Comscore Tracker

Korban Tugboat Terbakar di Sungai Mentawir PPU Ditemukan Meninggal

Jasad korban ditemukan dalam kamar

Penajam, IDN Times - Korban meledaknya kapal Tugboat Blue Dragon 12 di anak Sungai Semoi atau Sungai Sigren Kelurahan Mentawir Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) ditemukan dalam meninggal dunia. Korban bernama Erol Samallo ditemukan tim gabungan SAR Kalimantan Timur (Kaltim), Senin (25/7/2022). 

Korban tercatat sebagai teknisi kapal yang tenggelam tersebut pada Sabtu 23 Juli 2022 pukul 16.30 Wita. Bencana terjadi saat antrean bongkar muat batu bara di Pelabuhan Semoi Prima Lestari (SPL) di mana nantinya berlanjut ke Muara Berau.

“Korban berhasil ditemukan oleh petugas gabungan telah meninggal dunia dengan posisi jasad korban berada di dalam kapal yang tenggelam di kamar miliknya,” ujar Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) PPU Marjani.

1. Penyelaman sempat dihentikan karena arus air sungai mulai deras dan kondisi tumpahan solar

Korban Tugboat Terbakar di Sungai Mentawir PPU Ditemukan MeninggalTim gabungan saat melakukan evakuasi jasad korban kapal TugBoat meledak dan tenggelam (IDN Times/Ervan)

Korban meninggal dunia personel Tugboat Blue Dragon 12 atas nama Erol Samallo ditemukan pukul 11.40 Wita tim gabungan, terdiri BPBD PPU, Basarnas Balikpapan, Polair Polres Balikpapan dan PPU, TNI-AL, aparat Kelurahan Mentawir, dan pihak terkait lainnya.

“Pencarian terhadap korban dilakukan sejak Sabtu pasca meledaknya kapal tersebut, namun baru hari ini korban berhasil ditemukan  penyelam dari Basarnas Balikpapan,” tuturnya.

Marjani mengatakan, proses pencarian korban sempat dihentikan pada Minggu 24 Juli 2022 pukul 15.00 Wita. Penyebabnya adalah arus sungai setempat yang mendadak deras hingga bisa membahayakan para personel. 

Belum lagi kondisi dalam air yang gelap bercampur tumpahan solar dari Tugboat Blue Dragon 12.  Proses pencarian akhirnya dilanjutkan, Senin (25/7/2022) pukul 10.00 Wita. 

Baca Juga: Satu Korban Ledakan Tugboat di Mentawir Diduga di Dalam Kamar Kapal

2. Sebelumnya tim gabungan memprediksi korban berada dalam salah satu kamar di kapal itu

Korban Tugboat Terbakar di Sungai Mentawir PPU Ditemukan MeninggalKalakhar BPBD Penajam Paser Utara, Marjani (IDN Times/Ervan)

Posisi korban sudah diprediksi tim pencari dari SAR.

“Dari pemetaan terhadap Tugboat Blue Dragon 12 tersebut, tim gabungan telah memprediksi, jika korban masih berada dalam dek atau salah satu kamar di kapal itu, sehingga pencarian difokuskan di kamar milik korban,” tegas Marjani.

Untuk diketahui, kronologis kejadian meledak dan tenggelamnya Tugboat Blue Dragon 12 dari Madura sedang berlabuh di anak Sungai Semoi atau Sungai Sigren Mentawir guna menunggu antrean bongkar muat batu bara di Pelabuhan SPL. Di mana rencana setelah muat akan berlanjut ke Muara Berau.

“Kapal itu berlabuh sejak Rabu, (20/7/2022) sekitar 20.00 Wita, kemudian pada Sabtu (23/7/2022)  sekira pukul 16.30 Wita, tiba-tiba terjadi ledakan pada kapal tugboat diduga berasal dari bagian tengah kapal dan mengakibatkan kapal terbakar dan kemudian tenggelam,” urainya.

3. Sebanyak empat korban alami cedera luka-luka dan satu orang meninggal dunia

Korban Tugboat Terbakar di Sungai Mentawir PPU Ditemukan MeninggalTim selam Basarnas Balikpapan persiapan melakukan penyelaman (IDN Times/Ervan)

Marjani menambahkan, terdapat 12 orang kru di kapal Tugboat Blue Dragon 12 tersebut, di mana korban selamat sebanyak 11 orang empat di antaranya alami cedera luka-luka.

Lalu satu orang meninggal dunia.

Korban diketahui bernama Erol Samallo selama ini bekerja sebagai teknisi kapal, dinyatakan hilang dan baru ditemukan hari ini.

“Jasad korban Erol Samallo setelah ditemukan dan evakuasi, kemudian jenazah korban dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara di Kota Balikpapan, guna pemeriksaan lebih lanjut,” pungkasnya.

Baca Juga: Kapal Tugboat Penarik Ponton Batu Bara Terbakar di Perairan PPU

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya