Perkumpulan Penyandang Disabilitas di PPU Kaltim Resmi Dibentuk

Di PPU terdapat 1.057 orang penyandang disabilitas

Penajam, IDN Times – Kepala Bidang Pelayanan Dan Rehabilitasi Sosial  (Rensos) Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Sarnah mengatakan, saat ini telah terbentuk pengurus Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) PPU masa bakti 2020 sampai dengan 2025.

"Organisasi PPDI yang kali pertama dibentuk di PPU ini, sebagai wadah menampung aspirasi – saudara - saudaraku para penyandang disabilitas di PPU,” ujar Sarnah kepada IDN Times, Senin (27/4) di Penajam.

1. Dinsos berupaya sosialisasikan PPDI kepada para penyandang disabilitas

Perkumpulan Penyandang Disabilitas di PPU Kaltim Resmi DibentukSejumlah Pengurus PPDI PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Dibeberkannya, saat ini Dinsos berupaya untuk menyosialisasikan kepada masyarakat PPU, khususnya para penyandang disabilitas, bahwa sekarang telah terbentuknya wadah penyampaian aspirasi untuk memenuhi hak-hak mereka.

Hingga tahun 2020 ini, kata Sarnah, di PPU terdapat 1.057 orang penyandang disabilitas yang tersebar di empat kecamatan se PPU. Di mana mereka berkeinginan mengubah pola hidupnya, agar menjadi lebih maju.

2. Pemenuhan hak bagi penyandang disabilitas harus setara dengan masyarakat lainnya

Perkumpulan Penyandang Disabilitas di PPU Kaltim Resmi DibentukKabid Rensos Dinsos PPU, Hj.Sarnah (IDN Times/Ervan Masbanjar)

“Mereka ingin pula berpartisipasi mewujudkan misi pak bupati dan wabup PPU, sehingga mereka kelak bisa setara dengan masyarakat pada umumnya dan tidak dipandang sebelah mata lagi, meskipun masih ada kekurangan,” tegasnya.

Oleh Karena itu, dengan melihat keadaan ini, Pemerintah Kabupaten PPU selalu memberikan perhatian kepada para penyandang disabilitas tersebut. Bahkan masih banyak dari mereka memiliki bakat terpendam yang seharusnya tersalurkan.

“Melalui PPDI tersebut, bakat yang dimiliki para penyandang disabilitas tersebut dapat semakin diasah sehingga mereka bisa hidup lebih mandiri tidak tergantung dengan masyarakat lainnya,” tuturnya.

Baca Juga: Cegah COVID-19, Rumah ODP dari Klaster Gowa di PPU Ditempeli Stiker

3. Pembentukan PPDI di PPU mendapat dukungan pimpinan daerah dan DPRD PPU

Perkumpulan Penyandang Disabilitas di PPU Kaltim Resmi DibentukKantor Bupati PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Lebih jauh Sarnah mengatakan, pembentukan PPDI PPU ini juga mendapat dukungan pimpinan daerah PPU seperti Bupati, Wabup, Sekda dan Ketua DPRD PPU, sehingga ketua Pansus LKPJ DPRD memberikan perhatian penuh kepada para penyandang disabilitas di PPU.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pak bupati, Ketua DPRD PPU, Jhon Kenedy, wabup, Sekda, Tohar dan Penanggung Jawab Bunda Paud PPU, Risnah Rais Abdul Gafur sehingga PPDI dapat terbentuk meskipun dalam situasi corona saat ini,” pungkasnya.

Baca Juga: Pedagang Takjil Ramadan di PPU Keluhkan Pendapatan Merosot

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya