oranye.

Lalu wilayah Kecamatan Waru pada urutan kedua terbanyak karena masih ada 10 orang warga berstatus positif. Sedangkan kasus pasien sembuh mencapai 118 orang dan pasien meninggal ada tiga pasien, Kecamatan Waru masuk dalam zona kuning.

“Kecamatan Sepaku diurutan ketiga dengan jumlah kasus pasien berstatus positif sebanyak tujuh orang, 130 orang sembuh dan 10 positif dinyatakan meninggal dunia," ujar Grace.

Sementara Kecamatan Babulu berada diurutan terakhir dengan kasus pasien berstatus positif COVID-19 sejumlah lima orang, 78 orang selesai isolasi dan enam orang meninggal dunia. Kedua wilayah ini masuk kategori zona hijau.

Hari ini juga terdapat tambahan 13 pasien suspek COVID-19, sehingga kini total keseluruhan kasus suspek mencapai 2.614 kasus. Sebanyak 17 pasien suspek meninggal dunia dengan komorbid, tetapi hasil swab negatif.

“Pasien suspek yang melakukan isolasi mandiri atau dirawat di rumah sakit tidak ada, karena mereka tidak memiliki gejala atau disertai komorbid atau penyakit penyerta. Sedangkan kasus suspek meninggal tidak bertambah tetap 17 pasien,” pungkasnya.

Baca Juga: Delapan Warga Penajam Paser Utara Dinyatakan Positif COVID-19

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya