Comscore Tracker

Lokasi IKN Nusantara, Pemkab PPU 'Dilirik' Kota dan Kabupaten Lain 

Kota Palu mengajak kerja sama dalam pembangunan

Penajam, IDN Times - Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) bakal menjalin kerja sama dengan Kota Palu Sulawesi Tengah (Sulteng) dalam berbagai sektor pembangunan.

Lokasi PPU sudah ditetapkan sebagai Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara lewat pengesahan Undang-Undang (UU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN Nusantara beberapa. Pemerintah daerah pun banyak mendapatkan kunjungan dan  penawaran kerja sama dengan daerah lainnya. 

“Kami berharap ada jalinan kerja sama dalam berbagai sektor pembangunan yang lebih baik antara Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kota Palu ke depannya," kata Plt PPU Hamdam saat menerima perwakilan Pemerintah Kota Palu, Selasa (5/4/2022) kemarin.

1. Sejumlah kebutuhan daerah di PPU banyak didatangkan dari Palu

Lokasi IKN Nusantara, Pemkab PPU 'Dilirik' Kota dan Kabupaten Lain Pertemuan antara Pemkot Palu Sulteng dengan Plt Bupati PPU bicarakan kerjasama pembangunan (IDN Times/Ervan)

Hamdan mengaku tidak asing dengan Kota Palu. Pasalnya, sejumlah kebutuhan daerah banyak mendatangkan pasokan dari Palu. 

Salah satunya adalah bahan-bahan material bangunan seperti batu gunung, batu pecah, dan sebagainya.

“Selama ini sejumlah kebutuhan termasuk material bangunan seperti batu gunung, pecah hingga pasir didatangkan dari Kota Palu untuk pembangunan di PPU. Sehingga tidak ada salahnya ke depan ditindaklanjuti dengan kerja sama antara daerah,” sebutnya. 

Rombongan kunjungan kerja Pemerintah Palu yang dipimpin Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Kota Palu Muhammad Akhir Armansyah.

Baca Juga: Transaksi Narkoba di Pelabuhan, Buruh PPU Diamankan Personel Polair

2. Sejak IKN ditetapkan, banyak tawarkan permintaan kerja sama antar daerah

Lokasi IKN Nusantara, Pemkab PPU 'Dilirik' Kota dan Kabupaten Lain Plt Bupati Penajam Paser Utara, Hamdam menerima cinderamata dari Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Kota Palu, Muhammad Armansyah (IDN Times/Ervan)

Dikatakannya, beberapa tahun terakhir hingga detik ini Kabupaten PPU tak hentinya menerima kedatangan tamu dari berbagai daerah di Indonesia.

"Baik sekadar untuk berkunjung maupun yang menawarkan potensi daerah hingga permintaan untuk menjalin kerja sama antar daerah," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Kota Palu, Muhammad Akhir Armansyah menyatakan, peluang kerja sama antar daerah. Terutama saat PPU resmi ditetapkan sebagai lokasi IKN Nusantara.

3. Kerja sama dengan potensi masing-masing wilayah

Lokasi IKN Nusantara, Pemkab PPU 'Dilirik' Kota dan Kabupaten Lain Kantor Bupati Penajam Paser Utara (IDN Times Ervan)

Ia berharap, Pemkot Palu dan PPU dapat menjalin kerja sama di berbagai bidang sesuai dengan potensi wilayah masing-masing. 

Muhammad Akhir Armansyah  menambahkan, melalui pertemuan ini dirinya berharap ada pertemuan-pertemuan lanjutan yang lebih konkret. Ditandai kesepakatan MoU atau nota kesepahaman kerja sama antara dua daerah. 

Tampak hadir Plt Kepala Dinas Perdagangan Kota Palu, Kepala Dinas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Palu, Kepala Litbang, dan Direktur Perusahaan Daerah Kota Palu. 

Baca Juga: Cara Licik Pemuda Balikpapan Edarkan Narkoba di PPU

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya